Comscore Tracker

5 Tips Penting Buat Kamu yang Ingin Membeli Vespa Tua

Jangan cuma lihat model saja, tapi juga kondisi berikut ini!

Salah satu motor tua yang masih menjadi primadona dan kembali jadi incaran anak muda zaman sekarang adalah vespa. Vespa tua memang memiliki model yang sangat retro dan unik, sehingga membuat motor asli Italia ini ketinggalan zaman.

Buat kamu yang berniat untuk membeli motor vespa tua, ada beberapa hal penting yang perlu untuk kamu cek agar kamu tidak salah beli. Apa saja itu? Yuk simak ulasan berikut!

1. Cek kondisi kaki-kaki

5 Tips Penting Buat Kamu yang Ingin Membeli Vespa TuaUnsplash.com/@darshan394

Mengingat kondisi vespa yang sudah sering mengaspal dan tua, pastinya wajib hukumnya untuk mengecek kondisi kaki-kakinya. Fungsinya mengecek kaki-kaki ini adalah untuk mengetahui apakah vespa masih "balance" alias tidak oleng ke kanan atau ke kiri. Untuk mengetahui apakah kondisi kaki-kaki vespa ini masih seimbang atau tidaknya, pastinya harus dicoba untuk dikendarai dan rasakan bagaimana kondisinya.

2. Cek nomor mesin, rangka dan keaslian surat

5 Tips Penting Buat Kamu yang Ingin Membeli Vespa Tuaunsplash.com/@shotbytony

Seperti halnya membeli motor bekas lainnya, saat membeli motor vespa tua kamu perlu memeriksa keaslian surat-suratnya. Lalu setelah itu cek apakah nomor mesin dan rangka sesuai dengan yang tercantum pada surat-suratnya.

Nomor mesin dan rangka harus sesuai, jika nomornya berbeda atau tampak seperti nomor "tambalan", kemungkinan itu adalah vespa dari hasil restorasi dari komponen-komponen vespa yang terpisah. Jika seperti itu, lebih baik dihindari karena itu termasuk ilegal.

3. Periksa kondisi dek vespa

5 Tips Penting Buat Kamu yang Ingin Membeli Vespa TuaUnsplash.com/@taoxanhkim

Jangan lupa juga untuk mengecek dek vespa, apakah cat sudah mulai mengelupas atau bahkan dek sudah mulai bengkok atau bahkan keropos. Bila dek sudah mulai bengkok dan keropos, pastinya kondisi vespa sudah tidak layak buat dibawa jalan jarak jauh. 

Baca Juga: Lambretta hingga Vespa, Ini 5 Skutik Pencuri Perhatian Sepanjang 2019

4. Periksa keadaan mesin vespa

5 Tips Penting Buat Kamu yang Ingin Membeli Vespa TuaUnsplash.com/@matreding

Periksa dengan cukup detail pada bagian mesin 2 tak vespa, apakah masih bagus atau tidak terutama pada bagian karburator. Jika komponen karburator ini mengalami kebocoran, maka kondisi mesinnya sudah kurang oke. Selain itu juga perlu dicek pengisapan mesin vespa. Isapan vespa yang terlalu menyembur akan memengaruhi tenaga mesin vespa.

5. Cek keaslian aksesoris vespa

5 Tips Penting Buat Kamu yang Ingin Membeli Vespa TuaUnsplash.com/@davideragusa

Buat kamu yang sangat peduli dengan komponen aksesoris motor, maka kamu juga perlu untuk mengecek perihal keaslian aksesoris dari motor vespa apakah asli atau repro (hasil dari modifikasi). Beberapa aksesoris yang perlu kamu cek adalah seperti spion, kepala vespa, lampu rem belakang, handling, dan klakson.

Itulah tadi beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan dan periksa saat akan membeli motor vespa tua. Meski sudah tua, namun kondisi vespa yang bagus dan prima juga tidak kalah kok dengan motor-motor saat ini. 

Baca Juga: Dijual Rp47 Jutaan, Ini Kelebihan Vespa Primavera S Edisi Terbatas 

Ruth Christian Photo Verified Writer Ruth Christian

@ruthchristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya