Comscore Tracker

Fakta-fakta Menarik di Balik Perseteruan Mods Vs Rockers

Banyak yang menganggap Rockers dan Mods saling bermusuhan

Jakarta, IDN Times – Inggris merupakan salah satu negara yang dikenal akan kulturnya, maka gak heran jika beberapa subkulturnya kemudian merambah ke dunia otomotif dunia. Setidaknya ada dua subkultur atau aliran legendaris yang berasal dari Inggris, yaitu Mods dan Rockers.

Kedua aliran ini seperti dua kutub magnet yang berbeda, sehingga saling bertolak satu sama lain. Bahkan ada yang menganggap kedua aliran ini saling bermusuhan. Untuk mengetahui lebih dalam, yuk simak fakta-fakta mengenai Mods Vs Rockers berikut.

1. Terbentuk setelah Perang Dunia II

Fakta-fakta Menarik di Balik Perseteruan Mods Vs Rockerswww.eventfinda.co.nz

Setelah Perang Dunia II pada akhir 1950-an, Inggris mulai makmur dan anak-anak muda di sana memiliki pekerjaan dan penghasilan untuk pertama kalinya. Secara Inisiatif, para remaja Inggris saat itu mulai mengembangkan identitas baru dengan sub-kultur unik yang mereka ciptakan. Disebut 'Mods' pada awalnya karena mereka memiliki prinsip modernist dan meninggalkan fashion yang dianggapnya kuno, dan karena mereka sering mendengarkan musik ber-genre jazz modern di akhir 1950-an. Lalu disusul dengan musik ska, R&B, dan soul

Cara berpakaian Mods ini juga terinspirasi dengan style Italia, yaitu dengan pakaiannya yang rapi. Pada saat itu, Mods biasanya menggunakan kemeja kotak-kotak button down atau kaos polo, celana ankle-skimming yang dapat memperlihatkan celah kaus kaki putih untuk mempertegas sepatu yang mereka gunakan, yaitu boots dengan merek ternama seperti Dr. martens dan Clarks. Biasanya juga dipadukan oleh jaket union-jack berkancing tiga dan parka militer. Wah... Rapi banget dan terkesan berkelas ya.

Sedangkan 'Rockers' mereka mempertahankan gaya rock Teddy boys, yaitu subkultur kalangan remaja di London pada awal 1950-an, yang dengan cepat menyebar ke seluruh Inggris, dan sangat identik mendengarkan musik rock and roll Amerika. Elvis Presley, Marlon Brando, dan James Dean merupakan Ikon dari para Rockers ini. Style yang identik dengan jaket kulit hitam, kaos putih polos beserta sepatu brothel creeper ataupun motorcycle boots.

Baca Juga: Awal Mula Tren Mods hingga Mendunia, Kenapa Identik dengan Vespa?

2. Rockers identik dengan motor caferacer

Fakta-fakta Menarik di Balik Perseteruan Mods Vs Rockersreturnofthecaferacers.com

Berdasarkan style dan fashion yang sudah dijelaskan, ternyata hal tersebut mempengaruhi para mods dan rockers memilih jenis motor apa yang hendak menjadikan identitasnya. Tidak luput dari style Italianya, Mods memilih skuter asal italia yaitu Lambretta dan Vespa sebagai identitasnya. Karena pada saat itu motor ini terbilang sangat murah, dan anak muda yang bekerja pun mampu membelinya.

Sedangkan Rockers, yang memiliki kebiasaan balapan dari cafe ke cafe ini lebih memilih untuk custom motornya sendiri. Karena itu, mereka melakukan kostumisasi motornya agar lebih enteng dan melaju cepat saat balapan. Kamu tahu motor apa itu? Ya, motor caferacer. Rockers yang mempopulerkan caferacer tersebut dari kisahnya yang gemar balapan. Wah... Kamu jadi tahukan, awal mula sebutan caferacer?

Selain itu Rockers juga seringkali memodifikasi motor mereka jadi Triton, yaitu gabungan dari mesin motor Triumph di dalam bodi motor Norton. Norton dan Triumph merupakan dua merek motor berbeda yang biasa dimodif menjadi caferacer. Saat ini, untuk custom caferacer bisa menggunakan motor apa saja, asal tidak menghilangkan ciri khasnya.

3. Awal mula event Mods VS Rockers

Fakta-fakta Menarik di Balik Perseteruan Mods Vs Rockersriverviews.net

Siapa yang belum mengetahui event Mods VS Rockers? Ternyata ada kisah di baliknya, lho. Di awali dengan Brighton, yaitu salah satu kota pesisir di Inggris yang kerap dikunjungi oleh kelompok-kelompok anak muda sebagai destinasi untuk menghabisi akhir pekan. Namun pada 1964, Mods dengan Rockers bertemu di hari dan tempat yang sama, yaitu Brighton.

Diduga karena perbedaan kultur yang mereka anut, terciptalah cekcok berupa saling mengejek satu sama lain. Mulai dari gaya berpakaian hingga jenis motor yang digunakan. Rockers mengatakan bahwa Skuter merupakan kendaraan wanita. Mods mengatakan bahwa orang-orang yang berantakan. Karena subkultur ini didominasi dengan anak muda, di mana mereka menggunakan amarah sebagai perlawanannya, sehingga terjadi tragedi Brighton yang banyak memakan korban.

Mengingat tragedi tersebut, kini para Mods dan Rockers di beberapa negara sudah berdamai dan menyelenggarakan Event 'Mods VS Rockers' sebagai ajang silaturahmi antara Mods dan Rockers. Biasanya, di dalam acara tersebut berupa berkumpul dan melakukan pameran motor skuter dan caferacer.

So, kamu masuk tim Rockers atau Mods, nih? 

Baca Juga: [QUIZ] Yuk! Tebak Karakter Lewat Vespa Pilihanmu

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya