Comscore Tracker

Sederet Alasan yang Membuat Rem Brembo Digemari di Dunia

Brembo jadi penguasa pasar sistem pengereman

Jakarta, IDN Times - Bagi kebanyakan orang, Brembo sejatinya identik dengan dunia balap. Beragam motor balap yang digunakan dalam ajang World Superbike (WSBK) atau MotoGP. Mulai dari Aprilia, Ducati, Suzuki, KTM, dan beberapa pabrikan lain, semuanya memakai Brembo.

Namun, pihak Brembo menyatakan ingin agar produk mereka tidak digunakan di dunia balap saja. Mereka juga ingin Brembo dipakai oleh masyarakat untuk menopang aktivitas sehari-hari. Mereka mulai membuat suku cadang pengereman untuk berbagai jenis motor.

Lalu, apa yang membuat produk Brembo ini begitu diminati, terutama dalam hal pasar suku cadang rem di dunia?

1. Penggunaan alumunium sebagai bahan dasar

Sederet Alasan yang Membuat Rem Brembo Digemari di Duniabrembo.com/Rem MotoGP Brembo

Brembo memang sudah banyak melakukan evolusi dan inovasi dalam hal suku cadang sistem pengereman. Namun, dari semua evolusi dan inovasi itu, ada satu hal yang tidak mereka tinggalkan sampai sekarang. Mereka setia menggunakan alumunium sebagai bahan dasarnya.

Pemakaian alumunium membuat produk-produk yang diciptakan Brembo jadi lebih ringan, tetapi kuat. Semakin ringan bahan yang digunakan, kian baik pula performa rem dan akselerasi yang dihasilkan. Hal itu berpengaruh pada kelincahan motor.

Baca Juga: Deretan Fakta Mengejutkan Seputar Rem Brembo

2. Brembo kerap menciptakan produk yang futuristik

Sederet Alasan yang Membuat Rem Brembo Digemari di Duniavividracing.com/Rem Brembo

Setiap produk baru yang dihasilkan Brembo selalu bersifat futuristik, bahkan tak jarang susah dipahami. Produk-produk futuristik ini hadir dari riset dan keberanian Brembo untuk menantang batas. Mereka kerap menyisihkan lima persen dari omzet untuk bidang riset dan pengembangan.

Selain itu, riset dan penelitian yang Brembo lakukan juga kerap melibatkan tahap pengujian. Alhasil, bukan hanya futuristik, produk-produk yang dihasilkan Brembo juga berbasis fungsionalitas, indah, sekaligus nyaman digunakan. Sudah lebih 400 hak paten diajukan Brembo sejauh ini.

Tidak cuma itu, Brembo juga berani berinovasi lewat desain dan warna. Kesan futuristik ini didapatkan lewat inovasi tersebut. Tak jarang, produk-produk Brembo memadukan warna yang apik, disertai desain yang juga ciamik. Tak heran, mereka begitu merajai pasar sistem pengereman di dunia.

3. Uji coba yang konsisten, panjang, dan teliti

Sederet Alasan yang Membuat Rem Brembo Digemari di Duniahsrwheel.com/Rem Brembo

Tidak cuma perkara desain, Brembo juga sadar kualitas produk menentukan kekuatannya di pasar. Alhasil, setiap produk yang dihasilkan Brembo harus melewati uji coba yang panjang, teliti, dan konsisten. Bahkan, tahap uji coba ini bisa dibilang berat.

Total, setiap tahun Brembo menghabiskan 350 ribu jam kerja untuk bench test, dan 200 ribu jam kerja untuk road test. Sederet tes ini dilakukan untuk menguji suku cadang sistem pengereman, di kondisi penggunaan yang mirip dengan kehidupan sehari-hari.

Dengan segala hal ini, jangan heran Brembo begitu digemari. Bisa jadi, motor yang kamu pakai saat ini juga menggunakan sistem pengereman Brembo, karena juga menyasar motor-motor paling bergengsi di dunia.

Baca Juga: Tanda-tanda Kampas Rem Mulai Habis, Jangan Sampai Blong!

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya