Comscore Tracker

5 Bagian Motor yang Harus Rutin Diganti, Fatal Akibatnya Jika Lupa!

Rawatlah motor seperti merawat diri sendiri

Motor merupakan alat transportasi yang paling banyak digunakan oleh kebanyakan masyarakat Indonesia, sangat simpel, cepat dan mampu menerobos kemacetan. Kendaraan ini juga memerlukan perawatan yang rutin dan tepat, salah-salah nanti malah mogok di tengah jalan.

Untuk menghindari kejadian itu kamu harus melakukan perawatan yang tepat, dengan rutin mengganti 5 bagian ini dijamin motor kamu gak bakal rusak dan berumur panjang. Inilah 5 bagian motor yang harus rutin diganti, fatal akibatnya jika lupa!

1. Oli

5 Bagian Motor yang Harus Rutin Diganti, Fatal Akibatnya Jika Lupa!pixabay.com/Counselling

Tidak mau kan tiba-tiba motor macet di tengah jalan? Tidak mau kan motor turun mesin? Tidak mau kan keluar biaya jutaan untuk memperbaikinya? Nah, oleh karena itu rutin mengganti oli sangatlah penting untuk motor.

Cara mudah dan cepat untuk mengecek apakah oli harus diganti adalah dengan membuka tutup oli yang terbuat dari plastik di atas mesin motor, lalu masukan lidi untuk mengetahui apakah sudah habis. Untuk pemilihan oli, bisa kamu sesuaikan dengan merek motor atau yang biasa digunakan saja.

2. Busi

5 Bagian Motor yang Harus Rutin Diganti, Fatal Akibatnya Jika Lupa!pixabay.com/emkanicepic

Kerusakan pada busi bisa ditandai dengan motor yang susah hidup, jika sedang digunakan motor terasa nyendat-nyendat dan sangat tidak nyaman. Bahkan akibat terburuknya adalah motor kamu bisa keluar asap, jadi busi ini harus rutin kamu cek dan diganti supaya mesin motor tetap awet dan berkendara jadi lebih nyaman.

3. Gear motor

5 Bagian Motor yang Harus Rutin Diganti, Fatal Akibatnya Jika Lupa!pixabay.com/Republica

Selain oli dan busi yang harus rutin diganti, gear motor juga harus kamu rutin cek dan siap diganti jika sudah gundul. Gear motor yang sudah gundul bisa membuat rantai motor lepas. Biasanya untuk motor yang sering digunakan, penggantian gear motor dilakukan 2 bulan sekali. Kamu juga bisa cek sendiri. Cepat-cepat diganti jika sudah gundul ya.

Baca Juga: 5 Bagian Motor yang Harus Dicek Sebelum Bepergian Jauh

4. Kampas rem atau oli rem

5 Bagian Motor yang Harus Rutin Diganti, Fatal Akibatnya Jika Lupa!pixabay.com/olafpictures

Kampas atau oli rem sudah seharusnya diperhatikan buat para pengguna motor. Gak mau kan tiba-tiba rem blong? Akibatnya fatal jika kamu malas mengganti kampas rem dan oli rem. Kecelakaan di jalan raya kebanyakan disebabkan karena rem blong, oleh karena itu mengganti kampas rem atau oli rem sangat penting.

5. Air radiator

5 Bagian Motor yang Harus Rutin Diganti, Fatal Akibatnya Jika Lupa!pexels.com/Artem Beliaikin

Untuk beberapa motor matic, air karburator sangatlah penting untuk menjaga umur mesin dan harus rutin diganti. Air radiator berfungsi sebagai pendingin pada mesin motor, jika air radiator sampai kering maka berakibat fatal pada motor.

Mesin motor akan terlampau panas dan bisa mati mendadak, oleh karena itu mengganti air radiator harus dilakukan secara rutin. Cara mengecek apakah sudah kering atau belum ,bisa kamu buka tutup radiator yang terletak disamping tangki bensin.

Kesimpulannya jika kamu lupa mengganti 5 bagian motor di atas maka akan berakibat fatal pada motor, seperti macet-macetan atau bahkan sampai turun mesin. Setelah ini kamu harus rawat motor kamu seperti merawat diri sendiri ya. Sampai jumpa.

Baca Juga: 5 Hal yang Jadi Indikator Aki Motor Bermasalah, Cek Ya!

Sumahir Hidayanto Photo Verified Writer Sumahir Hidayanto

Saya seorang remaja yang baru lulus SMK, belum bekerja dan masih minta makan orang tua. Tapi aku bangga!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya