Comscore Tracker

5 Tips Memilih Sepatu Bot Buat Riding

Riding jadi lebih aman menggunakan sepatu bot

Jakarta, IDN Times - Menggunakan sepatu bot saat riding bukan cuma sekadar untuk bergaya saja. Sebab sepatu bot juga berfungsi sebagai pelindung kaki saat terjatuh atau terjadi kecelakaan.

Tapi rider gak boleh sembarang memilih sepatu bot untuk riding. Ada beberapa tips dalam memilih sepatu bot tersebut. Berikut beberapa di antaranya.

1. Menggunakan bahan kulit yang tebal

5 Tips Memilih Sepatu Bot Buat RidingIlustrasi menggunaka sepatu bot untuk berkendara (locancelle.com)

Meskipun sepatu bot memiliki ketebalan kulit yang beragam, kamu disarankan menggunakan sepatu dengan kulit yang tebal dan fleksibel dalam berkendara sehari-hari. Sebab hal tersebut mampu membantu rider untuk menggerakkan kaki secara bebas, bahkan mendapatkan perlindungan secara keseluruhan.

Semisal saat kamu terjatuh dari motor, tentu sepatu bot dengan kulit tebal ini gak gampang robek. So, mampu melindungi kaki rider goresan dan memar dari benda tajam. Masalah keawetannya pun gak perlu diragukan lagi.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Aksesori Motor Touring Wajib Punya

2. Usahakan terbuat dari sol karet

5 Tips Memilih Sepatu Bot Buat RidingIlustrasi menggunakan sepatu bot (nicksboots.com)

Tentu kita sangat membutuhkan sepatu bot dengan daya cengkram yang kuat untuk berkendara. Maka itu kamu harus menggunakan sepatu bot dengan sol karet, yang mampu memberi daya cengkram. Sehingga kaki tidak slip atau tergelincir, saat melewati jalan yang licin. Bahkan, bisa melindungi kaki dari benda tajam juga.

3. Badan bot yang dijahit ke sol

5 Tips Memilih Sepatu Bot Buat RidingIlustrasi sepatu bot untuk berkendara (nicksboots.com)

Sol dengan daya cengkram kuat saja gak cukup. Sebab sepatu bot yang baik adalah badan sepatunya dijahit, menyatu dengan kuat dengan sol sepatu. So, bukan sekedar ditempel menggunakan lem untuk menyatukannya.

Mungkin hal tersebut sangat sepele, tapi sangat berperan untuk memastikan bahwa sepatu bot gak robek di bagian sol, ketika rider terjatuh dari sepeda motor. Jangan salah juga, sol yang dijahit juga membantu daya tahan sepatu dan memungkinkan pengguna untuk menggunakannya selama bertahun-tahun, lho.

4. Sepatu bot cocok dengan segala cuaca

5 Tips Memilih Sepatu Bot Buat RidingIlustrasi sepatu bot untuk berkendara (nicksboots.com)

Kamu juga harus menggunakan sepatu bot yang bisa menjaga kaki agar tetap kering dalam kondisi apapun. So, pilihlah sepatu yang tahan air meski terbuat dari kulit yang dipoles, seperti suede. Hal ini bertujuan untuk melindungi kaki ketika hujan atau secara tidak sengaja menginjak genangan air.

Jangan lupa juga memilih bot yang memiliki ventilasi yang baik sehingga kaki masih bisa bernafas meski kondisi cuaca dan jalan sedang panas. So, kaki selalu dalam kondisi nyaman dan betah menggunakan sepatu dalam waktu yang lama.

5. Memiliki tali sepatu yang kuat

5 Tips Memilih Sepatu Bot Buat RidingIlustrasi sepatu bot untuk berkendara (nicksboots.com)

Kalau kamu tertarik membeli sepatu bot untuk berkendara sehari-hari, sebaiknya pilih lah sepatu yang bertali. Bukan tanpa sebab, sepatu tali menawarkan beberapa keuntungan buat kamu, lho. 

Salah satunya sepatu bisa dilonggarkan atau dikencangkan terutama jika pengendara sepeda motor menggunakan kaus kaki. Belilah sepatu dengan tali yang tebal, kalau bisa terbuat dari bahan yang keras dan tahan lama seperti ripcord.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Motor Touring di Indonesia, Bikers Wajib Tahu!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya