Comscore Tracker

Posisi Ideal Naik Motor, Biker Wajib Tahu!

Posisi riding yang ideal gak akan membuatmu kelelahan

Jakarta, IDN Times – Banyak faktor yang memengaruhi kenyamanan berkendara motor, salah satunya adalah posisi tubuh saat riding. Jika posisinya sudah tepat, maka tubuh gak akan mudah lelah.

Karena itu kalau kamu suka mengeluh pinggang sakit setelah naik motor, bisa jadi posisi ridingmu tidak tepat. Nah, berikut posisi riding yang ideal yang bisa kamu coba. 

1. Badan tegak dan rileks

Posisi Ideal Naik Motor, Biker Wajib Tahu!visordown.com

Ketika kamu berkendara dengan posisi membungkuk, secara sadar gak sadar ternyata hal itu menyebabkan kamu mudah capek dalam berkendara. Jadi, sebaiknya kamu memposisikan badanmu untuk tegak dan rileks. Dengan posisi ini, kamu juga bisa lebih gampang menyeimbangkan sepeda motormu.

Posisi ini terbukti merupakan posisi terbaik untuk handling sepeda motor. Gak percaya? Coba saja kamu bermanuver dalam kondisi membungkuk, pasti kestabilannya bebeda dengan posisi tegak. Kamu bakal lebih mudah membelokkan dan juga bermanuver dengan posisi tubuh yang tegak.

Baca Juga: 5 Skutik 250 CC Pilihan, Asyik Banget Buat Touring! 

2. Lengan jangan terlalu lurus

Posisi Ideal Naik Motor, Biker Wajib Tahu!tvsmotor.com

Supaya tanganmu gak cepat lelah ketika berkendara apalagi menggunakan motor kopling, sebaiknya lengan jangan terlalu lurus. Artinya, posisi lengan yang memegang setang haruslah ada jarak sehingga siku masih bisa ditekuk.

Oya, tekukan pada siku ini juga berperan sebagai “suspensi” sehingga memudahkan kita mengoperasikan kendaraan sepeda motor dengan mudah.

3. Genggam tuas dengan semua jari

Posisi Ideal Naik Motor, Biker Wajib Tahu!mpmhondajatim.com

Penting banget untuk menggenggang tuas tang dengan semua jari, pokoknya jangan sampai kurang dari empat jari. Posisi ini untuk memaksimalkan penggunaan jari agar kamu nyaman dan memenuhi standar keamanan berkendara.

Pengereman empat jari ini merupakan teknik paling sering diajarkan pada acara event safety riding sehingga jangan lupa menerapkan posisi ini ya.

4. Lutut rapat ke arah depan

Posisi Ideal Naik Motor, Biker Wajib Tahu!600riders.com

Nah, salah satu posisi yang wajib banget diperhatikan adalah posisikan lututmu merapat ke arah depan. Posisi seperti ini sangat baik untuk melindungi badan kita saat terjadi kecelakaan. Selain itu posisi lutut yang rapat dan juga memudahkan kamu untuk menyeimbangkan sepeda motor.

Posisi ini merupakan standar keselamatan yang tertera pada materi safety riding. ini berlaku untuk semua tipe kendaraan, serta dapat menjaga keseimbangan dan juga keamanan.

5. Pinggul tepat di atas jok

Posisi Ideal Naik Motor, Biker Wajib Tahu!wahanahonda.com

Kamu harus ambil posisi duduk yang pas untuk meminimalisir rasa pegal, yaitu posisi pinggul harus tepat di atas jok. Biasanya cara yang digunakan adalah dengan cara berdiri sebentar dan kemudian duduk, cari posisi paling enak dan nyaman sehingga kamu mudah menyeimbangkan posisi motormu juga.

Nah, itulah beberapa posisi tubuh yang ideal saat berkendara motor. Coba deh langsung praktikkan, pasti ampuh membuat perjalanan mu menjadi nyaman.

Baca Juga: 5 Fitur Motor Scoopy, Wajib Diketahui Pengguna Motor Scoopy

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya