Comscore Tracker

Hat-hati Standar Samping Motor Kendur, Ini Deretan Bahayanya!

Standar samping motor yang kendur berbahaya

Jakarta, IDN TIMES - Standar berfungsi sebagai penopang di saat motor sedang tidak digunakan. Biasanya setiap motor memiliki dua standar, yaitu standar samping dan standar belakang.

Namun kamu juga perlu memerhatikan kondisi standar samping motor, ya. Jika standar samping kendur, maka akan membahayakan. Apa saja bahaya jika standar samping motor kendur?

Yuk, kita cari tahu!

1. Bisa Menyebabkan Kecelakaan!

Hat-hati Standar Samping Motor Kendur, Ini Deretan Bahayanya!Ilustrasi/Sukma Shakti/IDN Times

Hati-hati, standar samping yang kendur bisa menyebabkan kecelakaan! Ini bisa terjadi karena saat sedang berkendara, standar samping motor bisa terbuka secara tiba-tiba.

Standar samping bisa menabrak objek lain, misalnya aspal, sehingga keseimbangan kamu terganggu. Apalagi jika kamu sedang dalam kecepatan tinggi. Oleh karena itu selalu cek kondisi standar samping motormu ya.

Baca Juga: Deretan Motor 3 Roda, Selincah Motor Biasa!  

2. Bisa membuat mesin mendadak mati

Hat-hati Standar Samping Motor Kendur, Ini Deretan Bahayanya!flickr.com/H Matthew Howarth

Bagi kamu para pengguna motor matic, jangan sampai standar samping motor kamu kendur. Pasalnya, mesin motor akan mati jika standar samping diturunkan. Sebab ada sensor stand switch yang akan akan aktif jika kamu menurunkan standar samping.

Nah, jika standar samping kendur, bisa-bisa standar tersebut turun sendiri sehingga membuat mesin mendadak mati ketika digunakan. Ini berbahaya, loh. 

3. Standar yang kendur pasti akan sangat merepotkan

Hat-hati Standar Samping Motor Kendur, Ini Deretan Bahayanya!Pixabay.com/Capri23auto

Terakhir, standar samping yang kendur akan merepotkan kamu. Pertama, pasti kamu harus mengikatnya menggunakan tali agar standar samping motor tidak turun terus. Namun jika ingin memarkirnya, kamu harus membuka tali tersebut. Itu bukanlah hal yang praktis untuk dilakukan.

Kedua, jika standar motor kamu turun secara tiba-tiba saat di jalan raya, kamu berulang kali harus melipir ke pinggir jalan untuk menaikkannya lagi. Karena kalau tidak bisa membahayakan kamu saat berkendara.

Maka dari itu, ada baiknya untuk segera memperbaiki atau mengencangkan standar samping motor kamu. 

Baca Juga: Jangan Ngaku Tajir Kalau Belum Punya Motor-motor Ini di Garasi

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya