Comscore Tracker

Cara Gampang Menyambung Rantai Motor yang Putus

Connecting drive adalah kuncinya

Jakarta, IDN Times - Rantai motor mungkin menjadi komponen yang dianggap remeh. Padahal keberadaannya sangat penting. Sebab rantai atau chain drive berperan menyalurkan tenaga dari mesin ke roda. 

Pada kondisi tertentu, rantai motor bisa saja putus. Hal ini tentu membuat jengkel lantaran motor sama sekali tidak bisa digunakan. Namun jangan khawatir, karena kamu bisa menyambungkannya sendiri.

Berikut cara menyambungkan rantai motor yang putus.

1. Siapkan alat-alat, termasuk connecting drive

Cara Gampang Menyambung Rantai Motor yang PutusConnecting drive atau penyambung rantai (regalbeloit.com)

Perlu kamu ketahui, pada rantai motor umumnya memiliki sambungan yang dikenal sebagai connecting drive atau connecting chain. Komponen ini bisa kamu gunakan untuk menyambungkan rantai motor yang putus untuk sementara waktu.  

Untuk itu, siapkan beberapa peralatan seperti kunci-kunci roda, tang yang lancip, dan connecting drive itu sendiri.

Baca Juga: Rantai Motor Kok Cepat Putus? Ini 4 Penyebabnya  

2. Pasang connecting drive ke bagian rantai yang terputus

Cara Gampang Menyambung Rantai Motor yang PutusIlustrasi Rantai Sepeda Motor (Dok. IDN Times)

Selanjutnya, gunakan tang lancip untuk melepaskan bagian rantai yang terputus. Kemudian, pasang connecting drive dan posisikan kancingan dengan arah yang berlawanan dari gerakan rantai. Ini bertujuan agar rantai tidak kembali terlepas, sehingga motor kamu memiliki dua sambungan rantai.

3. Lepas ban untuk memasangkan kembali rantai motor

Cara Gampang Menyambung Rantai Motor yang PutusIlustrasi Ganti Ban Motor Bocor (IDN Times/Dwi Agustiar)

Terakhir, lepas ban menggunakan kunci roda agar kamu bisa memasangkan rantai motor kembali pada tempatnya. Jika ban sudah terlepas, pasang kembali rantai motor dengan hati-hati. Pastikan kembali kamu telah memasang rantai motor yang putus dengan benar.

Perlu diingat, setelah menyambungkan kembali rantai yang putus, gunakan motor kamu dengan hati-hati ya. Pasalnya, rantai yang sudah terputus akan lebih mudah mengalami kerusakan kembali. Karena menggunakan connecting drive sifatnya sementara, kamu bisa langsung menuju ke bengkel terdekat untuk mengganti rantai yang baru.

Baca Juga: 5 Tips Membersihkan Rantai Motor, Biar Gak Putus di Tengah Jalan 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya