Comscore Tracker

5 Tanda Helm Kesayanganmu Sudah Harus Diganti

Jangan nunggu pecah dulu!

Saat berkendara dengan motor, helm adalah alat safety yang wajib untuk selalu dipakai. Tidak jarang kita melihat helm yang sudah hilang pengaitnya, hilang tutup kacanya, berkarat dan mengelupas di beberapa bagian namun masih tetap saja digunakan.

Padahal untuk kepentingan safety, helm yang digunakan harus dipastikan dalam kondisi baik dan bagian-bagiannya berfungsi sebagaimana mestinya. Nah, jadi sebenarnya gimana sih tanda helm yang sudah tidak layak pakai? 

1. Sudah melebihi 5 tahun pemakaian

5 Tanda Helm Kesayanganmu Sudah Harus Digantiunsplash.com

Jangan salah, helm juga punya masa kadaluarsa lho. Standarnya, helm bisa digunakan selama 3-5 tahun pemakaian. Kecuali helm sangat jarang dipakai dan hanya digunakan sesekali saja. Coba sudah berapa lama usia dan seberapa sering helm mu digunakan. Jika sudah melebihi 5 tahun dan selalu digunakan, berarti sudah saatnya helm harus diganti baru.

2. Banyak goresan atau retakan yang tidak bisa hilang

5 Tanda Helm Kesayanganmu Sudah Harus Digantisouthbayriders.com

Salah satu helm harus segera diganti adalah cat yang sudah burik, mengelupas dan juga ada banyak goresan yang sudah tidak bisa dihilangkan. Jika kondisinya seperti ini biasanya helm sangat sering digunakan, sehingga sering terpapar sinar matahari dan hujan. Selain itu kaca helm biasanya juga sudah buram, namun masih bisa disiasati dengan mengganti kaca helmnya saja.

Baca Juga: 5 Langkah Mudah Mencuci Helm Sendiri, Gampang Kok!

3. Lapisan busa bagian dalam helm sudah mengeras

5 Tanda Helm Kesayanganmu Sudah Harus Digantiyoutube.com

Fungsi dari busa di dalam helm adalah untuk melindungi kepala dari benturan. Jika bagian busanya sudah keras, maka fungsi dari helm sebagai pelindung kepala juga akan berkurang . Lapisan busa yang sudah mengeras dan mengempis, tentunya malah akan membuat kepala menjadi tidak nyaman bahkan sakit saat memakai helm. 

4. Karet lis di sekeliling helm mulai lepas

5 Tanda Helm Kesayanganmu Sudah Harus Digantireddit.com

Ciri lainnya adalah lepasnya karet lis di sekeliling helm dengan sendirinya, yang ada di bagian belakang bawah dan depan helm. Karet lis bisa lepas karena usia helm yang sudah tua dan sering terpapar cuaca, sehingga daya tahan lem sudah hilang dan menyebabkan karet lis mengendor.

5. Tali pengait helm sudah lepas dengan sendirinya

5 Tanda Helm Kesayanganmu Sudah Harus Digantimotorcyclenews.com

Jika helm sudah berusia tua biasanya besi-besi yang menempel akan mulai berkarat, salah satunya di bagian pengait helm. Besi pengait yang berkarat dapat mengakibatkan tali pengikat helm lepas sendiri. Tak kehabisan ide, jika sudah seperti itu biasanya orang akan mengakalinya dengan mengikat tali secara manual. Waduh!

Nah, jika sudah menemui beberapa tanda di atas segera ganti baru ya, jangan nunggu helmnya rusak atau pecah dulu. Selain itu pastikan helm disimpan dan dirawat dengan baik, karena bisa mempengaruhi lama tidaknya masa pakai helm.

Baca Juga: 5 Helm dengan Desain Super Unik, Polisi pun Bisa Terkecoh

Siwi Tristanti Photo Verified Writer Siwi Tristanti

^^

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya