Comscore Tracker

Berminat Menjadi Mitra Gojek? Ini Syarat Motor yang Harus Dipenuhi

Cari tahu dulu sebelum gabung!

Jakarta, IDN Times - Layanan ojek online atau ojol kini sedang digandrungi masyarakat, terutama mereka yang tidak bisa membawa kendaraan. Sebab banyak jenis layanan yang bisa digunakan dari aplikasi ojek online seperti Gojek, seperti penjemputan menggunakan motor dan mobil, pengiriman paket secara instan, hingga memesan makanan. 

Karena antusias masyarakat yang besar terhadap aplikasi ojek online inilah pada akhirnya banyak pengendara yang mendaftarkan dirinya untuk menjadi mitra. Baik sebagai pekerjaan sampingan maupun utama.

Namun, terdapat beberapa syarat motor mulai dari kondisi hingga kelengkapan lain yang mesti dipenuhi oleh calon mitra yang ingin mendaftar Gojek. Syarat tersebut didasarkan atas keamanan dan kenyamanan calon penumpang yang nantinya akan memesan.

Kira-kira apa saja syarat motor Gojek yang harus kamu penuhi sebagai calon mitra baru? Berikut penjelasannya!

1. Minimal tahun motor yang akan digunakan

Berminat Menjadi Mitra Gojek? Ini Syarat Motor yang Harus DipenuhiGojek menjadi platform terdepan di Asia Tenggara (Dok. Gojek)

Motor sebagai bagian utama dalam pendaftaran sebagai mitra gojek haruslah mendaftarkan perhatian lebih. Dalam hal ini, motor dengan keluaran terbaru tentu memiliki kenyamanan yang lebih baik dari motor-motor seri lama. Karena pekerjaanmu nantinya akan berhubungan dengan penumpang, ada baiknya gunakan motor dengan tahun lebih muda.

Gojek sendiri memberikan syarat maksimal umur motor 8 tahun dihitung dari tahun mendaftar sebagai mitra. Namun, ada baiknya kamu bisa gunakan motor keluaran tahun 2019 atau lebih baru agar motor tersebut tidak banyak kendala yang terjadi. Kamu pasti tidak mau mengecewakan penumpang karena terjadi kerusakan pada mesin saat pengantaran, bukan?

Selain itu, persyaratan lain yang harus kamu penuhi, seperti maksimal cc motor tidak boleh dari sama dengan 250 cc, kendaraan 4 tak, dan bukan motor tipe trail, sport, atau touring.

Baca Juga: Gojek Luncurkan Jaminan Penjemputan Tepat Waktu, Ini Kelebihannya! 

2. Pajak STNK masih aktif

Berminat Menjadi Mitra Gojek? Ini Syarat Motor yang Harus Dipenuhiilustrasi stnk (ibid astra)

Kewajiban membayar pajak motor harus kamu penuhi. Gojek tidak menerima kendaraan dengan pajak motor yang mati. Untuk itu, pastikan kamu membayar pajak motor yang akan kamu daftarkan sebagai mitra Gojek. Segera bayarkan jika pajak motormu sudah lewat dari waktu yang seharusnya.

3. Kepemilikan motor yang digunakan jelas

Berminat Menjadi Mitra Gojek? Ini Syarat Motor yang Harus DipenuhiDoc.Gojek Indonesia

Ketika kamu akan mendaftar sebagai mitra Gojek, motor yang kamu daftarkan harus jelas kepemilikannya. Jika motor yang kamu daftarkan adalah milikmu, kamu tidak perlu khawatir karena data pada STNK dan KTP akan sama. Namun, tidak sedikit yang mendaftar dengan kepemilikan motor orang lain, baik keluarga, saudara, atau teman. Jika seperti ini, kamu harus membuktikan pemilik motor dengan jelas.

Kamu bisa menunjukkan kepemilikan motor menggunakan BPKB. Selain itu, kamu juga harus membuat surat kuasa pemakaian kendaraan motor dari pemilik utama ke calon driver

Jangan sampai kamu mendaftar sebagai mitra tetapi tidak dapat memenuhi surat-surat kepemilikan motor dengan jelas.

Baca Juga: 5 Jenis Servis Motor yang ada di Bengkel

4. Surat kelengkapan berkendara

Berminat Menjadi Mitra Gojek? Ini Syarat Motor yang Harus DipenuhiWarga mengurus perpanjangan SIM dalam program SIM Masuk Desa. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Selain surat-surat bukti kepemilikan motor, kamu tentu harus sudah memiliki surat kelengkapan berkendara, dalam hal ini SIM. Kamu tidak bisa mendaftar jika masih belum memiliki SIM walaupun umurmu sudah cukup. Oleh karena itu, segera lengkapi surat kelengkapan berkendara sebelum mendaftar menjadi mitra. Pastikan bahwa SIM masih aktif, dan segera perpanjang jika sudah mendekati waktu habis.

5. Kendaraan bermotor dalam kondisi layak jalan

Berminat Menjadi Mitra Gojek? Ini Syarat Motor yang Harus DipenuhiArmada motor listrik Gojek sering diminta foto bareng (Dok. Gojek)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa menjadi mitra Gojek harus mengutamakan keamanan dan kenyamanan penumpang. Pastikan kendaraan motormu dalam kondisi layak jalan. Kalau kamu tidak yakin, kamu bisa bawa motormu ke bengkel resmi untuk diperiksa keseluruhan kondisi motor. Jika ditemukan kerusakan, segera perbaiki dan ganti.

Itulah syarat motor Gojek yang harus dipenuhi untuk kamu yang berminat menjadi mitra. Semua syarat motor tersebut berkaitan dengan kenyamanan dan keamanan berkendara bagi penumpang maupun driver. Jadi, pastikan untuk memenuhi semua syarat agar proses pendaftaran menjadi lancar.

Temukan informasi menarik lainnya seputar otomotif hanya di IDN Times. Kamu juga bisa menemukan informasi menarik seputar mobil yang sayang untuk kamu lewatkan.

Penulis: Deden Usman Hafidi

Baca Juga: 5 Motor Baru di Bawah Rp15 Juta, Ada Matic hingga Motor Listrik

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya