Comscore Tracker

Tips Mengganti Oli Shock Depan Motor Bebek, Biar Lebih Empuk

Oli shock ternyata ada kedaluwarsanya lho

Jakarta, IDN Times - Salah satu komponen motor yang bertanggung jawab terhadap kenyamana biker adalah shockbreaker depan. Fungsi bagian satu ini meredam getaran. Tapi gak semua biker sreg dengan setelah shockbreaker dari pabrikan.

Banyak dari mereka kemudian memodifikasi bagian tersebut dengan mengatur ulang kapasitas oli. Nah, berikut ini beberapa tips mengganti oli shock depan motor biar lebih nyaman.

1. Ketahui dulu takaran oli standar motor bebek

Tips Mengganti Oli Shock Depan Motor Bebek, Biar Lebih Empukyamaha-motor.co.id

Biasanya, shock depan motor bebek memiliki volume sekitar 50 cc. Volume oli punya pengaruh yang besar terhadap karakter shockbreaker. Volume oli di dalam shock harus pas. Karena kalau terlalu banyak oli akan membuat shock keras. Namun dengan mengurangi oli shock tidak membuatnya empuk, tetapi bisa akan keras juga.

Baca Juga: Pertimbangkan 4 Hal Ini Sebelum Nekat Bore Up Mesin Motor!

2. Kondisi shockbreaker bisa mempengaruhi komponen lain

Tips Mengganti Oli Shock Depan Motor Bebek, Biar Lebih Empukyamaha-motor.co.id

Kondisi shockbreaker juga perlu diperhatikan. Pasalnya, komponen ini berpengaruh penting pada kenyamanan saat berkendara. Selain itu juga dapat mempengaruhi keawetan komponen lain. Salah satunya adalah komstir yang bisa rusak karena kurang mendapat redaman saat motor melewati jalan yang tidak mulus.

3. Oli pada shockbreaker depan punya usia pakai

Tips Mengganti Oli Shock Depan Motor Bebek, Biar Lebih Empukyamaha-motor.co.id

Komponen ini mempunyai usia pakai, sehingga harus diganti secara rutin. Mengganti shockbreaker depan penting agar motor bisa bejalan mulus dan empuk. Kamu harus mengganti oli shock setiap 15.000 hingga 20.000 kilometer atau setiap 1 tahun sekali.

Baca Juga: Mengenal Proses Bore Up Motor, Jangan Terlalu Nafsu Naik CC 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya