Comscore Tracker

5 Kelebihan Motor Honda Dibandingkan Produk Kompetitornya di Indonesia

Motor sejuta umat di Indonesia, nih!

Siapa yang tidak tahu Honda? Honda adalah salah satu merek motor paling terkenal di Indonesia. Menurut data yang dirilis Datawrapper, Honda menguasai 77,5 persen total penjualan motor di Indonesia pada tahun 2021, yaitu sebanyak 3,920,788 unit.

Kok bisa selaris itu, ya? Emang apa, sih, kelebihannya? Buat kamu yang penasaran dengan hal tersebut, ternyata motor Honda punya lima kelebihan yang tidak dimiliki para kompetitornya. Penasaran, kan, apa saja? Yuk, kita cek di bawah.

1. Suku cadang yang lebih murah

5 Kelebihan Motor Honda Dibandingkan Produk Kompetitornya di Indonesiailustrasi suku cadang motor Honda (pixabay.com/Checkoff)

Kelebihan pertama yang dimiliki motor Honda adalah memiliki harga suku cadang yang relatif lebih murah dibandingkan para kompetitornya. Salah satu alasan mengapa suku cadang Honda lebih murah adalah karena sebagian besar suku cadang mereka diproduksi di Indonesia.

Selain itu, suku cadang motor Honda juga punya banyak merek tiruan yang dijual lebih murah daripada yang orisinal. Hal ini tentu saja menguatkan opini publik bahwa suku cadang motor Honda itu lebih murah.

2. Desain lebih disukai konsumen

5 Kelebihan Motor Honda Dibandingkan Produk Kompetitornya di Indonesiailustrasi motor Honda (pixabay.com/Cicero7)

Bicara soal desain, setiap orang memang memiliki seleranya masing-masing. Namun, banyaknya unit motor yang terjual juga menjadi indikasi kalau motor Honda itu memiliki desain yang lebih disukai oleh konsumen.

Hal ini disebabkan desain yang bagus adalah salah satu pendorong seseorang membeli motor baru. Tidak dimungkiri bahwa desain juga memengaruhi pasar automotif.

Baca Juga: 3 Motor Honda Ini Mungil Banget!

3. Harga motor selalu lebih murah 

5 Kelebihan Motor Honda Dibandingkan Produk Kompetitornya di Indonesiailustrasi motor Honda (pexels.com/Maarten van den Heuvel)

Kelebihan ketiga yang dimiliki motor Honda adalah memiliki harga unit yang lebih murah daripara kompetitornya. Contohnya saja di kelas 150 cc motor sport fairing berikut:

  • CBR150R Victory Black Red Non ABS: Rp36,7 juta;
  • All New YZF-R15 Connected dijual: Rp38,9 juta.

Bukan hanya motor baru, motor bekas merek Honda pun dijual dengan harga yang lebih murah. Karena hal itulah, masyarakat cenderung menilai bahwa motor Honda selalu lebih murah dibandingkan merek motor lain.

4. Suku cadang mudah ditemukan

5 Kelebihan Motor Honda Dibandingkan Produk Kompetitornya di Indonesiailustrasi suku cadang motor Honda (pixabay.com/Barni1)

Perihal mudah ditemukan, hal ini memang benar adanya karena dealer Honda bisa ditemui di seluruh kota besar di Indonesia. Selain itu, banyaknya masyarakat Indonesia yang menggunakan motor Honda juga membuat permintaan akan suku cadang menjadi sangat masif.

Oleh karena itu, kamu bisa dengan mudah menemui suku cadang motor Honda di toko-toko otomotif terdekat.

5. Motor Honda lebih mudah untuk dimodifikasi

5 Kelebihan Motor Honda Dibandingkan Produk Kompetitornya di Indonesiailustrasi memodifikasi Honda (pexels.com/cottonbro)

Kelebihan motor Honda yang terakhir adalah lebih mudah untuk dimodifikasi. Kemudahan ini didapatkan karena motor Honda memiliki suku cadang yang mudah ditemui.

Selain itu, merek-merek KW juga banyak yang membuat produk variasi yang cocok untuk motor Honda sehingga hal ini memudahkan orang-orang untuk berkreasi lebih jauh dengan motornya.

 

Suksesnya penjualan motor Honda di Indonesia, tidak lepas juga dari cerdasnya strategi marketing yang mereka digunakan. Perlu diingat bahwa setiap merek motor memiliki kelebihannya masing-masing. Sebagai pembeli yang cerdas, kita harus menyesuaikan dengan kebutuhan yang kita butuhkan. Kalau boleh tahu, kamu pakai motor merek apa?

Baca Juga: Agustus, Bulan Merdeka untuk Miliki Sepeda Motor Honda

Sumahir Hidayanto Photo Verified Writer Sumahir Hidayanto

Penulis lepas, lepas, ayo lepaskan unek-unek

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya