Comscore Tracker

Honda PCX Masa Depan Bakal Punya Fitur Airbag!

Honda sudah memperlihatkan tiga desain airbag

Jakarta, IDN Times - Honda membuat terobosan dengan rencana mereka menyematkan airbag pada varian terbaru skuter PCX. Rencana ini memang masih berupa rencana, namun gambar patennya sudah tersebar di jagat maya.

Sepertinya Honda bakalan serius membenamkan airbag pada skuter mereka, sebab teknologi airbag bukan sesuatu yang baru bagi mereka. Sebelumnya Honda pernah memasang airbag pada big skuter mereka: Goldwing. Ini menjadikan Honda sebagai pabrikan pertama yang menggunakan airbag pada motor.

Kini Honda menyasar motor-motor lebih kecil untuk dipasangi airbag. Sebuah langkah yang sangat patut ditiru pabrikan lain demi keselamatan konsumen mereka. Berdasarkan situs Ride Apart, ada tiga desain yang telah diperkenalkan ke hadapan publik untuk PCX masa depan mereka.

Kira-kira bagaimana ya cara kerja airbag milik Honda?

1. Airbag yang sama sekali berbeda dari generasi awal milik Goldwing

Honda PCX Masa Depan Bakal Punya Fitur Airbag!Airbag motor Honda (rideapart.com)

Honda telah menampilkan rancangan sistem airbag vertical yang akan disematkan pada PCX masa depan. Jika dilihat dari gambar, kantung udara ini terlihat berbeda dari generasi awal yang lebih menyerupai airbag pada kendaraan roda empat.

Honda menerapkan fitur airbag pada motor bukan tanpa alasan, sebab penggunaan motor untuk mobilitas harian rentan mengalami kecelakaan di jalanan.

Baca Juga: Berapa Gaji Minimal untuk Bisa Kredit Honda PCX 160? 

2. Sudah ada tiga desain yang ditampilkan

Honda PCX Masa Depan Bakal Punya Fitur Airbag!Airbag motor Honda (rideapart.com)

Untuk desain pertama, Honda menampilkan gambar airbag yang berada di wadah berbentuk "U" dan terletak di atas setang motor. Jadi, airbag ini akan mengembang persis di depan windshield motor untuk meminalisir benturan antara pengemudi dengan objek lain.

Sedangkan untuk desain kedua, Honda memperlihatkan airbag yang terletak di bawah panel instrumen dan lebih tersembunyi. Cara kerjanya masih sama, yaitu airbag akan mengembang di depan winshield motor.

Desain terakhir milik Honda memperlihatkan airbag yang dipasangkan di setang motor. Desain ketiga ini lebih meyakinkan karena telah dilengkapi tabung inflasi eksternal yang menghubungkan airbag dengan sensor tabrakan. Selain itu, pengemudi akan mejadi lebih aman karena airbag akan terbuka ke arah pengemudi.

3. Sebanyak 68 persen kecelakaan membuat pengemudi terpental ke depan

Honda PCX Masa Depan Bakal Punya Fitur Airbag!Airbag motor Honda (rideapart.com)

Paten airbag ini berawal dari keresahan Honda yang melihat sebanyak 68 persen kecelakaan sepeda motor menyebabkan pengemudi terlempar ke depan. Maka dari itu, penyematan airbag motor ditempatkan di bagian depan kendaraan.

Namun, penggunaan airbag ini masih butuh pengembangan dan riset lebih lanjut agar menjadi fitur yang aman bagi pengemudi.

So, sekarang tinggal menunggu kapan teknologi airbag ini benar-benar dibenamkan ke PCX dan mungkin juga Vario masa depan ya!

Baca Juga: Simulasi Kredit All Varian Honda PCX 160, Cicilan Teringan Rp1,2 Juta 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya