Comscore Tracker

Oli Bekas untuk Pelumas Rantai Motor, Boleh atau Tidak?

Hayo, siapa yang sering pakai oli bekas buat rantai?

Jakarta, IDN Times - Berbagai jenis oli khusus motor tersedia di pasaran. Namun, masih ada saja pengendara yang memilih oli bekas untuk pelumas rantai motor. Gak hanya itu, penggunaan cairan penetran atau pelumas mesin pada rantai juga marak dipakai karena dinilai ekonomis.

Lantas, apakah aktivitas menggunakan oli bekas untuk pelumas rantai motor  direkomendasikan? Nah, jika ingin tahu jawabannya, simak ulasan berikut!

Apakah penggunaan oli bekas untuk pelumas rantai motor diperbolehkan?

Oli Bekas untuk Pelumas Rantai Motor, Boleh atau Tidak?ilustrasi oli bekas (revzilla.com)

Menurut berbagai sumber, aktivitas memakai oli bekas untuk pelumas rantai motor kurang tepat karena beda fungsi. Pasalnya, penggunaan cairan khusus rantai bukan hanya sekadar melumasi, tapi juga mereduksi panas.

Oli bekas sudah mengandung debu dan kotoran sehingga membuatnya cepat panas jika digunakan untuk melumasi rantai motor. Oleh karenanya, pengendara disarankan memakai cairan pelumas rantai yang sesuai.

Sementara itu, penggunaan cairan penetran sebagai alternatif pelumas rantai motor pun dikhawatirkan. Pasalnya, cairan ini dapat membuat lapisan grease pada komponen gir rantai larut. Jika hal itu terjadi, maka dapat menyebabkan friksi atau gesekan berlebih yang menimbulkan bunyi atau hal lainnya. 

Merujuk pada uraian tersebut, penggunaan cairan khusus rantai akan lebih baik dan direkomendasikan. Terlebih, pada cairan tersebut terdapat kandungan zat kimia yang tak cuma berfungsi sebagai pelumas, tapi menjadi penahan gesekan. Hal tersebut dapat membuat rantai atau komponen mesin lainnya gak cepat aus ataupun minumbulkan tumpukan debu dan kotoran. 

Kendati demikian, memakai oli bekas untuk pelumas rantai motor masih diperbolehkan dalam keadaan darurat. Sebab, pada dasarnya rantai yang terlumasi masih lebih baik daripada gak sama sekali.

Sekarang tahu kan jika oli bekas untuk pelumas rantai motor sebetulnya gak direkomendasikan. Jadi, usahakan memakai oli khusus rantai motor agar kerusakan berlebih gak terjadi. Nah, jika kamu butuh info otomotif lainnya silakan cek di IDN Times, ya!

Baca Juga: 3 Jenis Pelumas Rantai Sepeda, Jangan Sampai Salah Pilih

Topic:

  • Putri Intan Nur Fauziah
  • Lea Lyliana

Berita Terkini Lainnya