Comscore Tracker

Starter Motor Mati? Cek 5 Bagian Ini 

Apa masih zaman menghidupkan motor pakai engkol?

Bagi pengguna sepeda motor, terutama kaum hawa, pasti bakal kesulitan apabila starter elektrik mengalami kerusakan hingga mau tidak mau motor harus diengkol terlebih dahulu.

Karena itu starter elektrik harus selalu dirawat biar moncer terus. Sebab perawatannya gak sulit kok. Tapi, kalau stater sudah rusak, biaya perbaikannya lumayan mahal.

Nah, berikut beberapa bagian yang harus kamu cek ketika starter elektik motormu bermasalah.

1. Aki

Starter Motor Mati? Cek 5 Bagian Ini dok. pribadi/Rendy Okto

Aki atau baterai adalah sumber daya penggerak dinamo. Baterai yang bagus mempunyai daya lebih dari 12 volt bila dilihat menggunakan multitester. Jika baterai kamu kurang dari itu segera lepas lalu bawa ke tukang baterai untuk melakukan pengecasan. Untuk baterai tipe basah, upayakan beberapa minggu sekali untuk melihat apakah air aki berada di bawah garis lower atau tidak. Jika sudah artinya perlu diisi air aki sampai garis upper.

Untuk memperpanjang usia pakai sebenarnya ada banyak cara. Tapi yang paling sederhana adalah dari kita sendiri sebagai pengguna. Seperti langsung mematikan kontak begitu motor selesai digunakan, memperhatikan komponen yang memungkinkan menyedot strum baterai terlalu banyak, misal stop lamp yang terus hidup meski rem tidak ditarik, dan menggunakan aksesoris yang berlebihan. Bila hal ini terjadi maka baterai terancam kehabisan daya lebih cepat hingga ujung-ujungnya tidak bisa memutar armature, atau angker dinamo.


Jika sudah muncul gejala starter berat ketika ditekan, alangkah baiknya untuk mengecek apakah komponen pengisian yang tidak berjalan normal atau adanya daya yang terbuang seperti tulisan di atas. Aki yang berasal dari bawaan pabrik tentu sudah memenuhi standar dan punya kualitas jempolan. Maka jangan sia-siakan hal itu dengan mengabaikan perawatan yang cenderung sederhana itu, ya.

2. Dinamo

Starter Motor Mati? Cek 5 Bagian Ini dok. pribadi/Rendy Okto

Komponen ini merupakan bagian rumit yang mungkin perlu pengalaman untuk bisa memperbaiki bila terjadi kerusakan. Jika baterai kamu masih bagus tapi hanya bunyi "ctek-ctek" ketika tombol ditekan, mungkin komponen ini yang perlu dibongkar.

Biasanya seiring pemakaian, sepasang arang di dalam dinamo akan habis dan perlu diganti. Dalam kasus lain, magnet bisa lepas dari dinding dinamo apabila sudah lama tidak digunakan. Jika ini terjadi biasanya bengkel akan menggunakan lem untuk merekatkan kembali.

Atau jika tidak memungkinkan seperti magnet yang mengalami pecah parah, maka kemungkinan akan diganti satu set dinamo yang baru. Angker yang tugasnya berputar juga bisa mengalami kerusakan hingga perlu diganti.

3. Tombol

Starter Motor Mati? Cek 5 Bagian Ini dok. pribadi/Rendy Okto

Apabila dua komponen di atas masih berfungsi dengan baik, tapi starter tidak bisa nyambung bisa jadi tombol starter ini biang masalahnya.

Susunan plat yang berada di dalam tombol tertutup kotoran hingga rangkaian kelistrikannya tidak bisa terhubung. Jika ini terjadi maka cukup dibersihkan saja.

Untuk pencegahan alangkah baiknya motor kamu berada di tempat teduh ketika hujan tiba. Air hujan yang menetes deras bisa membuat lempengan logam berkarat. Hal ini juga berlaku untuk tombol klakson, lampu sein, dan saklar lampu utama.

4. Relay

Starter Motor Mati? Cek 5 Bagian Ini bendik (dok. pribadi/rendy okto)

Sewaktu menekan tombol starter elektrik, bagian inilah yang bertugas meneruskan arus listrik dari aki ke dinamo, juga ketika jempol melepas tekanan tombol, bagian ini juga yang memutus arus supaya dinamo berhenti bekerja.

Untuk mendeteksi kerusakan ini sebenarnya mudah. Jika bendik atau relay berbentuk kotak cukup pakai potongan kabel lalu masukkan dari belakang ke dua kabel yang berukuran besar. Dan untuk bendik bulat, siapkan obeng dan tempelkan ke kedua tonjolan baut yang biasanya berwarna kuning atau putih.

Apabila dinamo bekerja maka relay inilah yang harus diganti. Tapi jika tidak maka kemungkinan besar bagian dinamo yang mengalami kerusakan.

5. One Way

Starter Motor Mati? Cek 5 Bagian Ini dok. pribadi/Rendy Oktoa

Ciri-ciri kerusakan komponen ini ialah sistem starter bekerja dengan baik namun motor tidak bisa hidup dan suara yang dihasilkan lebih kasar dari biasanya. Ini terjadi karena putaran angker tidak mampu diteruskan ke poros engkol karena rusaknya one way.

Dinamakan one way atau sistem satu arah karena hanya bekerja ketika starter dinyalakan dan akan langsung kembali begitu tombol stater tidak ditekan. Bila komponen ini rusak maka kemungkinan besar akan diganti oleh mekanik.

Anda bisa melakukan beberapa pemeriksaan di atas apabila starter elektrik mati, atau bawa ke bengkel yang kamu percaya. Semakin cepat penanganan maka kerusakan yang ditimbulkan tidak semakin parah. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: 4 Tips Memilih Motor Buat Touring

Rendy Okto Photo Writer Rendy Okto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya