Comscore Tracker

5 Benda Wajib yang Harus Dibawa Saat Berpergian dengan Motor

Keamanan adalah prioritas utama bagi setiap pengendara

Berpergian menggunakan motor seperti sudah menjadi hal yang lumrah dan biasa dimasyarakat Indonesia, mulai dari berangkat ke kantor sampai mudik ke kampung, motor sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat kita. Demi menjaga keamanan dan keselamatan, saya merekomendasikan untuk selalu dan senantiasa membawa 5 benda berikut.

1. Helm

5 Benda Wajib yang Harus Dibawa Saat Berpergian dengan Motorpexels.com/MIXU

Helm adalah benda pertama yang paling penting dan tidak boleh dilewatkan oleh semua pengendara motor. Selain untuk keamanan, helm juga sudah menjadi peraturan pemerintah. Jadi siapapun yang tidak memakai helm saat berkendara akan ditilang dan harus membayar denda, mulai dari Rp400.000 sampai Rp750.000, lho!

2. SIM

5 Benda Wajib yang Harus Dibawa Saat Berpergian dengan Motorpexels.com/Dom J

SIM (surat izin mengemudi) bukan SIM card ya! Gunanya SIM adalah untuk menunjukkan dan menyakinkan kepada polisi bahwa kita sudah cukup umur dan bisa mengendarai motor. SIM sangat dibutuhkan saat keadaan mendadak seperti saat ada razia kepolisian, sebab kamu tidak akan pernah tau kapan dan dimana polisi akan beroperasi. Akan repot jadinya jika kamu lupa membawa SIM, kamu bisa kena tilang polisi.

Baca Juga: Pengin Beli Motor Matic Budget Rp4 Juta? 5 Motor Ini Pilihannya!

3. STNK

5 Benda Wajib yang Harus Dibawa Saat Berpergian dengan Motorinstagram.com/rumahpitung

STNK (surat tanda nomor kendaraan) kamu wajib membawa kertas satu ini ke manapun kamu berkendara, tidak peduli dekat ataupun jauh. Surat ini menjadi bukti bahwa motor yang kamu bawa memang milik kamu. Akan berakibat fatal jika kamu sampai lupa membawa STNK, yang pastinya akan kena tilang polisi dan harus membayar denda.

4. Jas hujan

5 Benda Wajib yang Harus Dibawa Saat Berpergian dengan Motorinstagram.com/hudha_setiawan

Jas hujan sangat penting bagi pengendara motor, apalagi di musim hujan seperti ini, sepertinya jas hujan tidak boleh sampai ketinggian dalam jok motor. Jas hujan menjadi alat yang ampuh untuk melindungi tubuh ketika hujan supaya baju tidak basah dan terhindar dari sakit.

5. Alat-alat motor

5 Benda Wajib yang Harus Dibawa Saat Berpergian dengan Motorpexels.com/energepic.com

Alat-alat motor juga jangan sampai lupa kamu bawa di dalam jok motor, tidak perlu sampai banyak-banyak, cukup 3 saja yaitu; kunci busi, tang dan kunci Inggris. Kunci busi fungsinya untuk mengecek dan mengganti busi, tang dan kunci Inggris bisa digunakan untuk mengencangkan rantai, rem, ban dan lainnya. Tiga alat-alat motor itu wajib kamu bawa, apalagi jika menempuh jarak yang jauh.

Itulah lima benda yang wajib kamu bawa saat berkendara menggunakan motor. Ingat ya, keselamatan harus menjadi prioritas utama. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi.

Baca Juga: Bikin Motor Matic Tambah Nyaman Buat Touring dengan Modif 5 Part Ini

Sumahir Hidayanto Photo Verified Writer Sumahir Hidayanto

Saya seorang remaja yang baru lulus SMK, belum bekerja dan masih minta makan orang tua. Tapi aku bangga!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya