Comscore Tracker

Melihat Cara Kerja Pendingin Udara Pada Mesin Motor

Menjadi salah satu cara efektif dalam mendinginkan mesin

Jakarta, IDN TIMES - Setiap mesin yang memiliki proses pembakaran internal pastinya memerlukan sistem pendingin agar bagian logam tidak terlalu panas. Maka dari itu, sepeda motor harus dilengkapi dengan sistem pendingin agar bisa menjaga bagian logam dalamnya.

Mengetahui cara kerja sistem pendingin dapat mencegah panas mesin yang belebihan, sehingga kamu dapat terhindar dari perbaikan dengan biaya mahal. Jika mau membeli sepeda motor, jadikan ini sebagai salah satu prioritas untuk kamu pahami sebelum mulai berkendara di jalan raya.

1. Apa itu pendingin udara pada motor?

Melihat Cara Kerja Pendingin Udara Pada Mesin MotorPendingin udara motor (motorcycle habit)

Pendingin udara adalah bagian yang efektif digunakan untuk mendinginkan mesin motor. Sebagian besar sepeda motor sudah memiliki teknologi ini. Pendingin udara sangat efisien dalam arti membutuhkan lebih sedikit suku cadang untuk menyelesaikan proses pendinginan mesin. Kamu bisa melihat beberapa motor terlihat memiliki tonjolan, atau sirip, di bagian mesin. Bagian ini bukan hanya untuk meningkatkan tampilan saja, karena memiliki fungsi penting pada mesin motor.

Proses pembakaran di dalam mesin sangat panas dan perlu menggerakkan piston ke atas dan bawah untuk membuat motor bergerak. Tetapi, mesin tidak boleh terlalu panas karena struktur komponen logamnya akan mulai berubah dan pada gilirannya dapat merusak sepenuhnya.

Baca Juga: 3 Tips Memilih Stiker Motor yang Tepat untuk Motor Kamu 

2. Bagaimana sih cara kerja pendingin udara?

Melihat Cara Kerja Pendingin Udara Pada Mesin Motorpendingin udara motor (topspeed.com)

Piston yang berada di dalam akan menyatu dengan dinding silinder. Ini biasanya terjadi karena bagian-bagian tersebut akan menjadi panas dan pada dasarnya meleleh bersama. Kemungkinan besar masih bisa diperbaiki, tetapi akan lebih murah jika menggantinya dengan mesin baru.

Nah, di sinilah sirip-sirip itu berperan. Sebagian besar bagian pada sepeda motor tetap terbuka, jadi menempatkan sirip pada silinder dan kepalanya adalah cara sempurna untuk mendinginkan mesin. Sirip ini umumnya terbuat dari aluminium karena ringan dan memiliki efisiensi perpindahan panas yang lebih tinggi.

Saat mengendarai sepeda motor di jalan, angin secara alami akan melewati sirip ini dan pada dasarnya akan mendinginkan mesin. Mesin tidak akan bisa mendinginkan dirinya sendiri secara efisien tanpa bantuan sirip, karena strukturnya dapat menangkap udara jauh lebih baik daripada blok mesin itu sendiri.

3. Kekurangan dari pendingin udara

Melihat Cara Kerja Pendingin Udara Pada Mesin Motorhttps://review.bukalapak.com/

Satu-satunya kekurangan dari pendingin udara adalah bahwa komponen ini dibuat untuk bisa berfungsi pada campuran udara-bahan bakar yang lebih kaya (terlalu sedikit udara untuk jumlah bahan bakar yang diberikan), sehingga membuatnya kurang efisien, lebih berpolusi, dan lebih berisik daripada saudaranya yang merupakan berpendingin cairan.

Meskipun sistemnya jauh lebih sederhana, sirip pada mesin bisa sulit diperbaiki jika cukup banyak komponen yang rusak. Sebuah goresan pada bagian ini mungkin tidak akan terlalu mengkhawatirkan, tetapi benturan keras yang menyebabkan beberapa sirip yang patah bisa berarti kamu memerlukan kepala silinder atau penutup silinder yang baru.

Baca Juga: Motor-motor Unik Ini Justru Disuntik Mati, Gagal Mencuri Hati Pasar!

Topic:

  • Satria Permana
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya