Comscore Tracker

5 Rekomendasi Motor Adventure, Bikin Nyaman Saat Bertualang

Tenang, ada yang terjangkau kok!

Jakarta, IDN Times - Berpetualang menggunakan motor sudah menjadi hobi sebagian orang. Apalagi jika perjalanan yang ditempuh cukup jauh dan mengarungi beberapa medan yang sangat menantang.

Karena itu, saat ini banyak pabrikan yang menawarkan motor adventure dengan spesifikasi yang beragam namun sangat cocok untuk bertualang. Kalau kamu ingin membeli motor adventure, tapi bingung mau pilih yang mana? So, simak ulasan berikut ini.

1. Kawasaki Versys-X 250

5 Rekomendasi Motor Adventure, Bikin Nyaman Saat Bertualangenglish.newstracklive.com

Motor adventure yang paling direkomendasikan adalah Kawasaki Versys-X 250. Motor ini merupakan perintis di kelas motor sport adventure 250 cc di pasar Indonesia. Kawasaki Versys-X 250 sangat mampu menaklukkan tantangan di segala medan, baik di jalan beraspal, tanah berlumpur maupun berbatu. Harganya Rp70,6 juta (OTR Jakarta)

Tampilan motor ini tampil gagah dan tinggi, sertq dilengkapi komponen pendukung agar nyaman saat diajak bertualang. jok-nya lebar dan bertingkat, bagian belakang sudah dilengkapi dengan bracket untuk pemasangan boks juga. Suspensi depan model teleskopik panjang, rangka backbone, kombinasi pelek 19 inci di depan, dan 17 inci di belakang.

Masalah dapur pacu, Kawasaki Versys X 250 gak perlu diragukan sebab menggendong mesin berkapasitas 249 cc, 2-silider, berpendingin cairan, DOHC. Mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga hingga 34 Hp di 11.500 rpm dan torsi 21,7 Nm pada 10.000 rpm.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Motor Bergaya Retro dari Kawasaki 

2. KTM 250 Adventure

5 Rekomendasi Motor Adventure, Bikin Nyaman Saat BertualangGoogle Chrome

Belum lama ini juga muncul motor adventure penyaing Kawasaki Versys X 250, yaitu KTM 250 Adventure. Kehadirannya sungguh menggiurkan masyarakat yang menginginkan motor tualang dengan harga lebih terjangkau, sekitar Rp 79 juta (OTR Jadetabek).

KTM 250 Adventure dilengkapi dengan mesin 248,8 cc, 1-silinder, DOHC, 4 katup, pendingin cairan, dan berpengabut injeksi. Kabarnya motor ini mampu menarik tenaga maksimal sampai 29,5 daya kuda dan torsi puncak sampai 24 Nm. Daya tersebut disalurkan lewat transmisi manual kopling 6-percepatan.

Canggihnya, KTM 250 Adventure sudah tersedia dengan panelmeter LCD full digital yang menampilkan ragam informasi penting dari kendaraan. Bahkan sudah disematkan assist and slipper clutch, ABS offroad, kontrol traksi, dan riding modes yang bisa disesuaikan dengan keinginan pengendara, keren bukan?

Nah, untuk konstruksi kaki-kaki, motor ini sudah menggunakan suspensi upside down di depan, lalu dikombinasi dengan suspensi monoshock di bagian belakang.

3. BMW G310GS

5 Rekomendasi Motor Adventure, Bikin Nyaman Saat Bertualangbmwmotorcycles.com

Selain itu, ada BMW G310GS yang memiliki desain gak kalah modern. Kabar baiknya, motor ini mudah dikendarai serta sangat cocok dengan postur tubuh rider Indonesia. Saat ini dirinya dijual Rp133 juta tipe standar dan Rp142 juta tipe adventure, yang mampu untuk off the road.

BMW G310 GS memiliki postur tinggi dan kokoh. Ciri khasnya pakai model fairing ala paruh burung khas seri GS serta windshield kecil di atas lampu utama. Bagian belakangnya dibikin meruncing sehingga motor tampak lebih sporty. Ya, hampir serupa dengan BMW G1200GS.

BMW G310 GS mengendong mesin berkapasitas 313 cc, DOHC, 1-silinder, 4 katup, two overhead chamshaft, berpendingin cairan. Dan gak kalah penting, emisinya sudah disesuaikan standar emisi Euro 4 yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 34 Hp pada 9.500 rpm dan torsi puncak 28 Nm di 7.500 rpm. Kuda besi ini melaju hingga kecepatan 143 km/jam.

Biar tahan banting di segala medan jalanan, maka motor ini terpasang suspensi upside down berdiameter 41 mm pada bagian depan, dan suspensi monoshock di bagian belakang yang bisa diatur tingkat preload-nya sesuai kebutuhan. Dilengkapi juga dengan pelek alloy 19 inci untuk depan dengan ban berukuran 110/80. Sedangkan belakangnya 17 inci dengan dibungkus kulit bundar 150/70.

Sistem pengereman menggunakan disc brake berdiameter 300 mm yang dijepit 4 piston radial kaliper di depan dan bagian belakang pakai 240 mm single piston. Manariknya, turut dilengkapi dengan fitur Anti-lock Braking System (ABS) dan bisa dinon-aktifkan agar lebih gampang mengerem di medan sulit.

4. Royal Enfield Himalayan

5 Rekomendasi Motor Adventure, Bikin Nyaman Saat BertualangIlustrasi motor Royal Enfield Himalayan (royalenfield.com)

Buat kamu yang suka desain klasik, tenang saja di Indonesia juga sudah hadir motor adventure berdesain klasik, Royal Enfield Himalayan. Headlamp bulat di depan mencirikan khas motor tualang zaman dulu. Saat ini Himalayan dibanderol seharga Rp128  juta.

Motor ini dilengkapi windshield dan spion bulat. Panel instrumen berbentuk bundar yang dikombinasikan dengan panel digital. Bagian speedometer masih analog, tapi di bawahnya ada penunjuk digital.

Royal Enfield Himalayan memakai jok model menyatu tapi bagian belakang dibuat tinggi dan sudah disediakan dengan rak kecil untuk membawa barang. Bagian samping juga sudah disediakan lubang jika ingin menambahkan pannier atau tas samping.

Kaki-kaki depan menggunakan pelek 21 inci ban 90/90 dan belakang 17 inci dibalut 120/90. Suspensi depan punya jarak main 220 mm, sementara belakang 180 mm. Tunggangan ini bermesin 411 cc satu silinder 4-tak SOHC. Menghasilkan 24,5 Hp pada 6.500 rpm dan torsi 32 Nm di 4.250 rpm.

5. Honda CB150X

5 Rekomendasi Motor Adventure, Bikin Nyaman Saat BertualangNew Honda CB150X. (Dok. Honda)

Nah, buat kamu yang memiliki budget limit tapi kepingin banget mempunyai motor adventure biar bisa berpetualang kemana saja. Jangan khawatir, sebab ada Honda CB150X, yaitu motor adventure 150cc pertama di Indonesia. So, harganya gak begitu mahal sekitar Rp 32,95 juta (OTR Jakarta) untuk varian standar dan Rp 3,45 (OTR Jakarta) untuk varian SE.

Kapasitas mesinnya sebesar 150 cc, DOHC, 4 katup, berpendingin cairan. Spek diameter x langkah 57,3 mm x 57,843 mm. Mesin ini memiliki rasio kompresi 11,3: 1 dan menggunakan tipe transmisi manual 6-percepatan. Sehingga mampu menghasilkan tenaga 15,4 hp pada 9.000 rpm dan torsi maksimum 13,8 Nm pada 7.000 rpm.

Baca Juga: Dua Hari Bersama Royal Enfield Himalayan, Apa Saja Kelebihannya?

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya