Comscore Tracker

Bikin Irit BBM, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Isi Ban dengan Nitrogen

Ada banyak keunggulan nitrogen dibanding angin biasa lho!

Apakah kamu saat ini masih suka mengisi ban dengan angin biasa? Ada baiknya kamu mencoba beralih untuk mengisi ban motor/mobil dengan nitrogen. Banyak orang yang sudah mengatakan kalau nitrogen lebih bagus untuk isi ban daripada udara biasa. Yup, betul sekali! Banyak keunggulan dan manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika kamu mengisi ban dengan nitrogen lho. Apa saja memang kelebihan nitrogen dibandingkan udara biasa?

1. Berat jenis nitrogen lebih ringan, laju kendaraan jadi lebih enak

Bikin Irit BBM, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Isi Ban dengan NitrogenUnsplash.com/@taypaigey

Berat jenis nitrogen memang jauh lebih ringan daripada udara biasa, sehingga ban pun lebih ringan. Kalau ban jadi ringan pastinya berpengaruh pada laju kendaraanmu. Semakin berat ban, mesin kendaraan pun jadi semakin bekerja ekstra dan kendaraan jadi lebih lambat.

Bila ban lebih ringan, beban kerja mesin pun tidak terlalu berat. Dampaknya mesin jadi lebih awet dan efisien. Kalau ban terasa lebih ringan, kendaraan jadi lebih mudah bermanuver sehingga tunggangannya pun jadi lebih enak.

2. Tekanan ban jadi lebih stabil dan gak gampang kempes

Bikin Irit BBM, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Isi Ban dengan NitrogenUnsplash.com/@churchoftodd

Ban yang berisi nitrogen tekanan di dalamnya jadi lebih stabil. Hal ini disebabkan karena kandungan dalam nitrogen tidak banyak terdapat uap air yang bisa mengakibatkan tekanan ban berubah-ubah. Kandungannya yaitu 79 persen Nitrogen, 20 persen Oksigen, dan 1 persen uap air. Apabila tekanan ban selalu cenderung stabil sesuai standar, daya cengkeram kendaraan jadi lebih optimal sehingga berkendara jadi lebih aman.

Sedangkan udara memiliki kandungan uap air yang tinggi, ini juga membuat ban jadi lebih mudah kempes karena molekul udara mudah keluar melalui pori-pori ban.

Baca Juga: Gak Perlu Bongkar Mesin, Ini 5 Cara Mudah Agar Motor Lebih Irit BBM

3. Ban tidak berisiko besar meledak

Bikin Irit BBM, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Isi Ban dengan NitrogenUnsplash.com/@adityachinchure

Kamu mungkin pernah dengar kalau nitrogen itu lebih "dingin" ketimbang udara biasa? Hal ini dikarenakan nitrogen mampu menjaga tekanan ban lebih stabil dalam berbagai keadaan. Seperti saat berkendara jarak jauh hingga membuat suhu ban menjadi panas, tekanan nitrogen masih tetap stabil sehingga ban tetap aman dan tidak berisiko mudah pecah. 

Berbeda dengan udara biasa yang mana tekanannya tidak stabil. Saat berkendara jauh dan ban menjadi panas, udara akan memuai sehingga dapat berisiko ban pecah. Pecah ban saat kenadaraan melaju pastinya sangat membahayakan keselamatan bukan?

4. Nitrogen bagus untuk ban dan juga velg

Bikin Irit BBM, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Isi Ban dengan NitrogenUnsplash.com/@kasenfree

Nitrogen bersifat non-korosif, sehingga velg kendaraan jadi lebih awet gak mudah berkarat. Selain itu nitrogen juga bisa membuat ban kendaraan jadi jauh lebih awet dan gak cepat rapuh dan robek. 

Selain itu, karena nitrogen bikin ban gak gampang kempes membuat ban jadi lebih terjaga bentuk idealnya. Dampaknya ban tidak banyak terjadi gesekan dengan aspal sehingga ban tidak cepat halus. 

5. Bikin kendaraan jadi lebih irit BBM

Bikin Irit BBM, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Isi Ban dengan NitrogenUnsplash.com/@sippakorn

Keunggulan utama nitrogen adalah kemampuannya membuat tekanan ban selalu stabil. Tekanan udara yang stabil ini membuat ban menapak pada aspal dengan sempurna sehingga memudahkan akselerasi kendaraanmu.

Kendaraan digas sedikit saja langsung bisa jalan sesuai kecepatan yang diinginkan. Hal inilah yang membuat mesin jadi tidak terlalu berat bekerja sehingga konsumsi bahan bakar jadi lebih irit.

 

Itulah tadi beberapa keunggulan dari nitrogen. Mungkin harga nitrogen sedikit lebih mahal daripada isi angin ban biasa, namun manfaat yang kamu dapatkan jauh lebih banyak. Mulai dari hemat BBM hingga keselamatan saat berkendara. Jadi, kapan mau ganti nitrogen buat ban kendaraanmu?

Baca Juga: 5 Tips Jitu Agar Ban Motor Lebih Awet, Mudah Dilakukan!

Ruth Christian Photo Verified Writer Ruth Christian

@ruthchristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya