Comscore Tracker

Jangan Sembarangan Modifikasi Lampu Motor, Perhatikan 3 Hal Ini!

Berisiko, aki jadi cepat abis!

Jakarta, IDN Times – Pencahayaan yang minim dari lampu standar motor membuat orang beralih kepada lampu motor retrofit. Lampu motor retrofit adalah modifikasi lampu motor dengan menambahkan proyektor atau LED bar pada lampu utama motor.

Memang motor saat ini sudah banyak menggunakan lampu LED, namun ada pula motor yang masih menggunakan bohlam sebagai penerangan. Pengendara motor saat ini lebih beralih menggunakan lampu LED karena lebih irit dengan pencahayaan maksimal.

Motor yang belum menggunakan lampu LED, bisa memodifikasi lampu utamanya dengan lampu retrofit agar mendapatkan pencahayaan yang maksimal. Tetapi, sebelum memodifikasinya kalian harus perhatikan hal-hal berikut ini.

1. Pahami sistem kelistrikan dan pengisian aki

Jangan Sembarangan Modifikasi Lampu Motor, Perhatikan 3 Hal Ini!unsplash/Devon Wong

Sebelum memodifikasi lampu motor, kalian harus pahami terlebih dahulu masalah kelistrikan dan pengisian aki. Aki bisa cepat soak karena beban penggunaan lampu LED yang terlalu besar. Proses modifikasinya pun bisa dikatakan rumit, sebab lampu LED cenderung memiliki ruang yang lebih kecil dibandingkan dengan bohlam biasa.

Jika memang sudah mantap ingin memodifikasi lampu utama motor, kalian harus terima risikonya gaes. Pabrikan motor sangat tidak merekomendasikan hal ini, dan jika kalian tetap melakukannya maka garansi yang diberikan bakalan gak berlaku lagi.

2. Perhatikan titik cahaya, agar tidak mengganggu pengendara lain

Jangan Sembarangan Modifikasi Lampu Motor, Perhatikan 3 Hal Ini!Unsplash/Bin Thiều

Untuk modifikasi lampu motor retrofit pun harus memperhatikan pengaturan titik cahaya loh. Jangan sampai untuk mendapatkan pencahayaan yang lebih terang justru mengganggu pengendara lain. Pengaturan titik cahaya ini sebaiknya menyesuaikan versi pabriknya gaes dan mengikuti standar dan aturan yang berlaku. Biar gak kena tilang juga loh!

Baca Juga: Prediksi Tren Motor di Tahun 2020, Motor Apa yang Bakal Diminati?

3. Jangan gunakan daya yang lebih besar

Jangan Sembarangan Modifikasi Lampu Motor, Perhatikan 3 Hal Ini!pixabay.com/SplitShire

Kalian harus menghindari modifikasi lampu motor dengan lampu yang memiliki daya lebih besar. Dengan daya yang berlebihan, akan menimbulkan panas dan berisiko mika (rumah lampu) serta reflektor jadi meleleh. Sebelum modifikasi lampu motor, kalian harus pahami sistem kelistrikan dan kondisi aki yang prima serta siap menghadapi resikonya.

Baca Juga: Lakukan 3 Hal Ini Agar Terhindar dari Montir Nakal!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya