Comscore Tracker

Cara Beli Motor Cash, Mudah dan Cepat

Perhatikan tahapan cara-cara ini agar tak dipersulit!

Jakarta, IDN Times - Motor sudah menjadi salah satu kebutuhan utama bagi masyarakat Indonesia. Untuk mobilitas yang lebih dinamis, motor memang memberikan solusi yang sangat praktis. Itulah mengapa banyak dealer-dealer menawarkan promo menarik serta kemudahan-kemudahan dalam pengajuan kredit pembelian sepeda motor.

Namun, Anda juga tetap bisa mendapatkan sepeda motor secara langsung dan tanpa harus kredit, kok. Simak informasi cara beli motor cash selengkapnya di bawah ini!

1. Cari informasi seputar spesifikasi dan ulasan mengenai motor yang kamu butuhkan

Cara Beli Motor Cash, Mudah dan CepatIlustrasi Mencari Informasi (unsplash.com/Firmbee.com)

Cara beli motor cash yang pertama adalah pastikan untuk mengetahui terlebih dahulu motor seperti apa yang kamu butuhkan. Apakah kamu membutuhkan motor yang hanya digunakan di jalanan yang lancar atau akan digunakan ke medan-medan yang sulit. Atau juga kamu membutuhkan motor dengan ukuran yang sedikit kecil atau yang berukuran cukup besar.

Karena ketika sudah memasuki dealer, bukan tidak mungkin kamu akan tergoda dengan bujukan-bujukan sales dealer sehingga motor yang kamu beli tidak sesuai dengan apa yang dibutuhkan sebelumnya. Sehingga pastikan untuk mencari info sebanyak-banyaknya, ya!

2. Perhatikan dokumen-dokumen yang perlu dibawa

Cara Beli Motor Cash, Mudah dan CepatIlustrasi KTP Elektronik atau E-KTP (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Tahapan cara beli motor cash yang kedua adalah membawa dokumen-dokumen yang diperlukan. Adapun dokumen yang diperlukan saat akan membeli sepeda motor adalah KTP dan KK. KTP dan KK ini dibutuhkan agar dapat dibuatkan dokumen kelengkapan sepeda motornya, seperti STNK dan BPKB. Pastikan juga Anda membuat salinan atau fotocopy dari KTP dan KK tersebut.

3. Pastikan ketersediaan motor di dealer

Cara Beli Motor Cash, Mudah dan CepatIlustrasi Varian Motor (unsplash.com/Florian Udrisard)

Tahapan cara beli motor cash yang ketiga adalah pastikan apakah motor yang Anda akan beli harus indent atau menunggu terlebih dahulu ketersedian stock motor di dealer. Untuk beberapa seri atau warna motor, memang memerlukan waktu terlebih dahulu untuk bisa Anda dapatkan setelah melakukan pemesanan. Agar tak kecewa karena harus menunggu, sebaiknya tanyakan ketersedian varian motor yang akan Anda beli terlebih dahulu.

4. Lakukan transaksi

Cara Beli Motor Cash, Mudah dan CepatIlustrasi Transaksi (unsplash.com/Sharon McCutcheon)

Setelah Anda setuju untuk melakukan pembelian sepeda motor, tahapan cara beli motor cash selanjutnya adalah dengan melakukan transaksi. Petugas dealer akan menghitung rincian biaya yang perlu Anda bayarkan. Untuk pembayaran, Anda bisa langsung membayar secara tunai atau via transfer.

Untuk pembayaran via transfer, biasanya Anda perlu membayar sejumlah uang terlebih dahulu sebagai bukti bahwa kamu memang betul akan membeli motor tersebut. Selain itu, untuk pembelian motor cash atau secara langsung diharuskan pula untuk membayar biaya ACC tahun.

Sebagai pertimbangan, kita tentu tidak tahu apa yang akan terjadi saat Anda akan melakukan transaksi pembelian motor ini. Guna mencegah terjadinya tindak laku kejahatan atau hal-hal yang tidak diinginkan lainnya, disarankan untuk melakukan pembayaran via transfer saja. Sehingga keamanan selama Anda bertransaksi pun akan lebih terjamin.

5. Motor akan diantarkan ke tempat tinggal

Cara Beli Motor Cash, Mudah dan CepatIlustrasi Motor (unsplash.com/Ruslan Bardash)

Jika transaksi telah selesai dan motor yang Anda beli stoknya tersedia di dealer, Anda hanya cukup pulang ke rumah saja. Karena nanti dari pihak dealer akan mengirimkan secara langsung motor tersebut ke kediaman anda, di hari yang sama saat Anda melakukan transaksi.

Promo-promo serta kemudahan dalam kredit motor yang begitu masif seringkali memberikan persepsi bahwa membeli motor secara cash akan lebih sulit ketimbang kredit. Namun, hal ini bukanlah perkara yang rumit karena yang Anda perlukan adalah hanya melakukan persiapan yang lebih ekstra saja. Sehingga dengan informasi seputar cara beli motor cash ini, tidak menyurutkan niat Anda dalam mendapatkan motor yang Anda idam-idamkan.

Penulis: Syahrial Maulana Sudarto

Baca Juga: Step by Step Mengajukan Kredit Motor di PT Pegadaian

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya