Comscore Tracker

7 Tips Memilih Ban Tubeless Berkualitas Kelas Satu untuk Motor

Klop dan nyaman digunakan

Sama seperti komponen motor lainnya, ban sepeda motor juga memiliki masa pakai. Itu dapat dilihat dari motifnya yang mulai habis atau yang biasa disebut "botak". Nah, di waktu kondisi seperti itulah harus segera mengganti ban sepeda motor. Namun, nggak boleh gegabah ketika memilih dan mengganti ban tubeless.

Karena, ada sejumlah hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih ban tanpa ban dalam. Apa saja itu? Berikut tujuh tips memilih ban tubeless yang bagus untuk sepeda motor.

1. Siapkan dan sesuaikan dana yang ada

7 Tips Memilih Ban Tubeless Berkualitas Kelas Satu untuk Motorwallstreetphysician.com

Tips pertama dalam memilih ban tubeless yang berkualitas oke adalah menyesuaikan dengan dana yang sudah disiapkan atau dimiliki. Jika memiliki dana terbatas, nggak perlu memaksakan diri untuk membeli ban dari merek-merek terkenal yang pastinya berharga tinggi. Karena, masih banyak ban tanpa ban dalam berkualitas mumpuni dengan harga terjangkau.

Misalnya saja ban Corsa R26 atau S88. Meskipun ban tersebut murah, tapi kualitasnya tokcer.

2. Pilih dari merek terbaik

7 Tips Memilih Ban Tubeless Berkualitas Kelas Satu untuk Motorpexels.com/@thgusstavo

Pilihlah ban tubeless sepeda motor dari merek terbaik. Merek ban sepeda motor yang baik umumnya memiliki kontrol kualitas yang baik. Sehingga, nggak perlu diragukan kualitasnya. Di pasaran, ada banyak merek ban tubeless yang dapat dipilih untuk sepeda motor kesayanganmu.

Beberapa merek yang dapat dipertimbangkan adalah Bridgestone, Corsa, IRC dan Michelin. Tapi, ingat! Jangan maksa tetap memilih ban tubeless bermerek dengan harga mahal. Kembalilah ke poin 1 jika dananya terbatas.

3. Ukurannya harus sesuai dengan motor

7 Tips Memilih Ban Tubeless Berkualitas Kelas Satu untuk Motorunsplash.com/@iamarthuredelman

Berikutnya, yang perlu diketahui ketika ingin memilih ban tubeless yang baik untuk sepeda motor adalah memeriksa ukuran ban dengan sepeda motor. Ketika memilih, pilih ban tubeless berukuran standar yang sesuai dengan sepeda motormu. Nggak berhenti di situ! Juga perlu memperhatikan apakah ban yang diincar cocok dengan ukuran pelek atau nggak.

Pilihlah ban tubeless yang nggak terlalu besar atau terlalu kecil. Karena, jika salah memilih justru akan mengurangi cengkeraman ban ketika berkendara. Sementara, pada waktu yang sama dapat menjadi faktor perusak. Dan jika ingin membeli dengan ukuran yang lebih besar, belilah dengan ukuran yang nggak lebih dari dua tingkat ukuran ban standar pabrik.

Misalnya, ban standar pabrik memiliki ukuran 90/90. Jadi, ukuran ban maksimum yang dapat dipilih adalah 110/70.

Baca Juga: 5 Penyebab Utama Ban Motor Cepat Botak, Lakukan Cek Rutin Ya!

4. Perhatikan motifnya

7 Tips Memilih Ban Tubeless Berkualitas Kelas Satu untuk Motorunsplash.com/@athharv

Nggak cuman ukuran ban dengan motor dan pelek yang harus cocok. Ketika ingin membeli ban tubeless yang berkualitas, juga harus memperhatikan motif bannya. Tentu itu bertujuan untuk menghindari selip ketika mengemudi. Nggak berhenti sampai di situ! Pemilihan motif ban juga didasarkan pada kondisi jalan yang biasa dilewati ketika berkendara.

Jika terbiasa berkendara dengan jalan di kota yang kering, dapat memilih ban dengan daya cengkram yang baik untuk permukaan jalan yang kering dan panas. Sebaliknya, jika sering melewati daerah dengan curah hujan tinggi, pilih ban yang khusus untuk jalan basah.

Selain itu, jika terbiasa melewati kondisi jalan dengan kontur nggak rata, berbatu dan berpasir, dapat menggunakan ban tipe off road yang memiliki kontur kotak-kotak.

5. Gunakan ban tapak sedang

7 Tips Memilih Ban Tubeless Berkualitas Kelas Satu untuk Motorpexels.com/@kevinbidwell

Bagi penggemar modifikasi terutama gaya Thailook, ban dengan tapak kecil memang suatu keharusan. Namun, ban dengan tapak kecil memiliki beberapa kelemahan. Di antaranya, yaitu mudah tergelincir ketika melakukan pengereman mendadak dan ketika berkendara di jalan yang basah.

Karena hal tersebut, disarankan menggunakan ban dengan tapak berukuran sedang. Sebab, ban tubeless sepeda motor dengan tapak sedang sudah sesuai dengan ban standar pabrik.

6. Cermati kode produksinya

7 Tips Memilih Ban Tubeless Berkualitas Kelas Satu untuk Motorwindtogo.wordpress.com

Semua produk ban dari berbagai merek dan tipe pasti memiliki waktu produksi. Karena itu, setelah penjual menawarkan ban baru yang diambil dari stok, harus memperhatikan tanggal produksi sebelum memasangnya di kuda besi milikmu. Biasanya, setiap ban memiliki kode uniknya sendiri. Nah, kode yang tertera itu menunjukkan informasi kapan ban diproduksi.

Semakin lama kode produksi ban tubeless, kualitasnya akan menurun. Misalnya, membeli sepasang ban tubeless, di dinding ban ada kode dalam bentuk angka, yaitu 0810. Kode itu berarti bahwa, bannya diproduksi pada minggu ke 8 di tahun 2010.

7. Perhatikan masa pakai

7 Tips Memilih Ban Tubeless Berkualitas Kelas Satu untuk Motorunsplash.com/@giovalife

Nggak sedikit dari kita yang sering meremehkan hal ini. Sebenarnya, dalam memilih ban tubeless nggak cuman mengetahui jenis dan merek. Memahami masa pakai ban juga merupakan satu hal yang sangat penting. Tentu itu bukannya tanpa alasan.

Karena, dengan mengetahui masa pakai ban, entah itu tubeless atau tubetype yang digunakan, dapat memaksimalkan potensi ban. Selain itu, dengan memperhatikan masa pakai ban, juga dapat bersiap untuk mengganti ban ketika dibutuhkan.

Nah, itulah beberapa tips untuk memilih ban tubeless yang bagus dan berkualitas kelas wahid untuk sepeda motor. Selamat mencari dan membeli ban tubeless idaman!

Baca Juga: 8 Motor Baru Muncul di GIIAS 2019, Honda ADV 150 Primadonanya

Riyan Sumarno Photo Community Writer Riyan Sumarno

♐ Bermimpi, Bergegas, Berusaha, Berdoa dan Sukses!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You