Comscore Tracker

Mengenal Honda MSX 125, Motor Mini yang Digemari Banyak Kalangan

Menjadi pilihan selain Monkey Z125

Jakarta, IDN TIMES - Motor mini memiliki segmen pasar yang luas. Tidak hanya anak-anak, tetapi orang dewasa pun cukup menggemari motor yang berukuran kecil ini. Dari sekian banyak pabrikan yang memproduksi motor mini, Honda sepertinya konsisten dengan meluncurkan line up yang lumayan banyak, salah satunya adalah Honda Monkey yang legendaris. 

Kali ini, Honda memproduksi MSX 125, motor mini yang mengambil desain fairing ala CBR Series. Bagaimana spesifikasi yang ditawarkan Honda MSX 125 ya?

1. Terhitung sudah ada tiga generasi yang dipasarkan

Mengenal Honda MSX 125, Motor Mini yang Digemari Banyak KalanganHonda MSX 125 (motomalaysia.com)

Honda MSX 125 dipasarkan khusus untuk daerah Eropa dan Asia Timur. Di Thailand sendiri, MSX 125 memiliki nama lain, yaitu Honda Grom. Motor ini pertama kali produksi pada tahun 2014 dan mampu bertahan selama tiga tahun sebelum perilisan generasi keduanya.

Selanjutnya, generasi kedua MSX 125 dipasarkan dari 2017 hingga 2020. Baru pada 2020, generasi ketiga mulai diproduksi. Dengan ketiga pembaruan ini, Honda melakukan sentuhan pada desain atau tampilannya.

Baca Juga: Honda Luncurkan Pilihan Warna Baru New Honda Vario 125

2. Motor mini dengan desain yang sporty layaknya CBR Series

Mengenal Honda MSX 125, Motor Mini yang Digemari Banyak KalanganHonda Monkey MX 125 2020 (youtube.com)

Honda MSX 125, terutama generasi ketiga memiliki tampilan yang sporty. Ini terlihat dari tangki yang lebih besar dengan tiga baut tambahan di setiap sisinya yang memiliki aksen khas. Honda menyatakan, hal ini bertujuan untuk memudahkan proses lepas pasang, sehingga motor ini dapat dimodifikasi dengan beberapa gaya.

Bentuk joknya dibuat agak landai dibandingkan model sebelumnya. Dengan begini, posisi duduk pengemudi akan lebih mundur untuk mendapatkan posisi berkendara yang pas.

3. Bagaimana dengan dapur pacunya?

Mengenal Honda MSX 125, Motor Mini yang Digemari Banyak KalanganHonda Monkey MSX 125 (motomalaysia.com)

Honda MSX 125 terbaru ini hadir dengan mesin 4 Tak Air Cooled Single Cylinder 125cc yang menghasilkan tenaga maksimal 9,6 hp  7.250 rpm dan torsi maksimum 10,5 Nm per 5.500 RPM. Motor ini juga sudah menggunakan bahan bakar injeksi.

Pada bagian depan, MSX 125 menggunakan suspensi upside-down dan monoshock di bagian belakang, sedangkan untuk sistem pengereman menggunakan rem cakram hidrolik tunggal pada roda belakang dan depan. Motor ini akan menjadi pesaing besar bagi Benelli TnT135 dan juga Kawasaki Z125 Pro untuk kategori mini-bike.

4. Tidak dijual resmi di Indonesia

Mengenal Honda MSX 125, Motor Mini yang Digemari Banyak KalanganHonda Monkey MSX 125 (motomalaysia.com)

Sayangnya, Honda MSX 125 tidak dijual resmi oleh PT Astra Honda Motor (AHM). Motor ini masuk ke dalam negeri melalui importir umum. Karena melalui pihak ketiga, banderolan motor ini mampu mencapai angka Rp 100 juta.

Di Thailand sendiri, motor yang diberi nama Grom ini dibanderol mulai dari 69,90 Baht atau setara dengan Rp 32 jutaan untuk tipe standar. Untuk tipe ABS, Honda MSX tembus angka 77,40 Baht atau sekitar Rp 36 jutaan.

Baca Juga: Honda Luncurkan Motor Baru Selasa Pekan Depan, Honda PCX 160?

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya