Comscore Tracker

Racikan Skuter dan Fashon Hadir di Jakarta Mods May Day 2022

Ada skuter ala film Quadrophenia  

Jakarta, IDN Times – Jakarta Mods May Day (JMMD) kembali digelar setelah absen selama dua tahun akibat pandemik COVID-19. Tahun ini JMMD digelar di Epiwalk, Kawasan Rasuna, Epicentrum, Jakarta Selatan, Sabtu (28/5/2022).

Seperti tahun-tahun sebelumnya, selain memamerkan sejumlah Vespa dan Lambretta ala mods, acara ini juga disemarakkan dengan fashion exhibition. Sebab salah satu tujuan digelarnya JMMD agar para peserta mengetahui sejarah dari sub-kultural mods.

1. Mods mengenakan fashion era 1960-an

Racikan Skuter dan Fashon Hadir di Jakarta Mods May Day 2022Fashion exhibition JMMD 2022. IDN Times/Rivera Jesica Souisa

Program director JMMD 2022, Agung, menjelaskan bahwa konsep pameran fashion exhibition ini direpresentasikan oleh fashion memorabilia, yang sebenarnya sudah dipakai pada JMMD 2017. Namun, ia sengaja mengangkat kembali konsep tersebut, sebab fashion ini ditampilkan lebih proper dan bagus pada tahun ini.

“Jadi emang konsep memorabilia pernah kita kerjain di JMMD 2017. Kita ingin kasih tahu ke mods, represent fashion mods pada 1960-an ini ada di memoriabilia ini. Kita ingin mengangkat ini lagi karena emang lebih proper dan bagus,” kata Agung kepada IDN Times.

Fashion memorabilia 1960-an yang dimaksud yaitu dengan skinnier suits, skinny lapels, dan skinny ties. Selain itu, JMMD juga menampilkan fashion revival dan 21st Century, yaitu fashion mods yang hadir setelah memorabilia.

Revival muncul saat kebangkitan mods pada 1970-an dan 21st century yang fashionnya sudah diblend dari tahun 1960 ke 1970 lalu 1980 dicampur dengan brittpop. Fashion tersebut cocok banget nih buat kamu pengguna skuter.

Baca Juga: Fakta-fakta Menarik di Balik Perseteruan Mods Vs Rockers

2. Pameran skuter

Racikan Skuter dan Fashon Hadir di Jakarta Mods May Day 2022Skuter ala film Quadrophenia.IDN Times/Rivera Jesica Souisa

Selanjutnya ada pameran skuter  yang sangat menarik perhatian peserta. Salah satunya ada Lambretta yang dipamerkan sesuai set film Quadrophenia. Film tersebut bercerita tentang sub kultur mods.

Lalu ada Vespa dan Lambretta dengan spionnya yang banyak, skuter tersebut memang sengaja didandani ala mods. 

3. Art galeri

Racikan Skuter dan Fashon Hadir di Jakarta Mods May Day 2022Art galeri di JMMD 2022. IDN Times/Rivera Jesica Souisa

Mengingat tema yang diusung adalah ‘direction-reaction-creation’, maka agung memaknai creation dengan cara berkolaborasi dengan beberapa artis. So, gak heran jika pada JMMD 2022 juga terdapat art galeri yang berdiri di beberapa sudut lokasi.

“Di tahun ini gua berkolaborasi dengan beberapa artis, salah satunya ada art galeri yang menyuaikan tema JMMD itu sendiri dan terdapat art corner, yaitu sebuah media yang direspon bidangnya sama artis-artis itu sendiri. Respon dari artis ini sih gua pengennya angkat tema pop art, tapi balik lagi ke karakter artis tersebut,” kata Agung.

Baca Juga: Makin Kece! Vespa Hadirkan Variasi Warna Baru

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya