Comscore Tracker

Tips Merawat Motor Biar Lebih Irit BBM

Menjaga kondisi kendaraan agar tetap optimal

Jakarta, IDN Times - Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi beberapa waktu lalu membuat banyak biker menjerit. Sebab kenaikan harga BBM jenis Pertalite lumayan tinggi, dari Rp7.650 menjadi Rp10 ribu per liter.

Tapi apa boleh buat? Harga Pertalite sudah dinaikkan. Satu-satunya cara untuk menghemat adalah dengan memastikan sepeda motor kita dalam performa yang prima. Dengan begitu pembakaran yang terjadi bisa efisien. Konsumsi bahan bakar pun menjadi lebih irit.

Nah, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar motormu selalu dalam kondisi prima sehingga tidak boros bahan bakar.

1. Merawat dan menjaga kondisi busi pada kendaraan

Tips Merawat Motor Biar Lebih Irit BBMbrothermotor.com

Busi merupakan salah satu komponen terpenting untuk pengapian pada kendaraan bermotor, memiliki fungsi memercikan bunga api untuk membakar udara dengan bahan bakar.

Jika pembakaran dalam kondisi sempurna, tenaga yang dihasilkan akan lebih optimal dan konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit.

Ketika busi tak terawat, kinerjanya akan menurun. Salah satu penyebabnya adalah penumpukan  kotoran sisa pembakaran di ujung elektroda, sehingga busi tidak dapat menimbulkan api yang besar, menyebabkan kurang sempurna tenaga mesin yang tidak optimal.

Baca Juga: Step by Step Mengganti Busi Motor

2. Pentingnya membersihkan dan mengganti filter fuel pump

Tips Merawat Motor Biar Lebih Irit BBMIlustrasi filter fuel pump (www.ecstuning.com)

Biker sering kali lupa membersihkan dan mengganti filter fuel pump saat melakukan perawatan sepeda motor. Komponen tersebut yang membuat proses aliran bahan bakar ke ruang pembakaran tetap sempurna dan sesuai dengan kebutuhan kinerja mesin. Asupan bahan bakar yang sesuai akan membuat kinerja mesin lebih optimal.

Bahan bakar yang biasa di isi oleh SPBU tidak mejamin kondisinya bersih seratus persen terhindar dari benda asing, ditambah dengan tangka bensin motor juga tidak sepenuhnya.

Oleh karena itu, menjaga kebersihan dari kotoran yang menempel pada filter fuel pump akan membuat aliran bahan bakar keruang pembakaran tidak terganggu. Sehingga tenaga yang dihasilkan mesin tidak akan berkurang.

3. Melakukan perawatan rutin pada injektor

Tips Merawat Motor Biar Lebih Irit BBMIlustrasi injektor motor (MyPertamina.id)

Di Indonesia kini sudah banyak beredar kendaraan dengan teknologi injeksi, khususnya pada sepeda motor. Perawatan injektor pada kendaraan dapat dilakukan jika pengendara melakukan perawatan dan pemeriksan rutin ke bengkel.

Merawat injektor motor sebenarnya tidak sulit. Diantaranya adalah dengan mengisi bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan dan mengupayakan tangki bahan bakar tidak sering kosong.

Injektor yang dalam kondisi baik akan membuat proses pengkabutan bahan bakar diruang pembakaran tetap sempurna sehingga tidak ada bahan bakar yang terbuang sia-sia.

4. Kondisi filter udara yang bersih

Tips Merawat Motor Biar Lebih Irit BBMIlustrasi filter udara mesin motor (Pixabay.com/Juargen_G)

Filter udara, menjadi salah satu komponen penting pada sebuah kendaraan. Jika kondisinya selalu dalam kondisi bersih dan baik akan membuat aliran udara ke ruang pembakaran menjadi optimal, sehungga proses pembakaran tetap sempurna.

Hal ini karena saat proses pembakaran, sistem injeksi atau karburator akan membutuhkan udara yang bersih, dan itu didapat berkat hasil penyaringan udara melalui filter udara. Namun, jika filter udara kotor tentu berimbas pada proses pembakaran di dalam mesin.

Selain membuat mesin jadi tidak bertenaga, kondisi tersebut dapat merusak komponen mesin jika dibiarkan dalam waktu yang lama.

5. Memperhatikan kondisi rantai/CVT

Tips Merawat Motor Biar Lebih Irit BBMPixabay

Rantai/cvt menjadi salah satu bagian yang harus selalu diperhatikan oleh pengendara. Keberadaannya sangat memengaruhi kualitas berkendara selama di jalan dan merupakan salah satu bagian yang cukup vital bagi kendaraan.

Merawat dan menjaga kondisi akan membuat usia pemakaiannya jadi lebih tahan lama. Selain itu, proses transfer tenaga dari mesin ke roda belakang tetap optimal.

Jika kondisi rantai/cvt tak terjaga kondisinya, bisa menghambat proses transfer tenaga ke roda belakang. Akibatnya performa mesin akan menurun.

Kondisi rantai/cvt yang tak terawat dapat membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih boros dan menyebabkan kerusakan pada komponen lainnya.

6. Daya cengkram ban yang baik ke aspal

Tips Merawat Motor Biar Lebih Irit BBMilustrasi ban motor (unsplash.com/Harley-Davidson)

Ban merupakan salah satu komponen yang cukup vital pada sebuah kendaraan. Dengan ban sepeda motor dapat bergerak menyusuri jalan.

Selain menjadi penunjang keamanan dan kenyamanan berkendara, kondisi ban juga memengaruhi konsumsi bahan bakar. Hal itu diakibatkan oleh daya cengkram ke aspal yang tak sempurna atau bobot berlebih dan tak sesuainya ukuran ban sesuai anjuran pabrik.

Kondisi ban yang tak terawat dapat mengakibatkan tekanan angin yang berkurang, berkurangnya daya cengkram ke permukaan jalan hingga mudah slip saat berkendara. Penggunaan tenaga yang tersalur ke roda belakang menjadi tak optimal.

Untuk menjaga komponen sepeda motor dalam keadaan baik maka perlu dilakukan perawatan berkala sesuai buku panduan agar penggunaannya bisa berjalan dengan optimal.

Baca Juga: Ini Kelebihan Ban Tubeless Dibanding Ban Dalam

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya