Comscore Tracker

Duel Motor Bebek 2-Tak: Suzuki Satria 120 vs Yamaha F1Z-R

Saat ini keduanya menjadi koleksi istimewa para penghobi

Jakarta, IDN Times - Motor 2-tak semakin langka. Sebab pabrikan kini tak lagi memproduksi motor jenis ini karena alasan gak ramah lingkungan. Akibatnya yang tersisa di jalanan adalah motor-motor lawas.

Nah, dari semua motor 2 tak yang tersisa, ada dua motor bebek yang menjadi primadona, yaitu Yamaha F1Z-R dan Suzuki Satria 120. Kedua motori ini sama-sama dibekali mesin dengan performa tinggi dan karenanya sama-sama diburu di bursa motor bekas.

Nah, perbandingan Yamaha F1Z-R dan Suzuki Satria 120.

1. Suzuki Satria 120 R/S

Duel Motor Bebek 2-Tak: Suzuki Satria 120 vs Yamaha F1Z-Rolx.co.id

Pada tahun 1997, Suzuki mulai memproduksi Satria R 120 dengan basis dari RG Series. Keluaran ini dinilai sebagai 'Bebek Super' karena punya performa yang gahar. Di Indonesia, Suzuki mengeluarkan Satria S 120 di tahun 1997 dengan kopling semi-otomatis 5-percepatan. Tahun 2002, Suzuki memperbarui model ini dengan memproduksi Satria 120 RU yang mengusung transmisi manual 6-percepatan dengan bodi yang sama.

Motor ini dibekali teknologi Jet Cooled yang terbukti efektif dalam melepaskan panas mesin ke udara bebas. Suzuki Satria 120 juga sudah menggunakan rangka dual crandle box layaknya motor sport. 

Baca Juga: Harga Motor Bebek 2 Tak Kini Menggila, Padahal Sudah Disuntik Mati

2. Yamaha F1Z-R

Duel Motor Bebek 2-Tak: Suzuki Satria 120 vs Yamaha F1Z-Rolx.co.id

Pada awalnya, Yamaha mengeluarkan F1Z dengan desain yang lebih sporty dengan bentuk ujung silencer knalpot yang agak naik ke atas. Varian ini masih menggunakan transmisi semi otomatis 4-percepatan. Kemudian, F1ZR hadir sebagai penyempurna generasi sebelumnya. Dengan ini hadir pembaruan berupa penggunaan transmisi manual 4-percepatan memakai kopling tangan.

Komponen yang digunakan pun berasal dari merek kenamaan. Misalnya pada pelek cast wheel, Yamaha memesan langsung dari Daytona, produsen part berkualitas tinggi asal Amerika Serikat. Selain itu, Yamaha F1ZR menjadi motor bebek pertama yang menggunakan mesin Yamaha Perfomance Cooling System (YPCS), yaitu teknologi pendingin mesin menggunakan kipas. 

3. Berapa harga bekas kedua motor ini ya?

Duel Motor Bebek 2-Tak: Suzuki Satria 120 vs Yamaha F1Z-R2takoffecial

Suzuki Satria 120 sendiri harganya masih tergolong mahal untuk motor lawas. Untuk varian Satria 120 S keluaran tahun 1997 biasanya dibanderol mulai dari Rp 6 juta hingga Rp 17 juta dengan kondisi istimewa. Sedangkan untuk varian Satria 120 R keluaran tahun 2000 dibanderol mulai dari Rp 10 jutaan hingga ada yang mencapai Rp 14 juta. Bahkan kabarnya ada yang mencapai Rp36 juta karena jarak tempuh yang belum menempuh 1.000 kilometer.

Sementara itu, Yamaha F1ZR keluaran tahun 1996 dibanderol mulai dari Rp 6 juta dengan kondisi standar. Sedangkan Yamaha F1ZR keluaran muda tahun 2003 atau 2004 dibanderol mulai dari Rp 9 juta hingga ada yang mencapai Rp 25 juta dengan kondisi orisinal.

Baca Juga: Update Harga Terbaru 5 Motor Bebek, Bisa Buat Pengganti Skutik  

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya