Comscore Tracker

5 Aksesori Futuristik Buat Biker, Biar Keren dan Kekinian

selain jaga keselamatan, bisa bikin kamu tampak kece juga.

Jakarta, IDN Times – Aksesori motor seharusnya gak hanya berfungsi sebagai pemanis, tapi juga harus fungsional. Nah, beberapa aksesori ini gak hanya akan mendongkrak penampilanmu saat naik motor, tapi juga sangat bermanfaat untuk keselamatan.

Selain itu aksesori-aksesori ini juga sangat futuristik dan canggih. Sehingga kamu akan terlihat lebih keren dan kekinian saat memakainya.

1. Rompi motor reflective

5 Aksesori Futuristik Buat Biker, Biar Keren dan Kekinianilustrasi rompi motor reflektif (walmart.ca)

Penting banget untuk menggunakan rompi motor reflective jika kamu hendak berkendara malam. Pasalnya, rompi ini memiliki bahan bersifat dasar cermin. Jadi, ketika aksesori ini terkena cahaya, maka rompi akan memantul cahaya tersebut dengan warna yang sama.

Ada pula rompi jenis fluorescent yang merupakan saingan dari rompi reflective, hanya saja rompi tersebut memntulkan cahaya yang berbeda dan gak dapat bekerja di kondisi  luas seperti rompi reflective. Tapi, apapun jenis rompi yang kamu pakai, paling tidak keduanya dapat berkontribusi pada situasi kamu di jalan saat malam hari, apalagi kondisi jalanan dengan pencahayaan yang buruk.

Baca Juga: Motor Bensin Jadi Motor Listrik, Ini Komponen yang Dibutuhkan

2. Jaket airbag

5 Aksesori Futuristik Buat Biker, Biar Keren dan KekinianIlustrasi jaket airbag (ldarj.in)

Aksesori keren selanjutnya yang dapat kamu gunakan adalah jaket airbag. Sesuai dengan namanya, tentu airbag dalam jaket ini memiliki fungsi yang sama seperti airbag mobil. Airbag pada jaket ini akan mengembang jika kamu mengalami kecelakaan di jalan. So, airbag akan melindungi bagian rawan tubuh, terutama pada leher dan perut, saat terjadi benturan.

Saat ini banyak pasaran yang menjual jaket airbag dengan berbagai desain yang kamu inginkan. Sehingga, kamu bisa tetap tampil kece saat mengendarai motor. Jaket ini bisa kamu gunakan bersamaan dengan rompi reflevtive agar mengurangi risiko bahaya.

3. Smart brake module

5 Aksesori Futuristik Buat Biker, Biar Keren dan KekinianIlustrasi smart brake module (calimoto.com)

Terdapat juga aksesori untuk motormu untuk menjaga keselamatan, yaitu smart brake module atau modul rem pintar. Nah, saat berkendara biasanya kamu memberi sinyal lampu motor bagian belakang, dengan cara mengeremkan motor. Cara tersebut berguna sebagai isyarat kepada pengendara di belakangmu, agar lebih berhati-hati sehingga gak menabrak.

Nah, dengan menambahkan modul rem pintar di lampu belakang dapat mempraktiskan cara sebelumnya. Pasalnya, saat komponen ini terpasang lampu belakang kamu dapat menyala saat kamu melepas gas untuk mengurangi kecepatan dan sekaligus memberi sinyal kepada pengendara di belakang kamu. Sehingga, kamu gak perlu capek-capek mengerem untuk mengisyaratkan pengendara lain.

4. Smart turn system

5 Aksesori Futuristik Buat Biker, Biar Keren dan KekinianIlustrasi smart turn system (adventuremotorcycle.com)

Ketika ingin membelokkan motor, biasanya kita langsung cara menggeserkan tombol lampu sen. Nah, hal ini bakal susah dilakukan, entah ketika jarimu sedang sakit atau dalam kondisi mau memakai sarung tangan yang cukup tebal.

Dengan menambahkan smart turn system, maka lampu sen akan menyala secara otomatis. Jadi, kamu gak perlu khawatir salah-salah menyalakan lampu sen, yang sering menyebabkan kecelakaan di jalan.

5. Smart helmet

5 Aksesori Futuristik Buat Biker, Biar Keren dan KekinianIlustrasi smart helmet (knowtechie.com)

Selanjutnya, ada smart helmet atau helm pintar. Helm garapan perusahaan SKULLY ini sudah beredar sejak 2013. Beberapa teknologi yang bisa kamu nikmati dari helm ini antara lain HUD display, 180 derajat kamera belakang, pengendali suara, dan smart connectivity. 

Produk teranyar smart helmet kini memakai brand ‘Fenix AR helmet’. Dalam produk terbaru ini kamu bisa menikmati sensasi HUD display dengan setengah harga SKULLY dengan menggunakan Nuvis Head-Up Display. Perusahaan pembuat NUVIZ HUD mengklaim, NUVIZ HUD bisa dipasang di helm apa pun.

Baca Juga: 5 Motor Baru di Bawah Rp15 Juta, Ada Matic hingga Motor Listrik

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya