Comscore Tracker

Fitur-fitur Keselamatan Ini Wajib Ada di Motor Baru!

Fitur-fitur ini penting dan harus ada pada motor modern

Jakarta, IDN Times - Perkembangan teknologi di dunia otomotif memang tak pernah berhenti. Selalu ada 'barang' baru yang menjadikan motor-motor terkini menjadi semakin canggih, terutama fitur keamanannya. 

Nah, berikut deretan teknologi keamanan yang telah banyak disematkan pada motor-motor keluaran terbaru.

1. Anti-lock Braking System (ABS)

Fitur-fitur Keselamatan Ini Wajib Ada di Motor Baru!yamaha-motor.co.id

Fitur pertama adalah Anti-lock Braking System atau biasa dikenal sebagai ABS. Mungkin di antara kalian pasti sudah mendengar tentang fitur yang satu ini. FItur ABS memastikan pengereman berjalan dengan baik tanpa mengunci gerak roda yang bisa menyebabkan selip.

Kebanyakan motor keluaran terbaru sudah dilengkapi fitur ABS. Hal ini karena fitur ABS membuat motor lebih aman digunakan dari pada sistem pengereman biasa.

Baca Juga: Dianggap Sudah Kuno, Ini 3 Kelebihan Rem Tromol!

2. Traction Control System

Fitur-fitur Keselamatan Ini Wajib Ada di Motor Baru!asianwiki.com

Fitur keselamatan selanjutnya adalah Traction Control System. Sayangnya, fitur ini masih sedikit sekali dipakai di Indonesia. Fitur ini mampu memberikan keseimbangan lebih saat berkendara.

Keberadaan Traction Control System mampu mengontrol dan mencegah terjadinya wheelspin pada roda motor. Dengan ini maka motor akan terhindar dari selip dan mencegah roda berputar lebih cepat dari yang seharusnya. Fitur ini antara lain bisa kamu nikmati di Honda PCX 160.

3. Slipper Clutch

Fitur-fitur Keselamatan Ini Wajib Ada di Motor Baru!adventurebikeridercom

Di urutan ketiga, terdapat fitur Slipper Clutch. Biasanya, fitur ini terpasang di motor dengn kapasitas mesin yang besar atau paling tidak motor sport. Teknologi ini membantu pengemudi untuk menghindari selip kopling saat memindahkan gigi.

Fitur Slipper Clutch mampu memberikan engine break yang maksimal untuk membantu proses pengereman motor. Seperti yang kita ketahui, menggunakan engine break membantu kita untuk memaksimalkan pengereman saat berada di jalan raya.

4. Fuel Injection

Fitur-fitur Keselamatan Ini Wajib Ada di Motor Baru!Mesin Injeksi

Mungkin teknologi yang satu ini sudah banyak diterapkan pada motor produksi terbaru. Fitur injeksi berhasil menyelesaikan masalah yang terjadi sebelumnya, terutama di era mesin karburator.

Karburator konvensional masih menggunakan katup. Terdapat kelemahan pada katup ini, terutama karburator produksi tahun lawas yang sering bocor. Kemudian katup ini juga sering 'nyangkut' sehingga dapat membahayakan pengemudi dan juga menyebabkan pembakaran yang kurang efektif.

Baca Juga: 5 Teknologi Warisan MotoGP, Kini Ada di Motor Harianmu! 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya