Comscore Tracker

8 Cara Simpel Merawat Motor Sport

Motor sport perlu dirawat biar performanya terjaga

Jakarta, IDN Times - Motor sport tak pernah kehilangan penggemar. Sebab, selain desainnya yang keren banget, motor satu ini juga dibekali mesin yang sangat mumpuni. Motor sport cocok banget buat kamu yang doyan ngebut.

Seperti motor-motor lainnya, motor sport juga perlu perawatan. Nah, berikut cara gampang merawat motor sport biar selalu kinclong dan terjaga performanya.

1. Panasi motor setiap pagi

8 Cara Simpel Merawat Motor Sportwsj.com

Sama seperti motor lainnya, motor sport juga wajib dipanasi setiap pagi, walaupun tidak ingin digunakan. Apalagi kalau motor memang jarang dipakai, tentu memanaskan mesin menjadi hal yang paling dianjurkan. 

Cara ini harus rutin dilakukan karena berguna untuk menjaga komponen mesin motor agar dapat bekerja secara optimal. Sehingga, mesin gak cepat rusak meski jarang digunakan.

Baca Juga: Deretan Motor Sport 2-Tak Ini Jadi Incaran Kolektor

2. Pakai bahan bakar dengan kualitas tinggi

8 Cara Simpel Merawat Motor SportPengisian bahan bakar minyak jenis Pertamax dan Pertamax Turbo di SPBU . IDNTimes/Holy Kartika

Rangkaian komponen mesin motor sport terbuat dari bahan yang berkualitas tinggi. Kerena itu, memakai bahan bakar dengan kualitas tinggi atau beroktan 90 ke atas. Dengan cara ini, mesin motor dijamin akan bekerja dengan baik dan gak gampang rusak.

3. Rutin mengecek oli

8 Cara Simpel Merawat Motor Sport

Hampir seluruh mesin motor dapat bekerja dengan lancar karena adanya pelumasan oli pada mesin. So, penting bagi kamu untuk rutin mengecek kondisi oli, terlebih lagi kendaraan yang digunakan adalah motor sport.

Jika oli sudah tampak keruh dan kotor, maka kamu sebaiknya segera ganti dengan yang baru. Waktu yang ideal untuk mengganti oli yaitu 1-2 bulan sekali, tergantung seberapa seringnya kamu menggunakan kendaraan.

4. Perhatikan kondisi sistem kelistrikan

8 Cara Simpel Merawat Motor Sportpexels.com/(Pixabay)

Sama seperti motor lainnya, sistem kelistrikan motor sport juga harus sering diperhatikan. Apalagi motor sport hanya memakai starter electric. Tanpa adanya sistem ini, tentu motor gak akan bekerja sesuai fungsinya.

Periksalah kelistrikan mulai dari aki, jika kondisinya kotor bahkan berkerak, bersihkanlah segera agar pergerakan arus listrik tidak terhambat. Lalu, perhatikanlah apakah aki masih layak dipakai atau tidak?

5. Servis motor secara rutin

8 Cara Simpel Merawat Motor SportMotor Sport New Honda CBR150R (Dok. IDN Times)

Motor sport membutuhkan tarikan mesin yang kuat, maka kamu harus rutin servis motor. Dalam menyervisnya kamu membutuhkan montir yang piawai mengotak-atik motor sport, gak boleh sembarang orang. Maka dianjurkan untuk membawanya ke bengkel resmi terdekat.

Jika kamu mengalami gejala spare part rusak, segeralah pergi menyervisnya. Sebab, motor sport lebih berisiko kalau ada satu aja komponennya yang rusak karena bisa merambat ke komponen lainnya.

6. Perhatikan kondisi ban dan rantai

8 Cara Simpel Merawat Motor Sportmotorbiscuit.com

Mengingat motor sport mengutamakan kecepatan tinggi, maka wajib banget untuk periksa kondisi ban dan rantai secara berkala. Pastikan keduanya dalam kondisi aman. Kalau ban sudah halus dan tipis segeralah menggantinya, karena hal ini dapat menyebabkan risiko kecelakaan.

Sedangkan rantai motor, gak boleh dibiarkan terlalu kering atau aus. Kamu harus rutin melakukan pelumasan, apabila rantai sudah kendur kamu juga diharapkan untuk menggantinya dengan yang baru demi keamanan dan kenyamanan saat berkendara.

7. Jangan sering melakukan bongkar pasang

8 Cara Simpel Merawat Motor SportCommons.wikimedia.org

Banyak sekali pengguna sport yang sering melakukan bongkar pasang demi menjadikan motor sesuai dengan keinginan. Sebenarnya gak masalah, asal kamu jangan terlalu sering menggunakannya walau kamu khatam dengan ilmu otomotif.

Jangan sampai saat melakukan bongkar pasang, baut asli bawaan pabrikan malah hilang. Karena baut yang berbeda bisa merusak lubang dan fairing. Kamu juga gak boleh terlalu kencang memutar baut biar gak merusak fairing.

8. Jaga kebersihan fairing

8 Cara Simpel Merawat Motor SportMotor sport Honda CBR150R (Dok. IDN Times)

Fairing menjadi komponen utama yang menentukan kece atau tidaknya motor sport. Maka dari itu, biar kamu makin pede dan nyaman mengendarakan motor sport, sebaiknya kamu jangan malas membersihkan fairing supaya tampil lebih kinclong.

Rajinlah mencuci motor sport agar gak menimbulkan karat pada fairing dan bagian tertentu lainnya. Kalau kamu memiliki jadwal kesibukan yang padat, gak ada salahnya meluangkan waktu paling lama 5 menit untuk membersihkan fairing menggunakan lap agar bebas dari debu dan kotoran.

Kamu juga dilarang keras untuk memarkirkan motor sport di bawah sinar matahari langsung dalam jangka waktu yang la. Sebab, hal ini bisa mengakibatkan fairing mengeras, kaku, dan pecah.

Baca Juga: Yamaha FZ25, Motor Sport Gabungan Byson dan Scorpio

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya