Comscore Tracker

5 Kelebihan Lampu LED, Bikin Riding Malam Lebih Aman  

Lebih terang, lebih hemat energi

Jakarta, IDN Times – Hampir semua pabrikan motor kini tak lagi menggunakan lampu bohlam pada produk terbaru mereka. Sebagai gantinya mereka kini menggunakan lampu Light Emitting Diode (LED).

Sebab lampu LED dinilai memiliki banyak keunggulan dibadingkan lampu bohlam. Nah, berikut beberapa alasan kenapa pabrikan kini lebih suka menggunakan lampu LED dibandingkan bohlam pada motor-motor terbaru mereka.

1. Lebih hemat

5 Kelebihan Lampu LED, Bikin Riding Malam Lebih Aman  motorbikewriter.com

Pada dasarnya lampu merupakan komponen terpenting, bahkan saat ini kamu akan kena tilang jika lampu motormu gak menyala pada siang hari. Nah, karena terlalu sering menggunakan lampu khusunya berjenis bohlam, biasanya kamu akan sering mengganti high beam yang hanya membuat uang menjadi boros.

Tapi, kau gak perlu khawatir jika motor kamu menggunakan lampu LED. Sebab, gak perlu perawatan yang berlebih. Kamu hanya butuh servis rutin saja untuk memeriksa kondisi lampu, jadi kantung akan lebih hemat deh.

Baca Juga: Lampu Belakang Motor Kok Sering Mati? Cek 3 Bagian Ini

2. Awet

5 Kelebihan Lampu LED, Bikin Riding Malam Lebih Aman  visordown.com

Hal yang paling dibanggakan dari lampu LED adalah gak gampang putus, jadi pemakaiannya sangat awet. Sebab, daya yang dibutuhkan oleh LED ini cenderung kecil, berbeda dengan lampu bohlam.

Wajar saja jika bohlam gak awet, karena memang dayanya terlalu bes­a­­r sehingga menyebabkan bohlam menjadi panas dan putus. LED mempunyai kempampuan untuk mengontrol suhu panas yang dikeluarkan saat memancarkan cahaya, meski dihidupkan untuk waktu yang sangat lama.

3. Lebih terang dan fokus

5 Kelebihan Lampu LED, Bikin Riding Malam Lebih Aman  istockphoto.com

Kalau kamu menggunakan lampu LED dengan kualitas yang baik atau original, pasti sorotan cahaya akan lebih terang. Bahkan cahaya yang dihasilkan bisa menyorot lebih jauh ke arah jalanan. Hal itu disebabkan adanya arus bolak balik yang dihasilkan lampu sehingga cahaya lampu jadi lebih stabil.

Kamu juga gak perlu khawatir soal fokus pada LED. Sebab fokus lampu LED lebih baik ketimbang bohlam. Karena itu menggunakan lampu LED akan membuat riding malah hari menjadi lebih nyaman. 

4. Tidak goyah

5 Kelebihan Lampu LED, Bikin Riding Malam Lebih Aman  anandastoon.com

Lampu LED memiliki ketahanan yang tangguh sehingga tidak akan goyah terhadap goncangan. Sebab, penempatan lampu ini juga sangat praktis karena bentuknya sangat kecil. So, gak butuh ruang terlalu besar pada motor untuk menempatkan LED.

5. Hemat energi

5 Kelebihan Lampu LED, Bikin Riding Malam Lebih Aman  richmondhondahouse.com

Hebatnya lagi, lampu ini sangat hemat energi karena daya yang digunakan untuk menyalakan lampu gak terlalu besar. Misal, seperti lampu LED hanya butuh 11-14 volt saja, namun bisa dinyalakan selama 20 ribu jam lamanya.

Berbeda dengan bohlam biasa yang membutuhkan daya sebesar 35 watt hanya untuk menyalakan lampu selama 500 jam. Tentu perbandingannya cukup drastis jika ingin hemat daya. Dan yang gak kalah penting, LED dapat membuat motor terkesan elegan dan sporty, maka gak heran jika banyak peminat motor dengan lampu LED saat ini.  

Baca Juga: 5 Alasan Harus Mematikan Lampu Kabin Mobil Saat Berkendara Malam

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya