Comscore Tracker

Kawasaki Z650RS Bakal Rilis di India, Klasik!

Kira-kira kapan masuk Indonesia ya?

Jakarta, IDN TIMES - Jika sebelumnya lebih dikenal dengan motor sport full fairing, kini Kawasaki mulai mengeluarkan jajaran produk motor gede terbarunya. Belum lama ini, Kawasaki menghadirkan tipe yang lebih murah dari Z900RS, yaitu Z650RS.

Sebenarnya, rumor kehadiran Kawasaki Z650RS sudah terdengar dari beberapa tahun sebelumnya. Menghadirkan Z650RS merupakan langkah yang tepat, apalagi peminat motor bergaya retro semakin banyak. Namun, Kawasaki Z650RS baru meluncur ke India terlebih dulu. Lantas, kapan masuk ke Indonesia?

1. Meluncur di India pada November 2021 mendatang

Kawasaki Z650RS Bakal Rilis di India, Klasik!Kawasaki Z650RS (motorbikewriter.com)

Kawasaki Z650RS diproyeksikan akan meluncur di India pada November 2021. Motor ini dipasarkan dengan status Completely Knock Down (CKD) alias dirakit langsung secara lokal. Jadi, harganya akan lebih kompetitif dan ketersediaan unit yang lebih banyak, sehingga konsumen bisa mudah mendapatkannya.

Namun, ada informasi yang mengatakan sebenarnya motor ini akan diluncurkan pada 27 September 2021. Walau begitu, Kawasaki sebelumnya memang telah membuat teaser peluncuran motor terbarunya bertajuk "RetroVolution is Coming".

Baca Juga: Kawasaki Segera Rilis Motor Retro 250 CC

2. Spesifikasi Kawasaki Z650RS

Kawasaki Z650RS Bakal Rilis di India, Klasik!Kawasaki Z650RS (motorbikewriter.com)

Untuk urusan performa, Kawasaki Z650RS akan kembali mengadopsi mesin lama milik Z650. Motor ini menggunakan mesin 649 cc 4-tak dua silinder, delapan katup, dengan pendingin cairan, dan sistem injeksi.

Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 69,7 Hp per 8.000 rpm dengan torsi sebesar 64 Nm per 6.700 rpm. Walau mengadopsi mesin lama, Kawasaki tetap akan melakukan perubahan untuk menyesuaikan output pada keluaran terbarunya ini.

3. Apakah Kawasaki Z650RS akan hadir di Indonesia?

Kawasaki Z650RS Bakal Rilis di India, Klasik!Kawasaki Z650RS (motorbikewriter.com)

Kawasaki Z900RS telah hadir lebih dahulu di Indonesia dengan harga yang relatif tinggi, yaitu Rp 304 juta. Kehadiran Kawasaki Z650RS bisa membawa angin segar bagi para pecinta motor modern retro dari harga yang cukup tinggi.

Namun, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) mengatakan moge ini masih cukup sulit dihadirkan ke Indonesia lantaran terganjal regulasi impor dari pemerintah. Meski begitu, kesempatan menghadirkan moge ini masih cukup besar mengingat ada beberapa motor CBU milik Kawasaki yang tetap dipasarkan walau terganjal masalah kebijakan tersebut.

Baca Juga: Kawasaki Kembangkan Ninja Bermesin Hybrid?

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya