Comscore Tracker

Skutik Terendam Banjir, Segara Lakukan 6 Langkah Ini 

Jangan dibiarkan, segera ke bengkel untuk diperiksa

Jakarta, IDN Times - Di musim hujan seperti ini sering kali kita harus menerabas genangan air yang cukup tinggi meski kita tahu air bisa menimbulkan masalah pada motor, seperti mesin mogok hingga sasis berkarat.

Oleh karena itu, untuk kamu pengguna motor yang terbiasa menerjang banjir, kamu perlu membawa motormu ke bengkel untuk diperiksa. Berikut cara mengatasi motor matik kena banjir yang perlu dilakukan sebagai pertolongan pertama.

1. Periksa bagian oli

Skutik Terendam Banjir, Segara Lakukan 6 Langkah Ini IDN Times-Dhana Kencana

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memeriksa bagian oli motor baik oli mesin maupun oli transmisi. Setelah terendam banjir, air berpotensi masuk dan tercampur dengan oli. Hal tersebut justru berbahaya apabila kamu berkendara dengan oli yang tercampur air.

Oli yang seharusnya melumasi mesin-mesin agar tidak terjadi aus, performanya akan berkurang ketika terkontaminasi air. Lama kelamaan mesin akan rusak dan aus, dan kamu perlu melakukan servis dengan biaya yang tidak sedikit.

Kamu bisa langsung membersihkan dan mengganti oli mesin dan transmisi dengan oli baru yang biasa kamu gunakan. Jangan dibiarkan sampai mesin motormu rusak!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik, Paling Laris di Indonesia!

2. Filter udara

Skutik Terendam Banjir, Segara Lakukan 6 Langkah Ini Ilustrasi Filter Udara (pixabay.com/sektohyo)

Filter udara berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke dalam ruang pembakaran agar selalu bersih. Karena apabila udara kotor yang masuk, hal itu bisa menyumbat sistem injeksi ataupun karburator.

Ketika terendam banjir, filter udara akan bekerja lebih keras. Ketika hal tersebut dibiarkan, maka akan terjadi kerusakan. Oleh karena itu, periksa bagian filter udara apakah masih dalam keadaan baik atau tidak. Jika ternyata sudah tidak layak pakai, lakukan penggantian filter udara agar tetap bisa bekerja dengan optimal.

Baca Juga: Step by Step Membersihkan Filter Udara Motor, Gak Perlu ke Bengkel

3. Knalpot kemasukan air

Skutik Terendam Banjir, Segara Lakukan 6 Langkah Ini ilustrasi knalpot motor (Pexels.com/Sven van Bellen)

Cara mengatasi motor matic kena banjir selanjutnya adalah mengeringkan air dalam knalpot. Air tersebut bisa menghambat arus gas buang sisa pembakaran di mesin, dan akhirnya mesin sulit untuk dinyalakan. Walaupun air bisa kering seiring motor dinyalakan karena panas knalpot, tetapi kamu tetap perlu untuk mengeluarkan air terlebih dahulu agar knalpot lebih cepat kering.

Kamu bisa mengangkat ban bagian depan hingga tegak, agar air yang ada di dalam knalpot bisa keluar. Setelah itu, lakukan pemeriksaan pada bagian komponen mesin lain.

4. Lepaskan busi motor

Skutik Terendam Banjir, Segara Lakukan 6 Langkah Ini ilustrasi busi (startrescue.co.uk)

Setelah mengeluarkan air dari knalpot, kamu bisa mulai periksa busi motor karena air juga bisa membasahinya. Lepaskan busi, kemudian kamu bisa tiup topi busi hingga kering. Keringkan busi agar ketika digunakan performanya tidak terganggu. Kamu juga bisa melakukan engkol pada motor agar air yang berada di dalam silinder bisa keluar melalui lubang busi.

Baca Juga: Motor Terendam Banjir? Ini 5 Langkah Awal yang Perlu Kamu Lakukan

5. CVT atau continuously variable transmission

Skutik Terendam Banjir, Segara Lakukan 6 Langkah Ini Ilustrasi CVT Skuter Matik (IDN Times/Fadhliansyah)

Air yang masuk ke bagian cvt akan menggangu kinerja primary sheeve (drive pulley) dan secondary sheeve (driven pulley), sehingga tidak mau mentransfer tenaga mesin ke roda. 

Kamu bisa membuang air pada bagian CVT dengan membuka atau melepas selang yang berada di bagian ujung CVT motor matic.

Baca Juga: Biaya Servis Mobil Terendam Banjir di Bengkel Resmi dan Bengkel Umum

6. Pastikan kabel-kabel dan aki kering

Skutik Terendam Banjir, Segara Lakukan 6 Langkah Ini ldsmx.com

Terakhir, kamu bisa pastikan sistem kelistrikan pada motor harus dalam keadaan kering agar kinerjanya tidak terganggu. Jika ternyata terdapat kabel-kabel yang basah, sebaiknya ganti dengan yang baru. Hal ini tentu perlu dilakukan oleh ahlinya. Oleh karena itu kamu perlu membawa motor ke bengkel resmi dan tepercaya untuk mendapat bantuan mengatasi motor matic yang terkena banjir.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu periksa dalam mengatasi motor matic kena banjir. Lakukan di bengkel resmi dan tepercaya agar tidak terjadi hal-hal di luar dugaan yang malah membuatmu mengeluarkan modal lebih banyak.

Temukan informasi menarik lainnya seputar otomotif hanya di IDN Times. Kamu juga bisa temukan informasi dan tips seputar mobil yang sayang untuk kamu lewatkan.

Penulis: Deden Usman Hafidi

Baca Juga: 9 Cara Membersihkan Mobil Setelah Terendam Banjir dengan Mudah

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya