Comscore Tracker

Awas, Jangan Salah Pilih Oli Motor Buat Perawatan

Pemilihan jenis oli sangat penting dalam perawatan motor

Jakarta, IDN Times - Mengganti oli motor secara berkala menjadi satu keharusan bagi kamu yang begitu aktif menggunakan sepeda motor. Sebab, oli merupakan kebutuhan dasar yang berpengaruh besar terhadap daya tahan motor kamu.

Maka dari itu, penting bagi kamu untuk memilih oli dengan cermat. Jangan mengganti oli mesin secara sembarangan.

Ada beberapa poin yang harus kamu perhatikan seperti kecocokan mesin dengan oli tersebut. Karena jika tidak, maka akan menyebabkan kerusakan mesin. Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam memilih oli motor.  

1. Lihat kode SAE, berkaitan dengan kekentalan oli

Awas, Jangan Salah Pilih Oli Motor Buat PerawatanIDN Times/Yohanes Nugroho

Pertama, kamu perlu melihat tingkat kekentalan oli atau disebut sebagai kode Society of Automotive Engineers (SAE). Kamu harus menggunakan oli dengan kode SAE yang sama persis.

Jika tidak ada, kamu bisa menggunakan jenis oli multigrade. Selain itu, faktor usia motor kamu juga bisa menjadi alasan untuk tetap memerhatikan kode SAE. Karena oli yang memiliki kekentalan lebih rendah hanya bisa digunakan untuk motor yang umur komponennya relatif baru.

Sedangkan untuk motor yang usianya lebih tua, kamu harus menggunakan oli dengan tingkat kekentalan yang lebih tinggi.

Baca Juga: Oli Motor Bocor? Cara Perbaikinya Seperti Ini Loh

2. Tengok kode mutu oli

Awas, Jangan Salah Pilih Oli Motor Buat PerawatanIDN Times/Dwi Agustiar

Selain SAE, kamu juga perlu memerhatikan kode American Petrolium Institute (API). Sangat direkomendasikan untuk menggunakan oli yang sesuai standar dengan motor milik kamu.

Gunakan oli sesuai dengan standar yang sama dengan motor kamu, atau dengan kode lebih tinggi. Jangan menggunakan oli dengan kode mutu lebih rendah, karena dapat merusak mesin motor.

3. JASO juga jadi kunci

Awas, Jangan Salah Pilih Oli Motor Buat PerawatanIDN Times/Dhana Kencana

Terakhir, kamu juga harus memerhatikan kode JASO dalam memilih oli motor. Kode JASO atau Japan Automobile Standard Organization, terdiri dari 2 kode, yaitu kode MA dan MB.

Untuk oli dengan kode JASO MA banyak digunakan oleh motor yang memiliki kopling basah atau dengan gaya gesek yang tinggi seperti motor sport. Namun, jika kamu memiliki motor dengan gaya gesek rendah atau kopling kering seperti motor matic, kamu bisa menggunakan oli dengan kode JASO MB.

Baca Juga: 4 Alasan Mengapa Harus Rutin Ganti Oli Sepeda Motor Kesayanganmu

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya