Comscore Tracker

Cara Mudah Mengganti Van Belt Motor Matic, Gak Perlu ke Bengkel!

Hanya perlu beberapa tools saja

Jakarta, IDN Times - Banyak faktor yang bisa menentukan kenyamanan dan performa motor matic, salah satunya adalah van belt atau v-belt. Komponen ini berfungsi mendistribusikan tenaga dari mesin ke roda belakang.

Sehingga jika v-belt bermasalah, maka distribusi tenaga dari mesin ke roda belakang akan terganggu. Efeknya tarikan jadi berat, bensin jadi boros, dan ujung-ujungnya bakalan keluar duit buat memperbaikinya.

Karena itu harus rajin-rajin mengecek bagian satu ini. Ganti jika memang sudah waktunya diganti. Jangan menunggu putus karena kamu gak akan tahu kapan v-belt itu akan putus. Selain itu, mengganti v-belt juga gak rumit, kok. Kamu bahkan bisa menggantinya sendiri. Begini tahap-tahapnya.

1. Siapkan peralatannya terlebih dahulu

Cara Mudah Mengganti Van Belt Motor Matic, Gak Perlu ke Bengkel!suzuki.co.id (V-belt motor)

Pertama, kamu perlu menyiapkan sejumlah peralatan terlebih dahulu. Kamu antara lain membutuh kunci T berukuran 8 mm, kunci shock ukuran 22 mm, obeng bermata plus, kain lap, van belt baru, dan palu.

Baca Juga: Harga Bekasnya di Bawah Rp5 Juta, Skuter Matic Ini Layak Dipinang

2. Buka cover dan bak CVT

Cara Mudah Mengganti Van Belt Motor Matic, Gak Perlu ke Bengkel!Ilustrasi CVT sepeda motor matik (Dok. IDN Times)

Setelah itu buka cover CVT yang berada di bawah jok penumpang. Kamu bisa membukanya menggunakan kunci T ukuran 8 mm. Kemudian, saatnya buka bak CVT.

Terdapat banyak baut yang harus kamu kendurkan memakai kunci T ukuran 8 mm. Setelah semua baut terlepas, lepas bak CVT secara perlahan dengan cara menekannya ke bawah sembari menekan kick starter. 

3. Lepas pully dan gear starter

Cara Mudah Mengganti Van Belt Motor Matic, Gak Perlu ke Bengkel!pinterest.com/Pulley motor

Langkah selanjutnya adalah melepas pulley depan menggunakan kunci shock ukuran 22 mm. Supaya pulley tidak ikut berputar saat dilepas, kamu bisa mengganjalnya menggunakan salah satu baut bak CVT terpanjang.

Kemudian putar mur pully berlawanan arah jarum jam. Setelah itu, lepaskan secara perlahan. Bila pulley sudah terlepas, kamu bisa segera melepas gear starter dengan memutarnya menggunakan jari.

4. Ganti van belt baru

Cara Mudah Mengganti Van Belt Motor Matic, Gak Perlu ke Bengkel!Bukalapak.com/Van belt motor

Setelah semuanya terbuka, kini tinggal melepas van belt lama dan menggantinya dengan yang baru. Caranya, kamu harus menyelipkan van belt baru di bagian atas pulley belakang, kemudian putar ke bawah untuk memasangnya.

Setelah itu pasang kembali bagian yang sudah dilepas tadi, mulai dari gear starter, pulley depan, bak CVT, dan terakhir tutup cover CVT. Akhirnya, v-belt kamu berhasil terpasang tanpa perlu repot pergi ke bengkel.

Baca Juga: Deretan Motor Bekas di Bawah Rp17 Juta, Skuter Matic atau Sport?

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya