Comscore Tracker

Uniknya Motor Bebek TVS XL100

Perawakannya lebih mirip motor listrik!

Jakarta, IDN Times - Motor-motor yang melintasi jalanan di Indonesia mayoritas dikuasai oleh pabrikan Jepang, seperti Honda dan Yamaha. Padahal ada pabrikan lain yang juga bermain di pasar otomotif Indonesia, seperti TVS dari India.

Untuk segmen motor bebek, TVS menyediakan TVS XL100 yang perawakannya cukup unik dibandingkan bodi motor bebek lain yang beredar di Indonesia. Diperuntukkan khusus untuk penggunaan niaga, simak informasi seputar TVS XL100 ini dari mulai penampakkan bodi nya yang unik hingga harganya yang cukup murah dibandingkan motor sejenisnya.

Yuk, disimak!

1. Perawakannya sekilas mirip motor listrik

Uniknya Motor Bebek TVS XL100gaadiwaadi.com

Dari pertama kali melihat, tentu kamu sudah langsung tertuju pada bodi motor bebek TVS XL100 ini. Ya, sasis pada motor bebek atau moped ini berbentuk ‘U’ dengan tampilan yang lebih mirip dengan motor listrik dibandingkan motor bebek. Bentuk sasis dengan menyisakan space dek pada bagian tengah motor seperti ini memang menjadi salah satu ciri khas dari TVS XL100 yang peruntukkannya sebagai motor untuk pengangkut barang atau heavy duty.

Selain itu desain keseluruhan moped ini terlihat begitu antik, berkat penggunaan lampu halogen berbentuk bulat yang cukup besar. Yang memberikan sedikit kesan modern pada motor ini adalah adanya DRL LED di bagian bawah lampu halogen.

Untuk jok nya, TVS XL100 memiliki jok terpisah yang berbeda dari kebanyakan motor yang beredar di Indonesia. Bagian jok belakang motor bebek ini dapat dilepas sehingga menyisakan rak besi yang space-nya dapat digunakan untuk mengangkut barang bawaan lebih banyak.

Baca Juga: BMW Gandeng TVS Apache Garap Motor G 310 RR

2. Posisi tangki di luar jok

Uniknya Motor Bebek TVS XL100tvsmotor.co.id

Peletakkan tangki bensin di bagian luar jok umumnya dapat ditemui di motor sport atau motor-motor matic keluaran terbaru, seperti Vespa matic atau Yamaha NMAX. Untuk tangki bensin motor bebek TVS XL100 ini juga peletakannya berada di luar jok juga, lho. Peletakkan tangki bensin di bagian luar ini sangat memudahkan pengguna motor untuk tak perlu membuka jok motor saat akan mengisi bensin.

Untuk volume yang dapat ditampung oleh tangki bensin TVS XL100 ini dapat mencapai hingga 4 liter.

3. Bagian setang bergaya retro yang khas

Stang pada motor TVS XL100 ini terlihat cukup khas dengan gaya retro ala motor sport jadul. Posisi stang nya sendiri dibuat cukup tinggi, memudahkan pengguna motor untuk lebih tegak saat berkendara menggunakan motor bebek ini.

Di bagian dashboard fiturnya cukup minimalis, hanya terdiri dari speedometer, odometer, satu set lampu indicator, dan slot lubang kunci. Tak ada indikator volume bahan bakar pada dashboard TVS XL100 ini, melainkan hanya pengingat dari lampu indikator yang menyala ketika cadangan bahan bakar sudah cukup rendah.

Untuk kamu seringkali ponsel nya sering habis daya nya saat sedang berkendara di luar akan senang dengan fitur di motor TVS XL100 satu ini, karena TVS XL100 menyediakan slot USB di bagian bawah speedometer yang dapat digunakan untuk mengisi daya ponsel saat sedang berkendara. Sangat berguna terutama untuk orang-orang yang frekuensi penggunaan ponsel di luar ruangannya cukup sering.

4. Performa mesin TVS XL100

Menyematkan mesin berkapasitas 99.7 cc, 4 tak, membuat tenaga yang dihasilkan moped ini cukup kecil yakni 4,3 BHP pada 4.000 rpm dan torsi maksimum hingga 6,5 Nm pada 3.500 rpm.

Transmisi yang digunakannya pun hanya satu percepatan saja atau single speed. Cukup nanggung bagi pengendara motor yang senang menggeber dengan kecepatan tinggi, namun nyaman bila digunakan untuk orang yang masih awam dengan penggunaan motor bebek.

Sistem penyuplai bahan bakar di TVS XL100 ini sudah injeksi dengan nama EcoThrust Fuel Injection (ET-FI) generasi terbaru, yang diklaim oleh TVS mampu membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih efisien dan irit.

Untuk memudahkan proses starter yang lebih halus dan nyaman, TVS menyematkan teknologi starter generator yang terintegrasi (ISG), mirip dengan teknologi SMG pada Yamaha dan ACG pada Honda.

5. Harga TVS XL100

Tersedia dalam dua warna, Hitam dan Cokelat, TVS XL100 dibanderol dengan harga yang cukup murah yakni mulai dari Rp. 13,9 jutaan (OTR) untuk TVS XL100 warna hitam dan mulai dari Rp. 14,3 jutaan untuk TVS XL100 dengan warna cokelat.

Penulis: Syahrial Maulana Sudarto

Baca Juga: Ganti Oli Motor Gak Sesuai Spek, Siap-siap Motor Bermasalah

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya