Comscore Tracker

SYM Fiddle 125: Skutik Retro Asal Taiwan yang Mirip Vespa Matic

Sekilas hampir mirip dengan Vespa matic.

Jakarta, IDN Times - Skutik dengan gaya retro kini memang sedang banyak digandrungi, khususnya di kalangan anak muda. Vespa matic dengan look retro-nya yang khas menjadi salah satu motor yang dianggap keren saat ini.

Melihat hal ini, kini banyak pabrikan motor lain yang juga turut memeriahkan persaingan skutik bergaya retro. Salah satunya adalah pabrikan motor asal Taiwan, SYM, yang mengeluarkan varian SYM Fiddle 125.

Yuk, intip lebih jauh seputar SYM Fiddle 125 yang sering dinilai mirip dengan salah satu varian Vespa matic ini!

1. Look yang eksotis ala skutik retro asal Italia

SYM Fiddle 125: Skutik Retro Asal Taiwan yang Mirip Vespa MaticIlustrasi SYM Fiddle 125 varian warna Green Petrol (www.sym-global.com)

Dari sekilas pandang kamu tentu akan familiar dengan look dari SYM Fiddle 125 ini. Yup, tampilan bodi nya kental akan unsur skutik retro asal Italia, yakni Vespa matic. Lampu depan yang dibuat dengan bentuk lingkaran dengan unsur chrome yang mengelilinginya, menjadikan bagian ini sebagai elemen penunjang kesan retro yang kuat.

Bagian lampu depan ini menggunakan lampu dengan daya 35 watt dan lampu sein dengan daya 10 watt di sisi samping bagian depan motor. Menggunakan komponen modern, SYM Fiddle 125 juga dibekali dengan lampu LED. Namun pemasangan lampu LED ini berada di bagian samping motor pada DRL, berbeda dari kebanyakan motor lainnya.

Unsur modern yang kontrak dengan look retro pada motor ini juga terlihat pada bagian panel. Panel SYM Fiddle 125 sudah menggunakan LCD atau digital, dengan angka speedometer, indikator bahan bakar, dan trip meter di bagian tengah dan lambing-lambang indikator lain di sampingnya. Pada bagian LCD panel juga terdapat dua tombol pengaturan.

Ragam pilihan warna untuk SYM Fiddle 125 pun begitu stylish, ada Petrol Green, Mat Blue, Grey, White with Red Seat, dan White with Black Seat.

Baca Juga: SYM Jet X 150 Bisa Jadi Alternatif Yamaha NMax dan Honda PCX

2. Kenyamanan pengguna semakin diperhatikan

SYM Fiddle 125: Skutik Retro Asal Taiwan yang Mirip Vespa MaticIlustrasi bagian jok SYM Fiddle 125 yang disesuaikan dengan kenyamanan penggunanya (www.sym-global.com)

Tak hanya memperhatikan unsur estetikanya saja, tapi juga kenyamanan pengguna pada SYM Fiddle 125 juga turut diperhatikan. Bagian dek untuk kaki pengendara dibuat lebar agar memudahkan penggunanya untuk leluasa dalam memijak saat berkendara.

Bagian jok juga turut diperhatikan dengan seksama agar lebih memudahkan para pengendara dan penumpangnya. Untuk jok bagian depan, dibuat dengan lebih meramping di sampingnya agar pengendara lebih mudah dan tak perlu jinjit saat menampakkan kaki di jalan. Selain itu pada bagian jok belakang juga dibuat meninggi, hal ini agar penumpang bisa nyaman saat duduk. Tak hanya penyesuaian bentuk saja, jok SYM Fiddle 125 ini juga dibuat lebih empuk agar riding jadi jauh lebih nyaman.

3. Performa hingga aspek keamanan SYM Fiddle 125

SYM Fiddle 125: Skutik Retro Asal Taiwan yang Mirip Vespa MaticIlustrasi pengaman kunci SYM Fiddle 125 dengan sistem pengaman magnet (www.sym-global.com)

Menggunakan mesin berkapasitas 124.6 cc, 4-sroke, satu silinder, membuat SYM Fiddle mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 8.4 kW pada 8.500 rpm dan torsi maksimum hingga 10.3 Nm pada 6.500. Masih cukup mumpuni untuk penggunaan motor untuk kebutuhan mobilitas harian, nih.

Untuk aspek keamanan motor, sistem pengereman pada SYM Fiddle 125 sudah menggunakan rem ABS (Anti-Lock Braking System) dengan adanya cakram di bagian belakang, alih-alih menggunakan rem tromol seperti yang terdahulu. Sayangnya untuk pengaman pada bagian kunci motor di skutik desain retro ini masih menggunakan sistem pengaman magnet.

Baca Juga: 5 Daftar Harga Vespa Matic Terbaru, Harga Mulai Rp39 Juta

4. Harga SYM Fiddle 125

SYM Fiddle 125: Skutik Retro Asal Taiwan yang Mirip Vespa MaticIlustrasi SYM Fiddle 125 varian warna White with Red Seat (www.sym-global.com)

Untuk harga dari skutik SYM Fiddle 125 ini sebagaimana dilansir dari Motosaigon.vn, dibanderol sebesar 50 juta VND atau setara dengan Rp. 32 juta (kurs 1 VND = Rp. 0,64/ 04/07/2022).

Inilah informasi seputar SYM Fiddle 125, skutik yang diusung oleh SYM, pabrikan motor asal Taiwan, yang didesain dengan look ala retro yang kental. Namun sayangnya, belum ada kabar terkini jika skutik ala retro ini akan mengaspal di jalanan Indonesia. Jika SYM Fiddle 125 ini dipasarkan di Indonesia, tentu akan semakin menyemarakkan persaingan skutik retro yang kini sedang sangat digandrungi terutama di kalangan anak muda Indonesia.

Penulis: Syahrial Maulana Sudarto

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya