Comscore Tracker

Tips Naik Motor Gede untuk Pemula, Biar Tetap Percaya Diri

Naik moge itu gak segampang yang kamu kira loh

Jakarta, IDN TIMES - Apakah kamu pernah melihat sekelompok bikers yang menggunakan moge atau motor gede di jalan raya? Mereka kelihatan keren banget, ya. Tapi tahu gak sih kalau naik moge itu gak segampang yang kamu kira.

Nah, berikut beberapa tips naik moge buat pemula.

1. Kenali dan adaptasi

Tips Naik Motor Gede untuk Pemula, Biar Tetap Percaya Diriinstagram.com/prisia

Pertama, kamu perlu mengenali dan berdaptasi dengan jenis motor ini. Untuk itu, kamu perlu melatihnya dengan cara mendorong motor tersebut ke depan, belakang, kiri, dan kanan. Tujuannya agar kamu bisa mengenali karakter moge sehingga nantinya kamu bisa mengendalikannya. 

Baca Juga: Pilihan Moge Matik Mulai 250 CC hingga 530 CC, Berminat?

2. Cara berkendara

Tips Naik Motor Gede untuk Pemula, Biar Tetap Percaya DiriIlustrasi moge BMW R1200 GS (bikesrepublic.com)

Kedua, kamu perlu memerhatikan cara berkendara yang safety. Umumnya, ada beberapa bagian yang perlu diperhatikan, seperti pengelihatan, bahu, siku, jemari, pinggul, lutut, dan kaki.

Namun perlu diingat, cara berkendara pada setiap jenis motor juga harus disesuaikan, ya. Misalnya jika kamu mengedarai motor tipe supersport akan berbeda feel-nya dengan tipe motor cruiser.

3. Kendali

Tips Naik Motor Gede untuk Pemula, Biar Tetap Percaya Diriinstagram.com/arielnoah

Nah, ini juga perlu diperhatikan. Bagi para pemula, sangat disarankan untuk mengenal sistem pengereman serta porsi gas dengan tenaga yang dihasilkan. Bila tenaga mesinnya besar, maka kamu bisa melatih diri untuk berkendara tanpa menggunakan gas.

Selain itu, kamu juga perlu melatih skill dalam handling. Cobalah untuk belok ke kiri dan kanan, karena bobot moge itu jauh lebih besar, sehingga membutuhkan tenaga ekstra untuk mengendalikannya.

4. Proteksi

Tips Naik Motor Gede untuk Pemula, Biar Tetap Percaya DiriIDN Times/Margith Juita Damanik

Kamu juga perlu menggunakan pelindung tubuh yang baik agar bisa terhindar dari kerugian jika terjadi musibah. Gunakan protektor tubuh seperti helm yang tidak mudah pecah jika terjadi benturan. Selain itu, gunakan juga protektor untuk moge agar segala komponen yang terdapat pada moge tidak mengalami kerusakan.

Baca Juga: Motor-motor Peugeot Ini Desainnya Out of The Box Banget

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya