Comscore Tracker

Revolusi Honda Gold Wing, Ternyata Masih Satu Keluarga dengan GL Pro

Salah satu motor termahal di keluarga Honda

Jakarta, IDN Times - Honda belum lama lalu meluncurkan versi terbaru salah satu motor termewah mereka, yakni Gold Wing 2021. Motor touring bongsor ini mengalami banyak peningkatan di beberapa aspek, sehingga semakin canggih dan nyaman digunakan.

Tapi tahu gak sih kalau Honda Gold Wing itu ternyata masih masuk ke dalam keluarga GL Series? Nah, berikut revolusi Honda Gold Wing dari masa ke masa.

1. Asal mula Honda Gold Wing

Revolusi Honda Gold Wing, Ternyata Masih Satu Keluarga dengan GL ProHonda M1 1972 (onlymotobikes.com)

Pada 1972, Honda mengutus Soichiro Irimaji beserta timnya yang handal untuk mengembangkan mesin lima dan enam silinder pada motor balap Honda. Soichiro Irimaji dan timnya berhasil membuat motor konsep bernama Honda M1 yang dilengkapi mesin enam silinder horizontal dengan shaft drive. Walau motor ini tidak diproduksi secara massal, tetapi teknologi dan desainnya menjadi tolak ukur bagi pengembangan Honda Gold Wing nantinya.

Baca Juga: Ini Bedanya Dealer Honda Reguler, Wing, dan Big Wing

2. Masih tergabung ke dalam keluarga GL Series

Revolusi Honda Gold Wing, Ternyata Masih Satu Keluarga dengan GL ProHonda GL1000 Gold Wing (pinterest.com)

Mungkin kamu sudah pasti kenal keluarga GL Series mulai dari GL 100, GL Max, GL Pro, hingga GL 200 atau Honda Tiger. Namun, tahukah kamu kalau Honda Gold Wing masuk ke dalam keluarga GL Series? Memang secara tampilan berbeda jauh dengan Gold Wing generasi terbaru.

Mesin yang digunakan memiliki kapasitas 1.000 cc 4-tak, empat silinder horizontal, dan sudah menggunakan pendingin radiator. Walau didesain menjadi motor Grand Touring, namun motor ini belum dibekali box di bagian kiri dan kanan, serta belum menggunakan wind shield.

3. Memasuki tahun 80-an, Honda Gold Wing menemukan bentuk idealnya

Revolusi Honda Gold Wing, Ternyata Masih Satu Keluarga dengan GL ProHonda GL1100 Gold Wing (ridermagazine.com)

Generasi kedua Honda Gold Wing diluncurkan pada tahun 1980. Di generasi kedua ini, terjadi peningkatan kapasitas mesin menjadi 1.085 cc. Karakternya pun lebih mementingkan torsi ketimbang tenaga.

Fitur dan teknologinya juga ikut ditingkatkan, misalnya sudah menggunakan air-assisted suspension system yang membuat pengemudi menjadi lebih nyaman. Di generasi kedua ini, perangkat audio dan radio mulai dipasangkan. Bisa terlihat jelas antena radio di bagian belakang motor.

4. Tampil lebih menawan di era milenium

Revolusi Honda Gold Wing, Ternyata Masih Satu Keluarga dengan GL ProHonda Gold Wing GL1800

Memasuki tahun 2000-an, Honda Gold Wing lebih tampil futuristik dan modern. Lampu depannya sudah mengikuti desain milik Honda CBR menggunakan dua lampu terpisah. Mesinnya pun juga ikut ditingkatkan, bahkan kapasitasnya mencapai 1.800 cc.

Jangan heran jika bobot motor ini mencapai 400 kg. Menariknya, pada tahun 2006, Honda Gold Wing sudah menggunakan fitur SRS Airbag loh. Kemudian, motor ini juga sudah dilengkapi head unit LCD yang canggih.

Baca Juga: Daftar 5 Motor Termahal di Indonesia, Harganya Bikin Ngilu! 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya