Comscore Tracker

5 Bagian Motor yang Harus Dicek Sebelum Bepergian Jauh

Supaya selamat sampai tujuan, jangan lupa dicek ya!

Kendaraan bermotor menjadi salah satu alat transportasi yang paling digemari di Indonesia saat ini, hal ini dikarenakan motor dinilai lebih cepat dan praktis selain itu juga tidak diatur oleh siapa pun kita bisa berhenti kapan pun ketika waktu salat atau keadaan darurat lainnya yang mengharuskan untuk berhenti.

Berbeda dengan kendaraan umum yang dinilai lebih lambat karena mencari penumpang, berdesak-desakan dan tentunya tidak bebas. Nah, bagi kamu yang mau bepergian jauh menggunakan motor, penulis menyarankan untuk ngecek 5 bagian ini pada motor kamu. Tujuannya supaya saat diperjalanan, tidak terjadi masalah dan selamat sampai tujuan.

1. Oli

5 Bagian Motor yang Harus Dicek Sebelum Bepergian Jauhpixabay.com/Counselling

Oli itu bisa diumpamakan sebagai sebagai darah bagi manusia. Oli motor harus baru. Ketika oli kamu keringat dan kamu tetap memaksa untuk berjalan maka yang akan terjadi adalah mesin motor kamu akan terkunci, motor macet total dan harus turun mesin.

Jika ini terjadi maka akibatnya adalah motor kamu harus bongkar mesin dan menghabiskan banyak waktu dan butuh biaya tidak sedikit tergantung merek motor kamu.

2. Busi

5 Bagian Motor yang Harus Dicek Sebelum Bepergian Jauhpixabay.com/emkanicepic

Sebelum kamu berkendara lebih baik cek dulu businya. Busi yang kotor, basah dan berwarna hitam menandakan harus diganti. Jika tak dicek keadaan businya, motor akan macet total dan tidak bisa hidup.

3. Karburator atau injeksi

5 Bagian Motor yang Harus Dicek Sebelum Bepergian Jauhpixabay.com/rosswlkr

Jangan disepelekan ya, bagian ini sangatlah penting dan vital pada motor. Jika karburator atau injeksi pada motormu kotor, maka akan sering macet-macetan di jalan. Biasanya sih di setiap jarak 100m motor kamu akan mati.

Akan repot banget kan jika masalah ini menimpamu? Oleh sebab itu harus kamu cuci dan bersihkan dulu ya sebelum bepergian jauh.

Baca Juga: 5 Hal yang Jadi Indikator Aki Motor Bermasalah, Cek Ya!

4. Ban

5 Bagian Motor yang Harus Dicek Sebelum Bepergian Jauhpexels.com/Artem Beliaikin

Banyak orang mengalami kecelakaan disebabkan kondisi ban yang sudah tipis dan pecah-pecah. Ban yang sudah tak layak, bakal menyebabkan motor mudah tergelincir. Oleh sebab itu, kamu diharuskan untuk mengecek bagian ban.

Jika sudah tipis sebaliknya langsung diganti, sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi jalan yang akan kamu tempuh ya.

5. Rem

5 Bagian Motor yang Harus Dicek Sebelum Bepergian Jauhpixabay.com/olafpictures

Rem depan dan belakang harus dalam keadaan bagus dan pakem. Banyak terjadi kecelakaan maut disebabkan oleh rem blong, harus di cek dengan benar mulai dari talinya sampai ke kampasnya jika pakai rem cakram. Cek juga olinya jangan sampai kering. Hal ini jangan sampai kamu sepelekan ya.

Untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan sebaiknya 5 bagian motor di atas harus dalam keadaan baik dan layak jalan. Selain itu, jangan lupa untuk berdoa sebelum bepergian ya. Cukup sekian semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Baca Juga: 5 Tips Aman Berkendara Sepeda Motor Ketika Musim Penghujan

Sumahir Hidayanto Photo Verified Writer Sumahir Hidayanto

Saya seorang remaja yang baru lulus SMK, belum bekerja dan masih minta makan orang tua. Tapi aku bangga!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya