Comscore Tracker

Supaya Vespa Klasik & Tua Tetap Superfine, Ikuti 10 Kiat Berikut

Biar performa tetap oke

Vespa adalah salah satu alat transportasi modern sampai sekarang. Selain itu, juga salah satu motor yang populer di kalangan orang di Indonesia. Orang tua dan anak muda sampai mereka yang terlihat dekil serta kucel suka dengan sepeda motor tersebut. Bahkan, ada banyak komunitas Vespa yang anggotanya adalah kaum muda.

Selain itu, Vespa juga merupakan alat transportasi yang ekonomis. Karena, harganya relatif murah, tetapi masih berkualitas tinggi. Terlebih, yang keluaran tahun lama, pasti selalu memiliki tempat tersendiri di hati para penggemar otomotif. Alasannya, desain klasik yang abadi dan sangat ikonik.

Motor Vespa juga dapat memberikan kesan tersendiri bagi pengendaranya, terlebih yang antik dan retro. Secara umum, mengendarai Vespa sama saja mewakili style pemiliknya. Tapi, Vespa juga terkenal dengan motor yang suka ngambek alias mogok. Jika sudah seperti itu, mungkin sebagian berpikir bahwa merawat Vespa lama adalah pekerjaan yang sulit.

Apakah itu benar? Mungkin iya, namanya juga motor tua. Selain ketersediaan suku cadang yang nggak sebanyak sepeda motor sekarang, Vespa lama perlu perhatian ekstra dari pemiliknya. Nah, ingin tahu cara menjaga kondisi Vespa lama supaya tetap superfine dan nggak mudah mogok? Simak sepuluh tips di bawah ini!

1. Cek kabel-kabel

Supaya Vespa Klasik & Tua  Tetap Superfine, Ikuti 10 Kiat Berikutpexels.com/@pixabay

Misalnya, dua kabel persneling / transmisi cukup sering bermasalah. Jangan biarkan kabel longgar, karena akan membuat sulit untuk memindahkan gigi. Untuk memperbaiki atau mengobatinya, atur kabel ke posisi gigi 4, lalu atur kabel yang lain di posisi 1. Perhatikan posisinya, karena jika salah maka perpindahan gigi akan menjadi semrawut.

Biasanya, jika pengaturan telah berubah atau tarikan kurang, itu menandakan bahwa kabel transmisi Vespa akan putus. Maka, harus bergegas menggantinya.

2. Periksa kondisi aki

Supaya Vespa Klasik & Tua  Tetap Superfine, Ikuti 10 Kiat Berikutunsplash.com/@joanoger

Model Vespa dari tahun 80-an sudah menggunakan aki starter ketika awal mesin dihidupkan. Jelas, ini juga merupakan komponen yang sangat penting. Nah, untuk alasan ini kondisi aki motor Vespa harus selalu diperhatikan dan dirawat. Karena, itu benar-benar berbahaya jika lengah nggak perhatian dengan aki. Caranya sangat mudah, tetapi kebanyakan orang mengabaikan komponen yang satu ini.

Jadi, harus sering membersihkan kerak pada aki menggunakan air panas dan kuas. Jika ingin bepergian dan meninggalkan Vespa tua untuk tempo lama di rumah, ada baiknya melepas aki. Kemudian, simpan aki di tempat yang sejuk dan kering. Selain itu, nggak terkena sinar matahari langsung.

3. Busi juga jangan lupa dicek

Supaya Vespa Klasik & Tua  Tetap Superfine, Ikuti 10 Kiat Berikutpexels.com/@gratisography

Busi adalah komponen vital dari Vespa, karena berfungsi sebagai picker sparks yang kemudian terjadi proses pembakaran. Dan, pada waktu yang sama menjadi sumber penyakit yang paling umum. Ada beberapa alasan mengapa busi Vespa sering mengalami masalah.

Pertama, karena Vespa kendaraan 2 tak dan bensin bercampur dengan oli, kemudian berujung jadi kerak. Ketika kerak sudah mulai muncul, segera bersihkan menggunakan amplas dan sedikit bensin. Kemudian, karena masalah sistem pengapian nggak optimal. Untuk memperbaiki masalah ini, harus memeriksa koil, kondensor dan platina.

4. Periksa kondisi karburator

Supaya Vespa Klasik & Tua  Tetap Superfine, Ikuti 10 Kiat Berikutunsplash.com/@vasiliosm

Bagian penting lainnya adalah karburator. Karena, di karburator bahan bakar dan udara dicampur, kemudian dimasukkan ke dalam ruang bakar. Karburator yang kotor dan tersumbat akibat kualitas bahan bakar serta udara kurang baik dapat menyebabkan akselerasi menjadi nggak sempurna. Selain itu, burning bahan bakar jadi nggak maksimal sampai sepeda motor akhirnya rusak.

Jadi, sisihkan waktu untuk membersihkan karburator Vespa. Caranya nggak rumit, cukup lepaskan dan bersihkan karburator dari kerak atau kotoran yang telah menyumbat lubang-lubang bensin. Membersihkannya bisa menggunakan pembersih karburator, penyemprot udara atau juga bisa menggunakan bensin.

5. Pakai bahan bakar dengan oktan tinggi

Supaya Vespa Klasik & Tua  Tetap Superfine, Ikuti 10 Kiat Berikutwoqod.com

Sangat disarankan untuk mengisi tangki Vespa klasik dengan bahan bakar oktan tinggi ketimbang yang rendah (premium). Mengapa? Karena, bahan bakar oktan rendah akan membuat kerak atau jelaga dalam proses pembakaran di ruang bakar. Dan akhirnya, proses pembakaran pada Vespa kurang optimal. Akibatnya, kinerja mesin terganggu.

Solusinya, dapat memilih bahan bakar dengan oktan antara 88 sampai 90 ke atas. Seperti pertamax atau shell super untuk sepeda motor Vespa tua kesayangan.

Baca Juga: 7 Deretan Vespa Limited Edition yang Sempat Mampir di Indonesia

6. Ganti oli mesin secara rutin

Supaya Vespa Klasik & Tua  Tetap Superfine, Ikuti 10 Kiat Berikutvesparkindo.com

Jika benar-benar sayang dengan "Si Tua", harus mengganti oli mesin secara rutin. Pastikan mengganti oli mesin Vespa setiap 1 bulan sekali. Itu dengan catatan jika sering digunakan. Tapi, jika jarang digunakan dapat mengganti oli setiap dua bulan sekali.

7. Pakai oli samping dengan kualitas oke

Supaya Vespa Klasik & Tua  Tetap Superfine, Ikuti 10 Kiat Berikutunsplash.com/@bruno_kelzer

Vespa dengan mesin 2 tak membutuhkan oli samping untuk mendukung lubrication komponen yang bergerak. Selain bahan bakar berkualitas baik, harus juga menggunakan oli samping dengan kualitas oke untuk kondisi mesin Vespa lebih terjaga. Sebab, oli samping berkualitas rendah dapat menyebabkan kerak di ruang bakar dan berpengaruh pada sistem kerja mesin.

8. Beri juga perhatian pada kran bensin

Supaya Vespa Klasik & Tua  Tetap Superfine, Ikuti 10 Kiat Berikutpexels.com/@punttim

Kran bensin juga harus diberi perhatian. Tapi, sebelumnya harus mengetahui jenis sepeda motor Vespa yang dimiliki terlebih dahulu ketika ingin membuka tangki bahan bakar. Karena, ada jenis Vespa yang memiliki 2 tangki, yaitu tangki bensin dan tangki oli untuk sistem pencampuran oli otomatis.

Pertama-tama, lepaskan kran bensin dan bagian-bagiannya dengan menggunakan kunci kran bensin dan lepaskan bagian-bagian kran bensin. Cuci dan bersihkan tangki menggunakan bensin, sehingga kotorannya terbuang. Sedangkan untuk kran / saluran bensin, kran bensin direndam dengan bensin kemudian bersihkan.

9. Bodi Vespa harus dirawat juga

Supaya Vespa Klasik & Tua  Tetap Superfine, Ikuti 10 Kiat Berikutpexels.com/@mikebirdy

Bagian ekstrerior / bodi Vespa lama terbuat dari besi yang merupakan salah satu kelemahan dari Vespa. Yang artinya, sangat rentan terhadap karat / korosi. Untuk merawatnya sangat mudah. Cukup rajin membersihkan Vespa dari kotoran yang menempel, terutama ketika terkena lumpur.

Jika ada karat, disarankan mengecat bodi. Karena, cat dapat melindungi bodi Vespa dari karat.

10. Servis di bengkel

Supaya Vespa Klasik & Tua  Tetap Superfine, Ikuti 10 Kiat Berikutartinbox46.it

Meskipun telah melakukan perawatan ringan secara teratur. Tetapi, sesekali bawalah Vespa kesayangan ke para ahli. Lakukan perawatan sepeda motor Vespa di bengkel, terutama jika Vespa sering digunakan untuk menempuh jarak yang cukup jauh.

Itulah 10 tips sederhana untuk menjaga kondisi Vespa lama supaya tetap superfine. Baik dalam hal kinerja maupun penampilan. Nggak terlalu sulit, bukan? Yang penting, ketika memutuskan untuk memiliki Vespa tua, juga harus siap meluangkan waktu untuk merawatnya.

Baca Juga: 5 Fitur Canggih Vespa GTS Super 150 i-Get ABS, Klasik Tapi Kekinian

Riyan Sumarno Photo Community Writer Riyan Sumarno

♐ Bermimpi, Bergegas, Berusaha, Berdoa dan Sukses!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You