Comscore Tracker

Cara Mudah Merawat Kampas Rem Agar Tidak Cepat Habis

Perawatan kampas rem itu perlu

Jakarta, IDN TIMES - Sistem pengereman kendaraan bermotor, baik mobil maupun motor, pasti memiliki komponen yang disebut kampas rem. Bila kampas rem kamu tidak berfungsi dengan baik, maka akan mengganggu kenyamanan dan keamanan kamu dalam berkendara. Oleh karena itu, kamu perlu merawat kampas rem motor. Caranya gampang, kok! 

1. Membersihkan kampas rem secara teratur

Cara Mudah Merawat Kampas Rem Agar Tidak Cepat HabisIlustrasi kampas rem sepeda motor. yamaha-motor.co.id

Pertama, kamu perlu membersihkan kampas rem secara rutin, apalagi jika kamu baru menggunakannya dari daerah yang digenangi air atau lumpur. Debu dan lumpur yang menempel pada kampas bisa membuat kinerjanya terganggu. Kamu bisa membasuhnya menggunakan air bersih dan pastikan tidak ada kotoran yang tertinggal.

Baca Juga: Cara Gampang Bedakan Kanvas Rem Asli dan Palsu, Jangan Sampai Tertipu!

2. Pastikan bearing atau laher terlumasi

Cara Mudah Merawat Kampas Rem Agar Tidak Cepat Habisfinaldrivemotors.com

Bearing adalah bagian pada motor yang berfungsi untuk mengurangi gesekan dengan rumah as yang terdapat pada pelek. Jadi, kamu bisa berkendara dengan nyaman di jalan raya. Maka dari itu, kamu perlu memastikan agar bearing motor kamu selalu terlumasi.

3. Pastikan terdapat jarak antara piringan cakram dan kampas rem

Cara Mudah Merawat Kampas Rem Agar Tidak Cepat Habispixabay.com/Paul_Henri

Pastikan kembali terdapat jarak antara piringan cakram dan kampas rem motor kamu. Tujuannya supaya tidak terjadi gesekan antar keduanya sebelum kamu menggunakan tuas rem.

Kamu bisa menyetelnya sendiri sambil memutar roda ban. Bila masih terjadi gesekan saat roda ban diputar, maka posisinya masih belum tepat. Ulangi kembali sampai menemukan posisi yang tepat.

4. Jangan terlalu sering melakukan rem mendadak

Cara Mudah Merawat Kampas Rem Agar Tidak Cepat HabisIDN Times/Dwi Agustiar

Agar kampas rem motor kamu awet, kamu perlu menghindari penggunaan rem secara mendadak. Maka dari itu, kamu perlu menghindari berkendara dengan kecepatan tinggi dan melakukan pengereman secara mendadak.

Selain akan mengurangi efisiensi dari kampas rem, hal itu juga akan membahayakan kamu sebagai pengendara.

Baca Juga: Kampas Rem Depan Motor Habis? Mudah Kok Cara Gantinya

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya