Comscore Tracker

Bukan Main, Skuter Listrik Gogoro Punya Fitur Super Canggih

Gogoro sediakan banyak GoStation untuk isi daya

Jakarta, IDN Times - Skuter listrik Gogoro buatan Taiwan telah menyediakan GoStation yang digunakan sebagai stasiun penggantian baterai. Gogoro menyebut pengisian daya baterai untuk motor produksinya, hanya berlangsung satu menit!

Setiap GoStation memiliki lusinan baterai yang dapat diisi ulang setiap saat. Pemilik kendaraan cukup mengendarai skuter ke GoStation, mengeluarkan baterai yang sudah mati dari skuter dan meletakkannya ke tempat penukaran baterai di GoStation.

"GoStation akan menukarkan baterai baru secara otomatis, pemilik tinggal memasukkan baterai baru ke skuter dan kembali melanjutkan perjalanan. Penggantian baterai hanya membutuhkan waktu kurang dari satu menit," tulis Gogoro dalam keterangannya, Sabtu (6/3/2021).

Baca Juga: Deretan Skuter Gambot 250 cc Anti-Mainstream, Cocok Buat Tampil Beda!

1. Gogoro akan mengganti baterai dengan yang baru ketika alami penurunan kapasitas penyimpanan

Bukan Main, Skuter Listrik Gogoro Punya Fitur Super CanggihIlustrasi motor listrik di Taiwan (Dok TETO/Kootz)

Selain itu, Gogoro juga menyediakan jumlah GoStation di seluruh Taiwan dengan jumlah yang banyak. Sehingga, pengguna tidak perlu khawatir jika daya listrik skuter tidak bisa mencapai stasiun pengisian.

Tak hanya itu, Gogori juga telah menggunakan metode penggantian, artinya semua baterai pemilik skuter bisa dipakai secara bersama-sama. Setelah pemakaian baterai mengalami penurunan kapasitas penyimpanan, Gogoro akan mendaur ulang baterai lama dan menggantinya dengan yang baru. Pemilik skuter listrik juga tidak dipungut biaya.

Karena daya baterai Gogoro diisi di GoStation, maka pemilik skuter tidak perlu lagi membayar biaya listrik lantaran mengisi daya di rumah atau stasiun khusus. Artinya, dalam jangka panjang bisa menghemat banyak biaya listrik.

2. Skuter Gogoro menyediakan tempat isi daya handphone

Bukan Main, Skuter Listrik Gogoro Punya Fitur Super CanggihIlustrasi motor listrik di Taiwan (Dok TETO/Kootz)

Selain memberikan kenyamanan pengguna dalam penggantian baterai, Gogoro juga mengklaim skuternya itu memiliki banyak fitur cerdas. Di antaranya, tersedia tempat colokan USB di pegangan atau bagian depan kemudi, sehingga pengendara dapat mengisi ulang baterai ponselnya setiap saat.

Lalu, banyak juga fungsi skuter yang dapat disesuaikan melalui aplikasi eksklusif ponsel. Misalnya, data cuaca lokal dalam ponsel menunjukkan hujan, maka skuter otomatis akan dialihkan ke "Mode Cerdas Hujan" atau smart mode melalui aplikasi, membuat daya mesin skuter menjadi lebih ringan, agar tidak melaju terlalu kencang dan tergelincir.

Kemudian, pengguna juga bisa memasang aplikasi eksklusif di ponsel dan menyalakan bluetooth. Selama pemilik kendaraan membawa ponsel saat mengendarai skuter, maka cukup menekan tombol start saja. Tadaaaa! Skuter sudah bisa dinyalakan dan tak perlu mengeluarkan kartu kunci.

3. Skuter Gogoro dirancang aman dari pencuri

Bukan Main, Skuter Listrik Gogoro Punya Fitur Super CanggihIlustrasi harga listrik (IDN Times/Arief Rahmat)

Saat ditinggal, skuter juga akan secara otomatis terkunci. Aplikasi eksklusif skuter ini juga miliki fungsi navigasi ke GoStation terdekat, penyesuaian jenis cahaya lampu, dan efek suara. Kondisi skuter juga bisa dideteksi dan membantu mengatur jadwal servis kendaraan.

Ketika dicuri, maka GoStation secara otomatis menolak untuk mengganti baterai skuter yang dicuri. Kamera yang terpasang di GoStation akan memotret pencuri tersebut. Skuter ini juga dirancang tidak bisa menggunakan baterai dari skuter Gogoro lain. Sehingga, skuter hasil curian tidak dapat memperoleh baterai yang baru setelah daya listrik habis digunakan. Melalui sistem ini, tingkat pencurian skuter Gogoro hampir menjadi nol.

Baca Juga: 3 Skuter Retro Pilihan Buat Biker Wanita, Harganya di Bawah Rp20 Juta 

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya