Comscore Tracker

Selain Kebut-Kebutan, Ini 5 Kelakuan Nyebelin Pengendara di Jalan Raya

Kamu pasti kesal melihatnya!

Buat kamu yang sehari-harinya pulang pergi tempat kerja melewati jalan raya, pasti sudah familier dengan berbagai kelakuan pengendara kendaraan bermotor. Apalagi kalau kamu tinggal di kota besar yang ramai, misalnya Jakarta. Melihat tingkah pengendara yang bikin ingin berkata kasar pasti sudah jadi makanan sehari-hari.

Ya, entah mereka gak tahu aturan atau memang sengaja cuek dengan aturan, ada saja kelakuan pengendara yang bisa jadi latihan kesabaran yang bagus bagi kita. Salah satunya tentu kebut-kebutan. Tapi gak cuma itu, 5 kelakuan yang bikin sebal ini pun pasti pernah kamu lihat di jalan raya.

1. Berlebihan dalam membunyikan klakson

Selain Kebut-Kebutan, Ini 5 Kelakuan Nyebelin Pengendara di Jalan Rayafreepik/nopphonpattanasri

Fungsi utama klakson adalah memberi peringatan kepada orang atau kendaraan di depan bahwa kendaraan kita berada di belakangnya. Itu bisa jadi isyarat supaya mereka bisa segera jalan atau menyingkir. Sayangnya, banyak pengendara yang menggunakannya dengan berlebihan.

Misalnya, jelas-jelas jalanan sedang macet, tapi ada saja pengendara yang membunyikan klakson supaya kendaraan di depannya cepat jalan. Padahal kan macet, ya gimana mau jalan? Atau saat lampu merah, belum sampai sedetik lampu berubah jadi hijau, klakson sudah bersahut-sahutan. Nyebelin banget kan?

2. Memodifikasi knalpot hingga berisik

Selain Kebut-Kebutan, Ini 5 Kelakuan Nyebelin Pengendara di Jalan Rayafreepik/user7814140

Bukan hanya klakson, knalpot kendaraan juga bisa jadi sumber polusi suara paling memekakkan telinga di jalan raya. Yap, ada beberapa pengendara yang sengaja memodifikasi knalpotnya supaya mengeluarkan suara yang bikin gendang telinga mau pecah!

Umumnya, yang melakukan itu adalah pengendara sepeda motor. Tapi ada juga pengendara mobil yang melakukannya. Sepertinya sih, mereka membuat knalpotnya jadi berisik demi mencari perhatian di jalan raya. Gimana menurutmu?

Baca Juga: Tiga Pabrikan Motor Ini Konsisten Bikin Motor Berdesain Klasik

3. Menggunakan lampu jauh yang tidak pada tempatnya

Selain Kebut-Kebutan, Ini 5 Kelakuan Nyebelin Pengendara di Jalan Rayaconfused.com

Lampu jauh atau lampu sorot bisa digunakan untuk menyorot jalanan jauh di depan atau memberi isyarat meminta jalan kepada pengendara lain. Tapi lampu jauh juga bisa menimbulkan ketidaknyamanan pada kendaraan di depan. Jadi kalau ada pengendara yang menggunakan lampu jauh tidak pada tempatnya hingga membuat silau, itu sangat berbahaya dan bikin kesal!

4. Menghalalkan segala cara biar cepat sampai tujuan

Selain Kebut-Kebutan, Ini 5 Kelakuan Nyebelin Pengendara di Jalan Rayathedenverchannel.com

Melanggar lalu lintas sudah pasti jadi salah satu kelakuan paling nyebelin dari pengendara di jalan raya. Beberapa pengendara tampaknya sudah kebelet pergi ke tempat tujuan sehingga mereka menghalalkan segala cara supaya bisa cepat sampai ke sana.

Mulai dari menerobos lampu merah, lawan arah, bahkan sampai melewati trotoar. Seolah mereka bakal celaka kalau gak bisa sampai ke tempat tujuan tepat waktu. Padahal kan justru tindakan mereka itu yang bisa bikin celaka ya!

5. Berjalan terlalu lambat

Selain Kebut-Kebutan, Ini 5 Kelakuan Nyebelin Pengendara di Jalan Rayafreepik/freepik

Gak hanya terlalu cepat alias kebut-kebutan, pengendara yang terlalu lambat pun bisa bikin kesal juga lho! Terutama kalau mereka berjalan di jalur cepat. Kelambatan mereka pun menyebabkan semua kendaraan di belakangnya juga terhambat.

Kalau alasan lambatnya karena masih belum mahir sih, mungkin masih bisa dimaklumi. Tapi kalau itu terjadi karena mereka asyik ngobrol atau main HP, duh jadi ingin berkata kasar rasanya!

Itulah 5 kelakuan pengendara di jalan raya yang bisa membuat sebal, bahkan bisa juga membahayakan. Maka kamu perlu berhati-hati kalau bertemu dengan pengendara yang kelakuannya seperti itu. Dan yang terpenting, tentu kamu gak boleh berkelakuan seperti itu ya di jalan raya!

Baca Juga: Deretan Motor Listrik Ini Mencuri Perhatian di Tokyo Motor Show 2019

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya