Comscore Tracker

Asal Usul Motor Chopper, Berawal dari Harley Davidson 

Motor Chopper sudah eksis sejak Perang Dunia Kedua

Jakarta, IDN Times - Banyak sekali aliran modifikasi motor, salah satunya chopper. Aliran ini sempat ngetren ketika Presiden Jokowi memperkenalkan motor chopper miliknya di Istana Negara beberapa waktu lalu.

Ada beberapa ciri khas yang jadi identitas khas motor chopper, seperti posisi setang yang tinggi dan bodinya yang ramping. Yuk berkenalan lebih jauh dengan motor chopper yang digilai banyak biker.

1. Sudah eksis sejak Perang Dunia Kedua

Asal Usul Motor Chopper, Berawal dari Harley Davidson Discovery

Motor bergaya chopper sudah eksis di Amerika Serikat sejak zaman Perang Dunia Kedua. Pada 1960, motor chopper mulai booming lantaran diperkenalkan oleh tentara Amerika Serikat yang menggunakan Harley-Davidson.

Motor dengan bodi yang ramping dan gagah ini mulanya adalah bentuk modifikasi dari Harley-Davidson dengan menghilangkan beberapa bagian yang dianggap tidak terlalu penting fungsinya.

Alasannya untuk menyaingi motor asal Eropa yang lebih ramping dan nyaman untuk dikendarai. Memasuki 1990-an, demam kustomisasi motor chopper melanda Eropa hingga ke Asia, tidak terkecuali Indonesia.

Baca Juga: Motor-motor India Ini Jadi Tuan di Negeri Sendiri  

2. Ciri khas motor chopper

Asal Usul Motor Chopper, Berawal dari Harley Davidson pinterest.com

Mungkin ciri yang paling dapat dikenali adalah setang kemudi yang agak menjulur ke depan. Kemudian motor chopper biasanya menggunakan tangki bensin yang lebih minimalis. Selain itu, kustomisasi ini juga memotong jok menjadi single seater saja, sehingga tidak bisa mengangkut penumpang.

Ban belakang yang digunakan cenderung lebih besar dari ban depan. Untuk bagian yang mengandung logam seperti knalpot, biasanya warna yang digunakan lebih berkilau seperti silver metallic atau metal flake.

3. Apa saja yang perlu disiapkan untuk modifikasi chopper?

Asal Usul Motor Chopper, Berawal dari Harley Davidson sportku.com

Jangan terburu-buru jika kamu ingin mulai modifikasi motor bergaya chopper. Pasalnya, kamu perlu menyiapkan dana terlebih dahulu. Jika uangmu belum cukup, lebih baik ditabung dulu sebelum memulainya. Kemudian, siapkan juga motor yang ingin dijadikan chopper.

Lakukan riset di berbagai situs atau forum otomotif untuk mengumpulkan informasi seputar motor jenis apa yang bisa dimodifikasi, misalnya. Jika semuanya sudah terpenuhi, cari bengkel terpercaya yang sudah berpengalaman dalam melakukan modifikasi motor chopper.

Jadi, apakah kamu sudah siap memodifikasi motor kamu?

Baca Juga: Dibeli Cuma Buat Dimodifikasi, Motor-motor Ini Jadi Buruan

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya