Comscore Tracker

Perhatikan! Sederet Tips Penting Modifikasi Motor Matik

Jangan lupakan faktor keamanan dan kenyamanan

Jakarta, IDN TIMES - Bagi kebanyakan bikers, mungkin spesifikasi standar belum bisa memuaskan hati. Di antara kalian pasti pernah memikirkan untuk memodifikasi motor matik, entah bagian mesin atau tampilan seperti spion hingga knalpot.

Dalam memodifikasi motor matik, tidak boleh sembarangan, loh. Karena jika tidak, maka dikhawatirkan bisa mengganggu kinerja dari motor itu sendiri. Berikut adalah beberapa tips dalam modifikasi motor matik. 

Baca Juga: Jangan Sembarangan, Ini Cara Mengerem Motor Matik yang Tepat

1. Jangan bongkar mesin motor

Perhatikan! Sederet Tips Penting Modifikasi Motor MatikIlustrasi mesin motor bukan disel (motoris.id)

Dalam memodifikasi motor matik, membongkar mesin adalah kegiatan yang paling berisiko terhadap rusaknya mesin. Apalagi, jika kamu belum menguasai cara membongkar-pasang mesin dengan baik.

Modifikasi mesin harus tetap mempertahankan keamanan penggunaan serta fungsi yang optimal. Jika kamu merasa performa motor masih kurang dan ingin mengganti komponen mesin, maka sebaiknya langsung menggantinya dengan yang baru ketimbang modifikasi. Banyak sekali komponen motor matik yang dijual di pasaran untuk meningkatkan performa mesin.

2. Jangan gunakan parts asli untuk modifikasi

Perhatikan! Sederet Tips Penting Modifikasi Motor MatikInstagram

Sebaiknya simpan parts orisinal pabrikan motor kamu dan jangan gunakan itu untuk kebutuhan modifikasi. Apalagi, jika perlu dipotong atau diwarnai.

Kamu bisa gunakan parts aftermarket yang bisa didapat di pasaran. Ini karena harga parts asli bawaan motor tinggi, sehingga kamu tidak akan rugi jika sewaktu-waktu ingin mengembalikan tampilan ke bentuk semula.

3. Modifikasi motor matik bersama ahlinya

Perhatikan! Sederet Tips Penting Modifikasi Motor Matik(ANTARA/HO)

Jika belum bisa atau terbiasa memodifikasi motor matik, mungkin kamu bisa membawanya ke orang yang lebih ahli di bidang tersebut. Ini lebih ditujukan bagi kamu yang ingin memodifikasi mesin motor agar performanya meningkat.

Jangan sampai kamu melakukannya sendiri tanpa didampingi mekanik andal. Karena, kalau tidak, akan berpengaruh pada kondisi mesin yang menjadi rusak setelah dimodifikasi.

4. Pastikan fungsi motor tidak terganggu

Perhatikan! Sederet Tips Penting Modifikasi Motor Matikyamahamotorports.com

Ingat selalu, jangan sampai modifikasi ini berpengaruh pada fungsi dari setiap komponen motor kamu, ya. Karena ini demi keselamatan dan keamanan kamu saat berkendara.

Pastinya, kamu tidak mau mengalami masalah mesin di tengah jalan. Walaupun tampilannya sudah berubah, setidaknya motor kamu harus tetap aman dan nyaman dikendarai, ya. Selamat memodifikasi.

Baca Juga: 3 Alasan Kenapa Skuter Matik Gak Cocok Dibawa Mudik

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya