Comscore Tracker

3 Cara Mudah Merawat Klakson Motor Biar Selalu Nyaring Bunyinya

Klakson juga harus dirawat supaya gak soak!

Jakarta, IDN Times - Klakson termasuk komponen penting bagi setiap kendaraan, salah satunya motor. Bunyi klakson menjadi isyarat bagi setiap pengendara saat di jalanan. Seperti memperingati pengendara lain agar lebih waspada atau hanya sekadar bertegur sapa satu sama lain.

So, kamu wajib banget nih merawat klakson motor agar selalu berbunyi nyaring dengan beberapa cara berikut ini. Sehingga, suaranya bisa terdengar jelas oleh pengguna jalan lainnya.

1. Hindari air yang bertekanan tinggi saat mencuci motor

3 Cara Mudah Merawat Klakson Motor Biar Selalu Nyaring Bunyinya(IDN Times/Dwi Agustiar)

Salah satu cara paling simpel dalam merawat sepeda motor adalah menjaga kebersihannya. Maka itu, kamu diharapkan untuk rutin mencucinya minimal satu kali dalam seminggu. Nah, ada satu hal yang perlu diingat dalam mencuci motor, yaitu hindarilah menyiram klakson dengan air yang bertekanan tinggi.

Upaya tersebut dilakukan karena air yang bertekanan tinggi tersebut, kemungkinan dapat masuk ke bagian dalam klakson yang sulit dikeringkan. Air ini juga mampu menimbulkan benturan di dalam klakson, sehingga dapat merusak komponen yang mendukung menyalanya klakson.

Baca Juga: Hanya Ada Motor Listrik di Asmat, Klakson pun Dilarang

2. Menjaga kebersihan klakson

3 Cara Mudah Merawat Klakson Motor Biar Selalu Nyaring BunyinyaKlakson motor (unsplash.com)

Menjaga kebersihan klakson juga penting dilakukan agar bunyinya tetap nyaring. Perhatikanlah di setiap bagiannya, jangan sampai terdapat karat pada konektornya. Karat tersebut biasanya disebabkan karena konektor tidak mengering secara maksimal setelah pencucian. Sehingga, konektor gak bisa menyalurkan arus listrik dari penyuplai.

Hal tersebut juga dapat terjadi apabila debu dan kotoran menumpuk pada konektor. So, kamu bisa membersihkannya dengan menggunakan cairan peneteran atau contact cleaner. Cairan ini dapat membersihkan debu sekaligus karat yang kemungkinan tersangkut di kabel konektor.

Baca Juga: Yuk! Kenali Jenis-jenis Klakson 

3. Periksa aki motor secara berkala

3 Cara Mudah Merawat Klakson Motor Biar Selalu Nyaring Bunyinyayoungchoppers.com

Nah, sebagai antisipasi terjadinya bunyi klakson motor yang gak nyaring. Sebaiknya kamu periksa aki motor secara berkala, pastikan apakah ada arus listrik yang menurun atau terputus?

Cara memeriksanya cukup mudah, cukup cek sambungan kabel ke arah klakson menggunakan test pen. Pastikan juga tidak ada soket atau sambungan kabel yang terlepas. Jika kamu gak ingin keliru, sebaiknya lakukan pembersihan maupun pemeriksaan klakson di bengkel resmi.

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya