Comscore Tracker

Modifikasi Motor Brat Style, Diperkenalkan Builder Asal Jepang! 

Brat style mencerminkan jiwa yang bebas

Jakarta, IDN Times - Saat ini modifikasi motor bikan lagi sekedar hobi, tapi sudah menjadi industri tersendiri di dunia otomotif. Lihat saja bengkel-bengkel modifikasi sepeda motor yang menjamur hampir di setiap kota.

Boomingnya modifikasi motor sebenarnya tidak terlalu mengherankan. Sebab modifikasi membuat motor jadi lebih personal alias gak pasaran. Selain itu modifikasi juga bisa mendongkrak performa mesin yang sering kali dibatasi oleh pabrikan.

Biker juga bisa memilih beragam aliran modifikasi, mulai dari cafe racer, bobber, hingga brat style. Cafe Racer dan bobber sudah pernah kami bahas, sekarang giliran brat style. Yuk, kita ulas aliran modifikasi brat style.

1. Lahir dari tangan builder asal Jepang

Modifikasi Motor Brat Style, Diperkenalkan Builder Asal Jepang! Brat Style (pinterest.com)

Brat Style menjadi aliran modifikasi yang populer di kalangan anak muda. Gaya modifikasi ini merupakan pengembangan dari gaya motor balap lawas dengan sentuhan di bagian setang dan kaki-kaki.

Awalnya Brat Style diperkenalkan pada tahun 1998 oleh seorang builder asal Jepang bernama Go Takamine. Berkat kreativitasnya, Go Takamine berhasil menuangkan ide dan pikirannya ke dalam bentuk modifkasi motor.

Untuk membedakan hasil karyanya dari motor modifikasi lain, Go Takamine kemudian memberi ciri khas tulisan Brat Style pada tangki motor ciptaannya.

Baca Juga: Jangan Berani Kredit Motor Kalau Tiga Urusan Ini Belum Kelar

2. Apa saja ciri khas Brat Style?

Modifikasi Motor Brat Style, Diperkenalkan Builder Asal Jepang! Brat Style (gaega.xyz)

Ciri khas Brat Style ada pada bagian garis jok yang sejajar dengan garis tangki serta pada bagian ujung joknya tidak ada perubahan bentuk atau bisa dibilang flat. Posisi setang agak rendah, membuat pengemudinya sedikit membungkuk.

Ban depan dan belakang menggunakan ring yang sama, tetapi bentuk ban belakang lebih tebal. Suspensi belakang biasanya menggunakan twin-shock, sehingga jok belakang tetap pada posisi datar.

3. Motor kustom yang semakin populer

Modifikasi Motor Brat Style, Diperkenalkan Builder Asal Jepang! Motor Brat Style (gaega.xyz)

Saat pertama kali diperkenalkan di hadapan publik, motor karya Takamime ini langsung mencuri perhatian. Gaya brat style pun mulai ditiru banyak builder dengan ciri khasnya tersendiri.

Dengan merebaknya popularitas brat style, lambat laun motor kustom ini menjadi gaya kustomisasi yang populer di seluruh dunia. Kesuksesan Brat Style tidak lepas dari peran Takamime yang sering mengikutsertakan motor kustomnya di berbagai ajang modifikasi bergengsi. 

Baca Juga: Motor-motor India Ini Jadi Tuan di Negeri Sendiri  

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya