Comscore Tracker

5 Tips Merawat Motor Listrik Biar Awet

Motor listrik gak cuman asal pake

Jakarta, IDN Times - Motor listrik kini semakin diminati para biker. Ini bisa dilihat dari semakin banyaknya produsen otomotif yang serius menggarap motor listrik.

Sebab, selain lebih efisien, motor listrik juga lebih ramah lingkungan. Selain itu motor listrik juga lebih senyap dan bertenaga.

Tapi, seperti motor konvensional,motor listrik pun memerlukan perawatan berkala layaknya motor biasa. Hanya saja, perawatan yang dilakukan pada motor listrik memang berbeda dengan motor berbahan bakar bensin. 

Berikut tips perawatan motor listrik agar tetap awet dan tidak sering service.

1. Hindari berkendara di area banjir

5 Tips Merawat Motor Listrik Biar AwetGenangan banjir di kawasan Pasar Induk Rau, Serang, Banten, Selasa (14/9/2021). (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Menghindari berkendara di area banjir tidak hanya dilakukan oleh motor listrik saja, tetapi umumnya motor biasa pun harus menghindarinya. Walaupun motor masih bisa melewati genangan air yang rendah, tetapi jika genangan dirasa sudah bisa masuk ke dalam motor, baiknya mencari jalan alternatif. Hal ini dilakukan agar air yang masuk ke dalam motor tidak merusak bagian mesin yang penting. 

Untuk motor listrik sendiri, meskipun sudah dirancang sedemikian rupa agar tahan air, tetap hindari genangan air yang ketinggiannya melebihi soket pengisian daya. Soket tersebut berada di antara kaki pengendara atau di area dek tengah. Oleh karena itu, demi keawetan motor listrik, jangan dipaksakan untuk melewati genangan air yang tinggi.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Bakal Hijrah ke Motor Listrik

2. Hindari mencuci motor listrik dengan kompresor

5 Tips Merawat Motor Listrik Biar Awet(IDN Times/Dwi Agustiar)

Hampir sama seperti berkendara di area banjir, menghindari cuci motor dengan tekanan tinggi seperti menggunakan kompresor juga berguna agar air tidak masuk ke bagian dalam motor. Pada motor listrik terdapat kisi-kisi udara di bagian kolong bodi motor. Jika air masuk ke dalam kisi-kisi, berpotensi untuk merusak sistem kelistrikan pada motor. Untuk itu, gunakan lap pencuci seperti kanebo untuk mencuci motor listrik dan menjaga sistem kelistrikan dari air.

3. Cabut baterai ketika motor tidak digunakan

5 Tips Merawat Motor Listrik Biar AwetMobil listrik sedang mengisi ulang baterai di SPKLU PLN UID Jateng dan DIY, Rabu (21/7/2022). (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Tips selanjutnya adalah mencabut baterai ketika motor tidak sedang digunakan. Ketika motor tidak digunakan, baterai yang tertanam akan mengalami self discharge. Hal ini disebabkan karena meskipun dalam keadaan mati, listrik pada motor tetap digunakan misal untuk menyalakan alarm.

Oleh karena itu, mengisi daya baterai hingga penuh lalu mencabutnya ketika motor tidak digunakan menjadi salah satu cara agar motor listrik tetap awet terutama bagian baterai. Ingat, cabut baterai harus dalam keadaan penuh, ya!

Baca Juga: 3 Cara Mengecas Motor Listrik

4. Rutin ganti van belt

5 Tips Merawat Motor Listrik Biar AwetBukalapak.com/Van belt motor

Van belt merupakan bagian dari motor listrik yang memiliki fungsi menyalurkan daya dari mesin ke sistem penggerak. Pada motor listrik sendiri, penggantian van belt, disarankan setiap menempuh jarak 3.000 km, walaupun dirasa tarikan motor masih terasa enak ketika digunakan. Hal ini dimaksudkan agar van belt tidak putus di tengah jalan. Kalau sudah putus di tengah jalan akan cukup merepotkan, bukan?

Kamu bisa mengganti van belt ke bengkel yang biasa menanganai motor listrik.

5. Selalu memerika sistem pengereman

5 Tips Merawat Motor Listrik Biar AwetIlustrasi sistem pengereman motor (IDN Times/Fadhliansyah)

Seperti motor pada umumnya, memeriksa sistem pengereman juga penting dilakukan demi keselamatan saat berkendara. Jangan lupa untuk selalu rutin mengecek bagian kampas rem baik roda depan maupun belakang setiap 2 sampai 3 bulan sekali. Jika kamu merasa pengereman sudah tidak enak digunakan, segera lakukan penggantian ke bengkel resmi.

Itulah 5 tips perawatan motor listrik agar motormu tetap awet. Memang beberapa terbilang hampir mirip dengan perawatan motor biasa, tetapi tetap saja hal ini penting kamu ketahui terutama pada bagian perawatan yang berbeda. Apalagi perawatan motor listrik terbilang cukup mudah dilakukan dan tidak harus sesering seperti pada motor biasa.

Temukan informasi menarik seputar otomotif lainnya hanya di IDN Times. Kamu juga bisa temukan informasi menarik seputar mobil juga yang sayang untuk dilewatkan!

Penulis: Deden Usman Hafidi

Baca Juga: Motor Listrik Anyar Alva Berdesain Skutik Gambot, Rilis di GIIAS 2022

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya