Comscore Tracker

5 Cara Mudah Menambal Knalpot Motor yang Bocor

Knalpot bocor bisa kamu tangani sendiri kok

Jakarta, IDN TIMES - Kerusakan pada spare parts kendaraan bisa terjadi kapan saja, apalagi jika kamu tidak telaten merawatnya. Banyak dari fungsi kendaraan yang bisa terganggu.

Contohnya saja knalpot, jika bocor maka akan mengganggu pembuangan gas sisa, sehingga dapat menyebabkan performa kendaraan kamu menurun.

Hal ini bisa menjadi masalah serius jika tidak ditangani. Tenang saja, kamu bisa memperbaikinya sendiri. Berikut adalah lima cara termudah menambal knalpot bocor.

1. Las karbit

5 Cara Mudah Menambal Knalpot Motor yang BocorPexels/ Kateryna Babaieva

Pertama, kamu bisa menambal knalpot dengan cara las. Cara ini lebih efisien dalam menutup kebocoran pada knalpot kamu.

Namun, kamu harus pergi ke bengkel dan meminta mereka untuk las bagian knalpot yang bocor. Setelah itu, knalpot motor kamu sudah normal kembali.

Baca Juga: Ratusan Knalpot Racing Dimusnahkan di Bogor, Polisi: Ganggu Kenyamanan

2. Menggunakan lem semen

5 Cara Mudah Menambal Knalpot Motor yang Bocorhealthline.com

Kedua, kamu bisa menggunakan lem untuk menambal knalpot motor. Eits, jangan salah, ini bukan yang biasa, melainkan lem semen.

Lem ini terbukti ampuh karena tahan panas dan sangat kuat. Biasanya, lem ini dijual cuma dengan harga Rp20 ribu. Kamu cukup mengoleskan lem ini ke bagian knalpot yang bocor.

3. Mengganti packing

5 Cara Mudah Menambal Knalpot Motor yang Bocor

Ketiga, kamu bisa mengganti packing knalpot motor. Kamu perlu memilih packing knalpot berbahan aluminium agar tahan lama. Kamu juga bisa menyiasatinya dengan menggunakan double packing. Jika tidak bisa menggantinya, kamu bisa membawanya ke orang yang lebih ahli.

4. Memakai aluminium foil

5 Cara Mudah Menambal Knalpot Motor yang Bocorpexels.com/Madison Inouye

Aluminium foil memang sering digunakan untuk memasak. Tapi, ternyata juga bisa digunakan untuk memperbaiki komponen kendaraan, loh. Ini merupakan salah satu cara termudah.

Untuk memasangnya, kamu harus memilinnya terlebih dahulu, kemudian rekatkan pada bagian knalpot yang bocor. Dengan demikian, aluminium foil akan meleleh dan menutup bagian knalpot tersebut.

5. Pakai bungkus rokok

5 Cara Mudah Menambal Knalpot Motor yang BocorIlustrasi IDN Times/Haikal Adithya

Terakhir, kamu bisa juga menggunakan bungkus rokok untuk menambal knalpot yang bocor. Barang ini bisa kamu temukan di mana saja. Kamu juga bisa menggunakannya demi berkontribusi dalam daur ulang sampah.

Caranya, kamu bisa menempatkan bungkus dalam rokok yang berwarna perak atau keemasan untuk menambal knalpot, kemudian rekatkan. Seperti halnya dengan aluminium foil, bungkus rokok ini akan meleleh dan menyatu pada bagian knalpot yang bocor.

Baca Juga: Cara Membuat Knalpot Racing Biar Gak Berisik, Gampang Kok!

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya