Comscore Tracker

Wajib Tahu! 5 Hal yang Perlu Disiapkan Pengendara Motor di Musim Hujan

Biar kamu tetap selamat!

Setelah lama dinanti-nanti, musim hujan akhirnya datang juga. Hati rasanya damai ketika melihat rintik hujan berpadu dengan aromanya yang menenangkan. Namun, musim hujan bisa jadi petaka bagi pengendara motor. Sebab, jalanan yang licin rentan meningkatkan risiko kecelakaan! Jadi, kamu perlu ekstra hati-hati.

Mau tahu, apa saja yang perlu disiapkan oleh pengendara motor saat musim hujan? Inilah starter kit yang harus kamu siapkan!

1. Pilih jas hujan yang tepat

Wajib Tahu! 5 Hal yang Perlu Disiapkan Pengendara Motor di Musim HujanIlustrasi hujan. istockphoto.com

Jas hujan adalah elemen krusial bagi pengendara motor. Salah pilih jas hujan bisa membuatmu tidak nyaman dan meningkatkan risiko kecelakaan. Selalu pilih jas hujan personal yang terdiri dari mantel baju dan celana dibanding jas hujan kelelawar. Mau tahu apa alasannya?

Selain karena lebih mudah dipakai, jas hujan personal akan menempel erat di badan. Berbeda dengan jas hujan kelelawar yang memiliki bagian belakang terlalu panjang. Apabila kita tidak hati-hati, bagian belakang itu bisa masuk ke sela-sela roda dan mengakibatkan kecelakaan. Duh, jangan sampai terjadi padamu, ya!

2. Ganti ban luar apabila permukaannya sudah gundul

Wajib Tahu! 5 Hal yang Perlu Disiapkan Pengendara Motor di Musim Hujanmotorcyclepowersportsnews.com

Pemilik sepeda motor seringkali tak menyadari kalau permukaan ban motornya sudah gundul. Padahal, ban yang gundul akan kesulitan mencengkram permukaan aspal dalam kondisi hujan. Akibatnya, pengendara motor bisa tergelincir di jalanan yang licin dan mengakibatkan kecelakaan. Seram ya?

Gak mau hal itu terjadi? Kamu harus rutin mengganti ban luar setiap 1,5 tahun untuk ban depan dan 10 bulan untuk ban belakang. Sisihkan budget khusus karena harga ban luar bisa dibilang cukup mahal. Bukan hanya di jalanan yang licin akibat hujan, ban gundul juga bisa membuat kita tergelincir di jalanan berpasir. Segera periksa ban motormu, ya!

Baca Juga: Ini Solusinya Jika Busi Basah dan Motor Mogok Setelah Menerjang Banjir

3. Pastikan kaca helm bersih dan jernih

Wajib Tahu! 5 Hal yang Perlu Disiapkan Pengendara Motor di Musim Hujanroadtrippers.com

Selain bisa melindungi kepala dari benturan keras, helm juga berfungsi sebagai pelindung saat hujan turun. Pastikan bagian kaca helm selalu bersih dan jernih supaya kita bisa melihat dengan baik waktu hujan. Air hujan bisa membuat permukaan kaca helm berembun dan menghalangi penglihatan kita.

Lantas, bagaimana cara membersihkan kaca helm dengan benar? Gunakan kain mikrofiber dan basahi dengan air. Apabila noda kotoran sulit dibersihkan, kamu bisa menggunakan visor cleaner atau pembersih khusus kaca helm. Jika sudah, usap dengan kain kering. Dijamin, kaca helm akan bersih dan jernih!

4. Hati-hati saat mengerem jika tidak ingin jatuh

Wajib Tahu! 5 Hal yang Perlu Disiapkan Pengendara Motor di Musim Hujanbrakecrafters.com

Saat hujan turun, jalanan akan jadi licin. That's why, kamu perlu berhati-hati saat mengerem kendaraan. Jangan pernah mengerem motor secara mendadak ketika jalan licin, sebab motor bisa oleng dan mengakibatkan slip, terguling atau tergelincir. Lalu, kamu akan jatuh terjerembab di permukaan tanah yang keras. Ngeri!

Ini karena saat hujan, kondisi permukaan jalan lebih licin dari biasanya. Itulah mengapa kamu perlu memperhitungkan jarak sebelum mengerem motor. Lebih baik, kurangi kecepatan motor secara bertahap lalu lakukan pengereman secara halus. Terapkan tips ini jika tidak ingin jatuh dan terluka!

5. Kurangi kecepatan dan jangan mengebut!

Wajib Tahu! 5 Hal yang Perlu Disiapkan Pengendara Motor di Musim Hujanmotorcyclenews.com

Jika saat jalanan kering kamu terbiasa mengendarai motor dengan kecepatan di atas 60 km/jam, kamu perlu menurunkan kecepatan berkendara saat musim hujan tiba. Turunkan kecepatanmu menjadi 40-50 km/jam ketika hujan sedang turun. Hal ini sebagai langkah antisipasi untuk menurunkan risiko kecelakaan.

Menyetir dengan kecepatan tinggi saat hujan memang berisiko. Kalau tidak waspada, kamu akan lalai terhadap situasi sekitar. Misalnya, dari belokan ada orang yang ingin menyeberang dan kamu tidak melihatnya. Otomatis, kamu akan kaget dan terpaksa mengerem mendadak. Padahal, kecepatanmu sangat tinggi sementara jalanan licin. Motor akan menjadi tidak stabil dan membuatmu jatuh.

Nah, itulah lima hal yang perlu diperhatikan oleh pengendara motor saat musim hujan seperti sekarang. Terapkan tips tersebut agar kamu tidak mengalami kecelakaan, ya!

Baca Juga: 5 Hal Ini Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Membeli Motor Matik Bekas

Nena Zakiah Photo Community Writer Nena Zakiah

Journalist, photographer and foodies at the same time. Interest in social & gender studies. Catch me up at my Instagram @nenazakiah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You